Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Ph.D., Psikolog

Minat Penelitian

Perkembangan sepanjang rentang hidup, relasi sosial, psikologi moral, academic dishonesty, moral integrity, moral disengagement, moral foundations.

Biografi Singkat

Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Psikolog adalah seorang akademisi dan psikolog yang saat ini berkarya di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Perjalanan akademis Ampuni dimulai dengan meraih gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dari UGM dengan skripsi berjudul “Pengaruh Ilustrasi Gambar Terhadap Pemahaman Prosa Berbahasa Inggris”. Ia kemudian melanjutkan pendidikan profesi psikolog di institusi yang sama, menyelesaikan tesisnya yang berjudul “Hubungan Antara Ekspresi Afek Ibu dengan Kompetensi Sosial Anak”. Ampuni melanjutkan studinya dengan meraih gelar Master of Science (M.Si) dalam bidang Psikologi dari UGM. Kemudian, ia memperluas wawasan internasionalnya dengan menempuh Master of Psychology dalam bidang Counseling Psychology di Swinburne University of Technology, Australia. Puncak pendidikannya tercapai dengan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Psikologi dari La Trobe University, Australia.

Bidang keahlian utama Sutarimah Ampuni adalah Psikologi dan Ilmu Kognitif, dengan fokus khusus pada Psikologi Perkembangan dan Penuaan. Minat penelitiannya berpusat pada perkembangan remaja, menunjukkan dedikasinya dalam memahami dan berkontribusi pada tahap perkembangan yang kritis ini. Sepanjang karirnya, Ampuni terus mengembangkan kompetensinya melalui berbagai pelatihan dan webinar. Ia telah berpartisipasi dalam webinar tentang membangun kebiasaan baik menulis buku dan penyegaran statistik dan analisis data, menunjukkan komitmennya untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan akademiknya.

Sebagai dosen di Fakultas Psikologi UGM dan kepala unit Center for Life-Span Development (CLSD) Psikologi UGM, Sutarimah Ampuni berkontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, baik melalui pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Keahliannya dalam psikologi perkembangan, terutama pada remaja, memberikan perspektif berharga dalam memahami dan menangani isu-isu terkait perkembangan manusia di Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan internasional dan pengalaman yang luas, Ampuni membawa wawasan global ke dalam konteks lokal, memperkaya pemahaman dan praktik psikologi perkembangan di tanah air.

Jurnal
Maharani, M., & Ampuni, S. (2020). Perilaku anti sosial remaja laki-laki ditinjau dari identitas moral dan moral disengagementIndigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 54-66. https://23917/indigenous.v5i1.8706

Ampuni, S., Kautsari, N., Maharani, M., Kuswardani, S., & Buwono, S. B. S. (2020). Academic dishonesty in Indonesian college students: An investigation from a moral psychology perspective. Journal of Academic Ethics, 18(4), 395-417

Irene, G., & Ampuni, S. (2020). Do intergroup threats provoke intergroup anxiety? An experimental study on Chinese ethnic group in Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial 18(3), 247-260. https://doi.org/10.7454/jps.2020.24

Fauziyyah, A. & Ampuni, S. (2018). Depression tendencies, social skills, and loneliness among college students in Yogyakarta. Jurnal Psikologi45(2), 98-103. https://doi.org/22146/jpsi.36324

Kashima, E. S., Greiner, T., Sadewo, G., Ampuni, S., Helou, L., Nguyen, V. A., Lam, B. C. P., & Kaspar, K. (2017). Open-and closed-mindedness in cross-cultural adaptation: The roles of mindfulness and need for cognitive closure. International Journal of Intercultural Relations, 59, 31-42. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2017.05.001

Bab Buku

Afiatin, T.,  Ampuni, S., Intani, Z. F. (2024). Validitas Isi Modul “Cerdas Menggunakan Gadget untuk Anak”.