Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

Minat Penelitian

Penuaan dan kesejahteraan, Hubungan antar generasi, Perilaku berisiko remaja

Biografi Singkat

Dr. Arum Febriani, M.A. adalah seorang akademisi yang berkarya di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Dengan latar belakang pendidikan yang mencakup gelar Magister (M.A.) dan Doktor (Ph.D.), Dr. Arum memiliki keahlian dalam bidang Psikologi dan Ilmu Kognitif, dengan fokus utama pada Psikologi Pendidikan serta Psikologi Perkembangan dan Penuaan. Minat penelitian utamanya adalah perkembangan remaja, menunjukkan dedikasinya dalam memahami dan mendukung fase kritis pertumbuhan manusia ini. Sebagai akademisi yang berkomitmen pada pengembangan profesional berkelanjutan, Dr. Arum telah berpartisipasi dalam berbagai pelatihan dan webinar. Ini termasuk Diklat Prajabatan, Pelatihan Pengelolaan Riset, dan Sekolah Program Studi Program Pascasarjana yang fokus pada kepemimpinan keilmuan dan kontribusi terhadap Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Beliau juga mengikuti webinar tentang membangun kebiasaan baik menulis buku serta penyegaran statistik dan analisis data menggunakan JAMOVI, menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan keterampilan penelitian dan penulisan. Dengan kombinasi keahlian dalam psikologi pendidikan dan perkembangan, serta dedikasi untuk pengembangan profesional, Dr. Arum Febriani memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, terutama dalam konteks pendidikan dan perkembangan remaja. Perannya di UGM memungkinkannya untuk mempengaruhi generasi baru psikolog dan peneliti, sambil terus berkontribusi pada pemahaman kita tentang perkembangan manusia.

Penelitian ongoing
  • Makna Menjadi Lansia dan Relevansinya untuk PerawatanUsia Lanjut
Supervisi Tugas Akhir
Nama MahasiswaJudul Penelitian
Endah Puspita SariModel Kepuasan Perkawinan pada Generasi Y
Erin Ratna KustantiDinamika Psikologis Keberfungsian Keluarga pada Remaja Pelaku Perundungan
Arumi Savitri FatimaningrumModel Absorpsi Kognitif pada Penggunaan Smartphone Ibu dengan Anak Berusia 3-6 Tahun
Rr. Diyah Woro Dwi LestariKepatuhan Terapi Kelasi Besi pada Penyandang Talasemia Tergantung Transfusi
NurdiyantoDinamika dan Konsep Perawatan Keluarga untuk Usia Lanjut

Jurnal

Maimunah, S., Afiatin, T., & Febriani, A. (2023). Sexual communication between parents-adolescents during covid-19 pandemic in Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan11(1 SE-Articles), 7–12. https://doi.org/10.22219/jipt.v11i1.18488

Kusumaningsih, A., & Febriani, A. (2022). The Role of Social Skills on Bullying Behavior Tendency with Friendship Quality as Mediator. Jurnal Psikologi49(2), 163. https://doi.org/10.22146/jpsi.69779

Putro, T. A. D., Subandi, Febriani, A., Hazrati, Z. F., Halim, A., Viranda, C., & Islah, F. M. (2022). Psychological Experiences in Facing the Early Situation of the Covid-19 Pandemic in Adolescents, Adults, and the Elderly. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi7(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/psi.v7i1.1922

Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002

Febriani, A., & Sanitioso, R. B. (2021). Stereotype Threat, Intergenerational Contact, and Performance among the Elderly across Cultures: A Comparative Study of France and Indonesia. Cross-Cultural Research55(2–3), 127–147. https://doi.org/10.1177/1069397121997074

Putri, E. K., & Febriani, A. (2021). Academic Self-Efficacy as the Mediator of Adolescent-Parent Secure Attachment Effect towards the Academic Stress of Senior High School Students. Jurnal Psikologi48(2), 173. https://doi.org/10.22146/jpsi.52491

Budiarto, Y., Adiyanti, M. G., Febriani, A., & Hastuti, R. (2020). Why Know and Have Shame are Important? The Indonesian Adolescents’ Experience. Open Journal for Psychological Research4(1), 17–30. https://doi.org/10.32591/coas.ojpr.0401.02017b

Hayati, F., & Febriani, A. (2019). Menjawab Tantangan Pengasuhan Ibu Bekerja: Validasi Modul “Smart Parenting” untuk Meningkatkan Parental Self-Efficacy. In Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) (Vol. 5, Issue 1, pp. 1–14).

Febriani, A. (2018). Klithih: Faktor Risiko dan Developmental Pathway Pelakunya. HUMANITAS15(2), 145. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i2.10536

Bab Buku
Febriani, A. (2016). Bermain peran: Bukan sekedar permainan tanpa makna untuk anak. In N. P. Candra (Ed)., Sekolah menyenangkan, nir kekerasan: Inspirasi empat benua. Yogyakarta: Ifada Press.

Febriani, A. (2012). Menjadi tua, sehat, dan bahagia. In Faturochman, T. Hayuningtyas, W. M. Minza, & G. Lufityanto (Eds)., Psikologi untuk kesejahteraan masyarakat. Yogyakarta: Faculty of Psychology UGM.

  • The 31st International Congress of Psychology (ICP2016), 24-29 July 2016, Yokohama, Japan.
    Title: Impact of intergenerational contact on the link between stereotype threat and performance: A study in two cultures
  • The 7th Asian Association of Indigenous and Cultural Psychology (AAICP), 25-27 August 2015, Bandung, Indonesia.
    Title: The effects of stereotype threat and intergenerational contacts on the performance of the elderly: A comparative study of France and Indonesia
  • Asian Association of Indigenous and Cultural Psychology Conference (AAICP), 20-22 December 2012, Langkawi, Malaysia.
    Title: Stereotypes of the elderly among Javanese in Indonesia
  • The 2nd International Conference of Indigenous and Cultural Psychology (ICIP), 22-23 December 2011, Bali, Indonesia
    Title: The effectiveness of role-play method to increase pre-school children’s moral development