Badan Kegiatan Mahasiswa

Lembaga Mahasiswa Psikologi UGM pertama kali dijalankan dan didirikan kembali pada tahun 2004 dan hingga kini berupaya untuk menjadi lembaga yang dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa maupun masyarakat, serta menjadi jembatan antara mahasiswa dengan fakultas dan universitas. LM Psikologi UGM memiliki empat fungsi, yaitu Fungsi Advokasi, Jaringan, Sosial Masyarakat, dan Kaderisasi dengan visi yaitu terbentuknya mahasiswa Fakultas Psikologi UGM sebagai pelopor kesehatan mental yang terintegrasi di kampus. Di samping itu, misi dari LM antara lain, optimalisasi fungsi biro dan departemen di dalam LM Psikologi UGM, memaksimalkan berbagai wadah untuk menunjang kesehatan mental mahasiswa Psikologi, mempersiapkan mahasiswa Psikologi untuk menjadi agen-agen kesehatan di kampus serta berkolaborasi dengan stakeholder terkait, dan ikut berperan aktif mengawal isu-isu strategis yang ada di lingkungan kampus maupun di luar. 

Ketua LM membawahi empat bidang yang membawahi biro dan departemen dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Bidang Pengetahuan dan Aksi Pergerakan yang terdiri dari Departemen Riset dan Keilmuan, Departemen Advokasi, dan Departemen Kajian Strategis. Bidang Minat dan Potensi Mahasiswa yang terdiri dari Departemen Minat dan Bakat serta Departemen Kewirausahaan. Bidang Pengembangan Internal dan Keorganisasian yang terdiri dari Biro Pengembangan SDM dan Organisasi (PSDMO) serta Biro Administrasi. Bidang Sosial dan Kemasyarakatan yang terdiri dari Departemen Hubungan Masyarakat, Departemen Media dan Informasi, serta Departemen Pengabdian Masyarakat.

LM Psikologi juga memiliki projek yang disebut Big 4 merupakan himpunan project  bidang yang ada di bawah naungan masing-masing bidang, yaitu Bidang Pengembangan Internal dan Keorganisasian (Abyakta Karya), Bidang Sosial dan Kemasyarakatan (Dopamination), Bidang pengetahuan dan Aksi Pergerakan (Kreasi Asa Aguna), dan Bidang Minat dan Potensi Mahasiswa (Psychoria). Selain itu, setiap biro dan departemen di LM Psikologi UGM juga memiliki program kerja masing-masing sesuai dengan tujuan dan fungsinya. 

BPPM Psikomedia merupakan badan penerbitan dan pers mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada yang telah aktif berkegiatan sejak tahun 1987 hingga saat ini. BPPM Psikomedia bergerak atas visi membumikan psikologi secara realistis, komunikatif, dan aplikatif; serta untuk mempertahankan idealisme pers mahasiswa.

Sebagai Badan Komunitas Mahasiswa, kepengurusan inti BPPM Psikomedia terdiri dari pemimpin umum, wakil pemimpin umum, sekretaris umum, dan bendahara umum, yang membawahi enam divisi, yaitu; Divisi Redaksi, Divisi Penelitian, Divisi Hubungan dan Jaringan, Divisi Perusahaan, Divisi PSDM, serta Divisi Desain dan Produksi.

Beberapa produk BPPM Psikomedia yang dapat ditemui dan diakses ialah; Buletin Siklus, Majalah, Diskusi Publik, Webinar dan Lomba Sikolastik, Upgrading, serta Workshop Jurnalistik.

Keluarga Rapat Sebuah Teater (KRST) berdiri pada tanggal 27 Oktober 1994 sebagai satu-satunya BKM di Fakultas Psikologi yang bergerak di bidang kesenian dan teater. KRST memiliki 3 trah kesenian utama, yaitu Trah Keaktoran, Trah Musik, dan Trah Tari.

Visi dan misi KRST adalah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menemukan dan mengembangkan bakatnya dalam kesenian, serta menjadi tempat untuk mengapresiasi seni bersama-sama sebagai satu keluarga yang erat.

