Gama JPP Selenggarakan Mentoring Menulis Laporan Kasus

publikasi-sesi mentoring yang berfokus pada penulisan laporan kasus

Pada hari Jumat, 16 Agustus 2024, Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM mengadakan sesi mentoring yang berfokus pada penulisan laporan kasus. Kegiatan mentoring ini bertemakan “Dari Ruang Praktik ke Jurnal Ilmiah” dan dihadiri oleh 20 peserta yang dibagi menjadi 5 kelompok kecil, masing-masing didampingi oleh seorang mentor. Kelima mentor tersebut adalah Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi., Ph.D., Psikolog; Dr. Muhana Sofiati Utami, M.Si., Psikolog; Sutarimah Ampuni, Ph.D., Psikolog; Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog, dan Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog.

Mentoring dalam penulisan adalah pendekatan yang melibatkan bimbingan secara personal antara seorang mentor berpengalaman dan seorang atau beberapa penulis. Dalam sesi mentoring ini, peserta mendapatkan perhatian khusus dan bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setiap penulis bekerja satu per satu dengan mentor mereka, yang memberikan umpan balik konstruktif, saran, dan wawasan berharga untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis mereka.

Kegiatan mentoring ini merupakan lanjutan dari workshop yang diselenggarakan oleh Gama JPP pada bulan Juli lalu. Salah satu tujuan utama dari sesi ini adalah untuk menjaring naskah berkualitas yang nantinya akan diterbitkan di Gama JPP. Sesi pertama di setiap kelas diawali dengan presentasi dari peserta, dilanjutkan dengan sesi diskusi, dan kemudian sesi menulis mandiri. Sesi terakhir dari kegiatan ini adalah pemberian umpan balik dan reviu pencapaian target penulisan dari para mentor kepada semua peserta.

Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), kegiatan ini menekankan pentingnya layanan dasar seperti akses pendidikan dan kesetaraan dalam kesempatan belajar. Dengan menyediakan platform bagi penulis yang bercita-cita tinggi untuk mengembangkan keterampilan mereka, Gama JPP berkontribusi pada peningkatan literasi dasar dan akses pendidikan di dalam komunitas akademik.

Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada praktik konsumsi yang bertanggung jawab. Untuk mengurangi sampah, penyedia jasa konsumsi menyajikan konsumsi dalam wadah yang dapat digunakan kembali, mempromosikan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan. Inisiatif ini sejalan dengan seruan SDGs untuk pola konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Sesi mentoring ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga membangun rasa kebersamaan di antara peserta. Dengan bekerja dalam kelompok kecil, peserta dapat berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain, menciptakan lingkungan inklusif yang mempromosikan kesetaraan dan kolaborasi.

Saat peserta terlibat dalam diskusi dan latihan menulis, mereka didorong untuk berpikir kritis tentang laporan kasus mereka dan bagaimana kontribusi mereka terhadap bidang psikologi yang lebih luas. Praktik reflektif ini sangat penting untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi dan meningkatkan kualitas karya mereka.

Para mentor memainkan peran penting dalam membimbing peserta melalui proses ini, menawarkan keahlian dan wawasan mereka untuk membantu membentuk tulisan peserta. Keterlibatan mereka tidak hanya memberikan pengetahuan berharga tetapi juga menginspirasi peserta untuk berusaha mencapai keunggulan dalam upaya akademis mereka.

Sebagai kesimpulan, sesi mentoring yang diselenggarakan oleh Gama JPP di Fakultas Psikologi merupakan langkah signifikan menuju promosi pendidikan berkualitas dan membangun budaya menulis di dalam komunitas akademik. Dengan fokus pada keterampilan dan praktik berkelanjutan, kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian SDGs, terutama dalam bidang pendidikan, kesetaraan, dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Penulis: S. Fauzi