Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., M.Psych., Ph.D., Psikolog

Minat Penelitian

Perkembangan sepanjang rentang hidup, relasi sosial, psikologi moral, academic dishonesty, moral integrity, moral disengagement, moral foundations.

Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., M.Psych., Psikolog memulai perjalanan akademis dengan meraih gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skripsi berjudul “Pengaruh Ilustrasi Gambar Terhadap Pemahaman Prosa Berbahasa Inggris”. Ia kemudian melanjutkan pendidikan profesi psikolog di institusi yang sama, menyelesaikan tesisnya yang berjudul “Hubungan Antara Ekspresi Afek Ibu dengan Kompetensi Sosial Anak“. Ampuni melanjutkan studinya dengan meraih gelar Master of Science (M.Si) dalam bidang Psikologi dari UGM. Kemudian, ia memperluas wawasan internasionalnya dengan menempuh Master of Psychology dalam bidang Counseling Psychology di Swinburne University of Technology, Australia. Puncak pendidikannya tercapai dengan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Psikologi dari La Trobe University, Australia.

Bidang keahlian utama Sutarimah Ampuni adalah Psikologi dan Ilmu Kognitif, dengan fokus khusus pada Psikologi Perkembangan dan Penuaan. Minat penelitiannya berpusat pada perkembangan remaja, menunjukkan dedikasinya dalam memahami dan berkontribusi pada tahap perkembangan yang kritis ini. 

Sebagai dosen di Fakultas Psikologi UGM dan kepala unit Center for Life-Span Development (CLSD) Psikologi UGM, Sutarimah Ampuni berkontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, baik melalui pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. 

Nama MahasiswaJudul Penelitian
Darmawan MuttaqinKonseptualisasi, Pengukuran, dan Determinan Pembentukan Identitas Personal Remaja Pada Konteks Indonesia

Jurnal

Ampuni, S., Intani, Z. F., Handayani, N. F., Aprilia, A. A., & Hanifah, S. N. (2025). Mendampingi perkembangan sosioemosional anak usia dini: Pelatihan bagi kader Bina Keluarga Balita (BKB). Jurnal Widya Laksana, 14(1). https://doi.org/10.23887/jwl.v14i1.84981

Afiatin, T., Ampuni, S., Rachmanie, A. S. L., Muhtadini, R. L., Firdaus, M. I. F., Hanifah, S. N., Aprila, A. A., Kusumawati, Y. C., & Permatasari, A. R. (2025). Elementary school students’ knowledge of gadget and internet use after receiving a psychoeducation program. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 13(2), 94–104. https://doi.org/10.22219/jipt.v13i2.38000

Ampuni, S., Rachmanie, A. S. L., Asmaradhani, D. T., Khalisha, I. M. A., Helian, K. P., Handayani, N. F., … Silvania, O. (2025). Pilot Project Program The Reading Buddies untuk Stimulasi Perkembangan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1216–1226. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6946

Muttaqin, D., Afiatin, T., & Ampuni, S. (2025). Development and validation of the parental support scale for adolescent personal identity formation (PSS-APIF): A mixed methods approach. Applied Developmental Science, 1–15. https://doi.org/10.1080/10888691.2025.2533795

Afiatin, T., Ampuni, S., Wahyu Sukron, M. I., Aprila, A. A., Hanifah, S. N., & Intani, Z. F. (2024). Psikoedukasi “Cerdas Menggunakan Gadget dan Internet untuk Anak”: Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan Literasi Digital Anak. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 10(2), 74–80. https://doi.org/10.22146/gamajpp.98270

Maharani, M., & Ampuni, S. (2020). Perilaku anti sosial remaja laki-laki ditinjau dari identitas moral dan moral disengagementIndigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 54-66. https://23917/indigenous.v5i1.8706

Ampuni, S., Kautsari, N., Maharani, M., Kuswardani, S., & Buwono, S. B. S. (2020). Academic dishonesty in Indonesian college students: An investigation from a moral psychology perspective. Journal of Academic Ethics, 18(4), 395-417

Irene, G., & Ampuni, S. (2020). Do intergroup threats provoke intergroup anxiety? An experimental study on Chinese ethnic group in Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial 18(3), 247-260. https://doi.org/10.7454/jps.2020.24

Fauziyyah, A. & Ampuni, S. (2018). Depression tendencies, social skills, and loneliness among college students in Yogyakarta. Jurnal Psikologi45(2), 98-103. https://doi.org/22146/jpsi.36324

Kashima, E. S., Greiner, T., Sadewo, G., Ampuni, S., Helou, L., Nguyen, V. A., Lam, B. C. P., & Kaspar, K. (2017). Open-and closed-mindedness in cross-cultural adaptation: The roles of mindfulness and need for cognitive closure. International Journal of Intercultural Relations, 59, 31-42. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2017.05.001

Bab Buku

Afiatin, T.,  Ampuni, S., Intani, Z. F. (2024). Validitas Isi Modul “Cerdas Menggunakan Gadget untuk Anak”.