Bagan kepengurusan KRST berbentuk lingkaran dimana setiap divisi saling membantu dan melengkapi program-program kerja yang dilaksanakan oleh KRST. Anggota KRST mendapatkan posisi di tengah lingkaran karena pengurus KRST wajib merupakan anggota KRST serta pengurus KRST bertanggung jawab terhadap anggota KRST.

KRST diketuai oleh Kepala Keluarga KRST yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan kegiatan KRST sebagai BKM dan bertanggung jawab kepada anggota KRST. Bertugas untuk memimpin, mengayomi, dan membimbing pengurus KRST dan anggota KRST.

Kepala Keluarga KRST dibantu oleh Bendahara dan Sekretaris KRST mengenai keuangan dan laporan keuangan BKM, surat-menyurat, dokumen BKM, dan kelengkapan proposal dan LPJ program kerja.

KRST memiliki dua bidang utama yang diadopsi dari divisi pementasan, yaitu bidang Artistik dan bidang Produksi dengan ketua setiap bidang adalah Manajer Artistik dan Manajer Produksi. Seperti pada panggung pementasan, bidang Artistik bertanggung jawab mengenai semua hal yang berada di atas panggung seperti talent dan proses kreasi artistik, sedangkan bidang Produksi bertanggung jawab mengenai seluruh hal di balik panggung seperti proses administrasi pementasan dan alat-alat penunjang pementasan.

Dalam bidang Artistik, terdapat Koordinator Trah yang terdiri dari ketiga trah utama KRST (Keaktoran, Tari, Musik) yang mengatur mengenai kurikulum Latihan Rutin KRST untuk menemukan minat, bakat dan membantu anggota KRST untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam trah-trah yang diminati. Manajer Artistik bertanggung jawab dalam pelaksanaan hal-hal keartistikan KRST, seperti menjadi penghubung antara KRST dan tawaran pekerjaan dari pihak luar, serta membantu dan mengawasi Koordinator Trah dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum.

Dalam bidang Produksi, selain Manajer Produksi, terdapat beberapa divisi yang dibawahi yaitu humas, sarana prasarana, dan media. Manajer Produksi bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program kerja seperti mengawasi pimpinan produksi program kerja dan mengawasi proses persiapan program kerja. Humas bertanggung jawab terhadap seluruh akun media sosial KRST bersama dengan Media yang membuat konten-konten di akun media sosial KRST. Sarana prasarana bertugas untuk membuat laporan inventaris barang, alat, dan properti KRST, dan bertanggung jawab dalam hal pinjam-meminjam barang-barang KRST.

Pecinta Alam Psikologi (Palapsi) merupakan organisasi kepecintaalaman mahasiswa yang berbasis pada ilmu kepecintaalaman dan ilmu psikologi. Sebagai sebuah organisasi pecinta alam yang berdiri di masa-masa awal tumbuhnya organisasi serupa di sekitar tahun 70an. Palapsi resmi berdiri pada 28 Juni 1975 di Bukit Turgo (kaki Gunung Merapi). Pada masa-masa awal, Palapsi banyak melakukan kegiatan Olahraga Arus Deras yang mana dari sinilah awal tonggak keseriusan Palapsi menjadi organisasi pecinta alam. Kemudian, lahirlah Ekspedisi Palapsi ke Gunung Rinjani Lombok dan Gunung Agung Bali. Kemudian disusul ekspedisi selanjutnya yang membawa Palapsi ke titik tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Cartenz Pyramid.

Palapsi sangat terbuka bagi siapapun tidak hanya mahasiswa Psikologi UGM. Keanggotaan Palapsi biasanya disebut dengan Palapsier. Palapsi tersusun atas beberapa Manajerial yaitu Ketua, Sekretaris, Bendahara, Manajerial HRD, Manajerial Aset, Manajerial Penunjang, dan Manajerial Operasional. Masing-masing manajerial memiliki divisi-divisi di dalamnya. Saat ini, Palapsi memiliki lima (5) divisi operasional yaitu Air, Gua, Gunung, PPM (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dan Tebing.

