•  Tentang UGM
  •  Perpustakaan
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • TENTANG KAMI
    • Selayang Pandang
    • Sejarah
    • Manajemen
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
    • Jaminan Mutu
  • PENDIDIKAN
    • Sarjana Psikologi
    • International Undergraduate Program
    • Program Pendidikan Profesi Psikologi
    • Magister Psikologi
    • Doktor Ilmu Psikologi
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
    • Roadmap Penelitian dan PkM
    • Penelitian
    • Publikasi
    • Pengabdian
    • Kerja Sama
  • MAHASISWA
    • Tata Perilaku Mahasiswa
    • Lowongan Magang PKS
    • Beasiswa
    • Badan Kegiatan Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
  • FASILITAS
    • Laboratorium
    • Kelompok Riset
    • Dukungan Non-akademik
  • Beranda
  • Rilis
  • Peneliti Fakultas Psikologi UGM Kembangkan Skala Dukungan Orang Tua untuk Pembentukan Identitas Remaja

Peneliti Fakultas Psikologi UGM Kembangkan Skala Dukungan Orang Tua untuk Pembentukan Identitas Remaja

  • Rilis
  • 28 Juli 2025, 15.53
  • Oleh: Humas
  • 0

Yogyakarta, 28 Juli 2025, Tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada, yang terdiri dari Darmawan Muttaqin, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog danSutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Ph.D., Psikolog telah menerbitkan artikel ilmiah berjudul “Development and validation of the parental support scale for adolescent personal identity formation (PSS-APIF): A mixed methods approach” di jurnal Applied Developmental Science pada 21 Jui 2025. Jurnal Applied Developmental Science merupakan jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus, Q1, dan memiliki Impact Factor 1,5 (tahun 2024).

Peran orang tua dalam mendukung pembentukan identitas personal remaja terbukti sangat krusial. Namun, bentuk dukungan seperti apa yang paling efektif selama ini belum terpetakan secara jelas. Menjawab kebutuhan tersebut, sebuah penelitian terbaru berhasil mengembangkan dan memvalidasi Parental Support Scale for Adolescent Personal Identity Formation (PSS-APIF), instrumen khusus untuk mengukur dukungan orang tua pada remaja selama proses pembentukan identitas personalnya.

Penelitian ini dilakukan dengan desain mixed-methods exploratory sequential yang melibatkan 493 orang tua dari Indonesia dengan anak berusia 10–18 tahun. Pada tahap pertama, peneliti mengumpulkan data melalui pertanyaan terbuka kepada 169 orang tua. Hasil analisis tematik menemukan lima bentuk dukungan utama yaitu: informational, exchanging thoughts, sharing alternative perspectives, mentoring, dan self-development. Selanjutnya, pada tahap kedua dengan 324 orang tua, skala yang dikembangkan diuji struktur faktor, konsistensi internal, dan measurement invariance, dan hasilnya menunjukkan properti psikometri yang memuaskan. Temuan ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengukur bentuk-bentuk dukungan orang tua, tetapi juga membantu orang tua memahami cara mendukung pembentukan identitas remaja secara lebih efektif.

 

Abstract. Parental support plays a critical role in adolescent personal identity development. However, the specific forms of support that are most beneficial to this process remain unclear. The purpose of this study was to identify and validate a scale to measure parental support for adolescent personal identity formation. This study used a mixed-methods exploratory sequential design involving parents with children aged 10–18 years in Indonesia. The first phase of the study included a sample of 169 parents, while the second phase included a sample of 324 parents. In the first stage, data were collected using open-ended questions and thematic analysis found five forms of parental support for adolescent personal identity formation: informational, exchanging thoughts, sharing alternative perspectives, mentoring, and self-development. In the second stage, the developed scale was evaluated for its internal structure, which found that it has satisfactory factor structure, internal consistency, and measurement invariance. The findings of this study indicate that the developed scale can be used to measure multidimensional and specific forms of parental support for adolescent personal identity formation.

Keywords: Personal identity, identity development, Indonesia, mixed-method

 

Artikel ini tersedia secara daring melalui tautan: https://doi.org/10.1080/10888691.2025.2533795

Dan berdasarkan kata kuncinya, artikel ini adalah luaran penelitian yang fokus pada SDG: 3, 4 & 5.

Selamat kepada Bu Tina Afiatian, Bu Ampuni, dan penulis lainnya.

 

Penulis : Fauzi

Editor   : Zufar

Tags: fakultas psikologi ugm SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDGs

Berita Terkini

  • Peneliti Fakultas Psikologi UGM Kembangkan Skala Dukungan Orang Tua untuk Pembentukan Identitas RemajaJuli 28, 2025
  • CEP Fakultas Psikologi UGM Gelar Webinar Perdana: Soroti Kepemimpinan Lintas Budaya dan Masa Depan Dunia KerjaJuli 25, 2025
  • Psikologi UGM Gelar Pembekalan Wisuda untuk Persiapkan Calon Lulusan PascasarjanaJuli 22, 2025
  • Workshop Parenting bersama Lembaga Advokasi Keluarga Indonesia: Penguatan Keluarga melalui Edukasi ParentingJuli 22, 2025
  • OPSI: Obrolan Psikologi Episode 8 – Kekerasan Berbasis Gender Online: Menjaga Bersama, Peduli BersamaJuli 18, 2025
Universitas Gadjah Mada

Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jalan Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
fpsi[at]ugm.ac.id
+62 (274) 550435 (hunting)
+62 (274) 550435 ext 158
psikologiugm
psikologiugm
psikologi_ugm
Kanal Psikologi UGM

TENTANG KAMI

  • Selayang Pandang
  • Sejarah
  • Manajemen
  • Tenaga Pendidik
  • Tenaga Kependidikan

INFORMASI PUBLIK

  • Daftar Informasi Publik
  • Permohonan Informasi Publik
  • Daftar Informasi Tersedia Secara Berkala
  • Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat

FASILITAS

  • Fasilitas Pendidikan
  • Laboratorium
  • Kelompok Riset
  • Publikasi & Jurnal
  • Dukungan Non-akademik

MAHASISWA

  • Tata Perilaku Mahasiswa
  • Mitra Magang MBKM
  • Beasiswa
  • Badan Kegiatan Mahasiswa

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY