
Yogyakarta, 15 April 2025 — Artikel berjudul “Inclusive education for indigenous students in the Indonesian context” yang ditulis oleh Andriana, E., Kiling, I., dan Evans, D., telah dipublikasikan dalam International Journal of Inclusive Education, Vol. 29, No. 3. Jurnal ini terindeks Scopus (Q1) dengan SJR 2023 0,828 dan Impact Factor (IF) 1,8.
Artikel ini menyoroti pentingnya pendekatan pendidikan inklusif yang responsif terhadap konteks sosial, budaya, dan geografis masyarakat adat di Indonesia. Penelitian ini mengulas berbagai tantangan struktural dan kultural yang dihadapi siswa adat dalam mengakses pendidikan yang berkualitas dan setara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, para penulis menekankan perlunya pengakuan terhadap identitas budaya, pelibatan komunitas lokal, serta penguatan kapasitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inklusif dan kontekstual. Hasil studi ini memperkuat relevansi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 4, khususnya target 4.5, yang mendorong kesetaraan akses pendidikan bagi kelompok rentan seperti masyarakat adat. Artikel ini menjadi kontribusi penting dalam diskursus global mengenai pendidikan yang adil dan berkelanjutan di kawasan Global South.
Berikut ini abstrak, kata kunci, dan link artikel tersebut.
Abstract. The story of indigenous children and their education from Southeast Asia regions is lacking. This paper is intended to discuss the education of indigenous students in Indonesia, which covers a majority of Indigenous People in the Southeast Asian region. In our paper, we wish to show some examples that will allow us to learn and gain a sense of how indigenous students, with or without disabilities, are educated within the country’s journey towards inclusive education. This paper is not aimed at canvassing all possible approaches to the education of indigenous students. Instead, we focus on the policy and access to quality education and have a particular interest in how Indonesia interprets and finds within their resources, the provision of an environment for learning that is as inclusive as possible.
Keywords: Indigenous students;inclusive education;quality education; Indonesia
Publikasi ini dapat diakses di Link: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13603116.2022.2127494
Berdasarkan kata kuncinya, artikel ini adalah luaran penelitian yang fokus pada SDG: 4
Selamat kepada bu Elga Adriana, dan kolega.
Penulis & Editor: Tim UP & Humas