Divisi Gua
Divisi Air
Divisi Gunung
Divisi Tebing
Divisi PPM

Adapun beberapa ekspedisi yang telah dilakukan oleh Palapsi dari divisi air yaitu International Expedition Thailand 2008 (Pengarungan Sungai Phai dan Sungai Mae Taeng) danInternational Expedition New Zealand 2015(Pengarungan Sungai Tongariro, Sungai Wairoa, Sungai Kaituna, dan Sungai Motu). Ekspedisi dari divisi gua yaitu International Expedition Serawak 2001(Penelusuran 12 gua di Gunung Buda). Ekspedisi dari divisi gunung yaitu Ekspedisi Irian Jaya 1984 - 1985 (pendakian sisi timur puncak Cartenz Pyramid). Kegiatan dari divisi tebing yaitu pembukaan 6 jalur panjat tebing pada 2006 di Samigaluh, Kulon Progo. Kemudia untuk kegiatan PPM yaitu penelitian dan pengabdian di Desa Balai Gadang Sumatera Barat dan penelitian dan pengabdian di Karangasem Bali.

Palapsi sebagai pecinta alam tidak hanya mencintai lingkungan alam sekitar namun juga mencintai dan memperhatikan alam psikologi sebagai dasar ilmu yang dipelajari. Palapsi selalu berproses dari waktu ke waktu untuk mewujudkan visi yaitu menjadi organisasi mahasiswa Pecinta Alam yang berprestasi, berkualitas, dan bermanfaat. Perjuangan terus dilakukan dan dinamika belajar dengan penuh semangat NEVER GIVE UP!

https://www.instagram.com/palapsiugm/

https://twitter.com/palapsiugm

https://id.linkedin.com/company/palapsiugm

https://pecintaalampsikologiugm.wordpress.com/

Repsigama atau Relawan Psikologi Gadjah Mada merupakan organisasi relawan mahasiswa berbasis psikologi pertama di Indonesia. Terbentuk secara tidak resmi pada tahun 2010 sebagai Tim Posko Psikososial dalam rangka respon terhadap Erupsi Gunung Merapi, Repsigama kemudian resmi menjadi BKM di Fakultas Psikologi UGM pada tanggal 3 Februari 2011.

Repsigama memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan resiliensi baik itu sebelum, selama, maupun sesudah terjadinya krisis atau bencana dengan memfasilitasi kebutuhan psikologis maupun logistik penyintas. Saat ini, Repsigama beranggotakan mahasiswa program sarjana Fakultas Psikologi UGM yang terbagi dalam 8 divisi kerja yaitu Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM), Tanggap Siaga Bencana (TAGANA), Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Medis, Finance, HRD, Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), dan Logistik, serta pengurus harian yang terdiri dari Komandan, Wakil Komandan, Sekretaris dan Bendahara. 

Adapun penerjunan yang telah dilakukan oleh Repsigama ke daerah-daerah pasca bencana seperti Gempa dan Tsunami Palu-Donggala 2018, Gempa Lombok 2018, Tsunami Selat Sunda Lampung 2019, Laka-Sungai Turi 2020, Tsunami dan Banjir Bandang NTT 2021, dan Erupsi Gunung Semeru Lumajang 2021. Selain berfokus pada bidang kerelawanan, Repsigama juga berkecimpung pada kegiatan pengabdian masyarakat lainnya seperti edukasi mengenai mitigasi bencana dan psikoedukasi melalui konten-konten harian yang diunggah di Instagram maupun Website resmi Repsigama. Repsigama juga kerap melaksanakan kegiatan maupun seminar untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan mental dan kelestarian lingkungan yang ditujukan untuk masyarakat luas. 

Pada Februari 2022 Repsigama telah meluncurkan aplikasi kerelawanan dan pengabdian masyarakat yang diberi nama “Relasi by Repsigama” dan telah tersedia di playstore. Harapannya aplikasi “Relasi by Repsigama” ini dapat menjadi wadah yang memudahkan relawan untuk  mendapatkan informasi terkait dengan donor darah, donasi, informasi kerelawanan, dan psikoedukasi lainnya. 

