Tim PKM K UGM Kembangkan Permainan Augmented Reality “Dakdokkonkan” untuk Tingkatkan Literasi Anak Usia Dini

Kemampuan literasi pada anak usia dini memegang peran kunci dalam perkembangan akademik mereka di masa depan. Data dari Rapor Pendidikan Indonesia (2023) menunjukkan bahwa 39% siswa sekolah dasar masih berada di bawah standar literasi yang diharapkan. Menyadari pentingnya peningkatan literasi, tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berinovasi melalui permainan edukatif Dakdokkonkan.

Najla Ega Amalia, Ketua Tim PKM, menjelaskan, “Kondisi literasi yang masih perlu ditingkatkan ini mendorong kami untuk menciptakan Dakdokkonkan, sebuah permainan edukatif yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga berperan dalam peningkatan literasi dan fokus anak usia dini”.

Tim ini dibimbingan oleh Dina Natasari, S.E., M.Si, Ak., yang diketuai Najla Ega Amalia (Psikologi, 2021), dan anggota Karita Dwi Oktavia (Sekolah Vokasi/DEB, 2022), Aditya Ramadhan (Teknologi Informasi, 2020), dan Anindya Verawati (Psikologi, 2022).

Dakdokkonkan dikembangkan sebagai adaptasi modern dari dakon tradisional yang dilengkapi dengan fitur Augmented Reality (AR) untuk pengalaman belajar yang interaktif dan efektif bagi anak usia dini.

Fitur AR memungkinkan interaksi melalui pertanyaan yang muncul ketika pemain meletakkan biji terakhir di lubang yang ditandai. Tidak hanya itu, penilaian otomatis akan muncul ketika pemain menjawab dengan benar.

Permainan ini memadukan cerita fabel dengan tiga latar belakang berbeda, yang mengisahkan petualangan dua tokoh utama dalam menyelesaikan misi. Setiap cerita mengandung nilai moral dan melatih kemampuan penyelesaian masalah anak melalui pertanyaan yang disampaikan di setiap tantangan.

Dalam satu paket permainan Dakdokkonkan, tersedia papan dakon beserta bijinya, buku cerita, panduan bermain, dan stiker karakter fabel yang bisa ditempel di papan dakon sesuai kreativitas masing-masing anak. Selain melatih kreativitas, stiker ini juga berfungsi sebagai media hiburan.

Tim Dakdokkonkan saat ini tengah menjajaki kerja sama dengan komunitas permainan anak-anak dan instansi pendidikan guna memperluas dampak edukasi dan meningkatkan semangat literasi. Permainan ini telah tersedia di marketplace Tokopedia, serta dapat diikuti di berbagai media sosial Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook dengan username @pkmkugm_dakonedukasi.

Penulis: Tim PKM-K “Dakdokkonkan” Dakon Edukasi

Editor: Erna Tri Nofiyana