Repsigama memegang prinsip untuk memberikan bantuan dengan kesiapan, daya tanggap, dan kewaspadaan. Sebagaimana yang tersirat dalam motto kami, 

Prepare to Care!

Keluarga Muslim Psikologi (KMP) merupakan lembaga dakwah islam yang ada di Fakultas Psikologi sebagai hasil dari pemikiran dosen dan mahasiswa untuk membentuk insan yang berkompetensi keislaman. Dalam perjalanan organisasinya, KMP membawahi dua badan semi otonom yaitu Islamic Psychology Learning Forum (IPLF) yang berfokus pada studi psikologi Islam dan Natural and Creative School (NUANSA) berfokus pada pendidikan dan perkembangan anak berbasis Islam.

KMP memiliki beberapa fungsi yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan ideal dakwah kampus yaitu kaderisasi, syiar-pengkajian, jaringan, dan pengabdian. Fungsi-fungsi tersebut direalisasikan melalui departemen-departemen yang ada di KMP yaitu Syiar, Badan Khusus Kaderisasi, Relasi dan Kewirausahaan, dan Media Informasi.

Beberapa program kerja KMP di antaranya adalah Persembahan Semarak Ramadan Psikologi (Persepsi), Psikologi Idul Adha (Psidul), NUANSA In Charity (Nincha), dan Liburan Bocah Muslim (ELBOM) yang disesuaikan menjadi acara Islamic Kids Summer Camp (IKSC) karena adanya pandemi COVID-19.

Kajian-kajian Islam maupun psikologi Islam juga banyak dilakukan, seperti Islamic Psychology Convention, Muslimah Beauty, dan Seminar Dagang Islam. Pada masa pandemi, KMP aktif menyajikan konten dakwah di media sosial, mengadakan pelatihan dan webinar yang terbuka untuk umum, serta menyalurkan donasi ke panti asuhan.

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Psikologi merupakan Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM) kerohanian di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Sebagai sebuah keluarga, KMK Psikologi menjadi wadah bagi mahasiswa Katolik untuk dapat mengembangkan diri, bertumbuh dalam iman, dan berbuat baik bagi sesama dengan nyaman dan terbuka.

Struktur kepengurusan KMK Psikologi terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, divisi internal, divisi kerohanian, divisi humas, divisi kreatif, dan divisi desain.

Melalui divisi-divisi yang ada, KMK Psikologi mengadakan kegiatan-kegiatan menarik yang antara lain adalah Jumatan KMK, Upgrading, Weekend KMK, Mortal Angel, dan The Kindness Project.

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Psikologi merupakan BKM kerohanian dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada yang telah berdiri sejak 9 September 1990. Sebagai Badan Komunitas Mahasiswa, kepengurusan inti PMK Psikologi UGM terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara yang membawahi tiga divisi, yaitu; Happy Big Family (sebagai divisi ibadah), Fun Brother and Sisterhood (sebagai divisi pemerhati), dan Cheerful Waterflow (sebagai divisi kreatif).

PMK Psikologi UGM hadir sebagai wadah bagi mahasiswa Kristen di Fakultas Psikologi UGM untuk meningkatkan keimanan, sarana penyaluran aspirasi anggota PMK dalam melaksanakan misi pelayanan, melatih kompetensi ilmu psikologi anggota PMK, serta menjalin komunikasi antar anggota PMK, dan alumninya. Sebagai upaya pemenuhan tujuan tersebut, PMK Psikologi UGM menghadirkan berbagai program dan kegiatan seperti; (1) Persekutuan Umum (PU), Persekutuan Doa (PD), Fellowship, Kebaktian Padang, Doa Pagi, Persekutuan Awal Tahun Ajaran (PATA), dan Penyambutan Mahasiswa Baru PMK Psikologi; (2) Perayaan Hari Besar Umat Kristiani; serta (3) Kegiatan Pelayanan berupa Pelatihan Fasilitator, Perayaan Wisuda PMK, Perayaan Ulang Tahun Anggota PMK, dan Happy Man.

error: Content is protected !!