Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

Minat Penelitian

Social emotional teaching & learning, School-based mental health, Exceptional children & family, Professional psychology education & training, Methodology: Visual methodologies in qualitative research, Delphi method

Biografi Singkat

Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog, adalah tokoh terkemuka di bidang Psikologi Pendidikan di Indonesia. Edilburga menyelesaikan studi S1 Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2006. Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan S2 di Magister Profesi Psikologi Bidang Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi UGM, yang diselesaikan pada tahun 2009. Dedikasi dan kecintaannya pada bidang ini membawanya melanjutkan studi S3 di School of Psychology, Massey University, Selandia Baru, dan meraih gelar Philosophical Doctor in Psychology pada tahun 2019. Disertasinya yang berjudul “Understanding Indonesian Primary School Teachers’ Social-Emotional Practice” mendapatkan banyak apresiasi dari kalangan akademis. 

Edilburga memiliki keahlian yang mendalam dalam bidang Psikologi dan Ilmu Kognitif. Fokus utamanya adalah pada Psikologi Pendidikan serta Psikologi Perkembangan dan Penuaan. Minat penelitiannya mencakup isu-isu kritis seperti bullying, kesehatan mental masyarakat, dan kesehatan mental sekolah, menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan psikologis individu dan komunitas. Sebagai akademisi yang terus berkembang, ia aktif mengikuti berbagai pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensinya. Ini termasuk pelatihan Literasi Kesehatan Mental dan Pertolongan Pertama Psikologis, symposium tentang disleksia, pelatihan pengelolaan riset, dan metode terapi inovatif seperti Photovoice dan SMILE Coaching Board Game. Edilburga juga mengikuti webinar tentang penulisan buku dan analisis data statistik menggunakan JAMOVI, serta workshop Jungian Sandplay. Keragaman pelatihan ini mencerminkan pendekatan holistik Edilburga terhadap psikologi dan komitmennya untuk mengintegrasikan berbagai metode dalam praktik dan penelitiannya. Dengan kombinasi keahlian akademik, pengalaman praktis, dan dedikasi untuk pengembangan profesional berkelanjutan, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan dan penerapan ilmu psikologi di Indonesia, terutama dalam konteks pendidikan, perkembangan, dan kesehatan mental masyarakat.

Penelitian ongoing
  • Penerapan Photovoice Inovatif untuk Pembelajaran Inklusif di Perguruan Tinggi: Studi Participatory Action Research
  • Implementasi The Reading Buddies untuk Stimulasi Anak Usia Dini di Komunitas
  • Stimulasi Sosioemosional Anak Usia Dini pada Kader BKB: Implementasi Perangkat Pendampingan Perkembangan Stimulasi Sosioemosional pada Anak Usia Dini
Supervisi Tugas Akhir
Nama Mahasiswa Judul Penelitian
Tri Winarsih
Kompetensi Sosial-Emosional Guru SD Untuk Pendidikan Inklusif di Indonesia: Konsep dan Pengukuran
Sartana
Identitas Nasional Generasi Milenial di Indonesia
Rachmawati
Faktor Psikososial yang Memengaruhi University Belongingness Mahasiswa
Titisa Ballerina
Konsep dan Penerapan Sistem Among dalam Tripusat Pendidikan

Kusumastutie, N. S., & Saptandari, E. W. (2023). Sekarang atau Nanti? Sebuah Studi Mixed-Methods tentang Keputusan Ibu dari Siswa SMP untuk Mengizinkan Anak Berkendara Sepeda Motor. Jurnal Psikologi16(1), 160-178. http://dx.doi.org/10.35760/psi.2023.v16i1.6159

Sartana, S., Helmi, A., & Saptandari, E. (2023). Psikologi Kebangsaan di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur Komprehensif dan Agenda Penelitian. Buletin Psikologi, 31(1), 30 – 55. http://dx.doi.org/10.22146/buletinpsikologi.75178

Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002

Saptandari, E., Praptomojati, A., Handoyo, R., Anjarsari, N., Grahita, Y., & Mahambara, R. (2022). Layanan Telekonseling: Psychological First Aid dalam Situasi Pandemi COVID-19 Telecounseling Services: Psychological First Aid in COVID-19 Pandemic Situation. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan13, 51–71. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n1.p51-71

Saptandari, E. W., Nur Shabrina, Z. R., & Priwati, A. R. (2022). Online psychoeducation in the COVID-19 pandemic situation: An effort to improve mental health. AbdimasJurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang7(1), 40–55. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i1.6348

Istiqomah, I., & Saptandari, E. (2022). Identifikasi Kompetensi Psikolog dalam Telekonseling: Metode Delphi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)8, 220–237. https://doi.org/10.22146/gamajop.71141

Fatimah, L., & Saptandari, E. (2022). Peran growth mindset dan dukungan orang tua terhadap keterlibatan siswa selama pembelajaran daring. Persona Jurnal Psikologi Indonesia11, 58–73. https://doi.org/10.30996/persona.v11i1.5773

Purifiedriyaningrum, I., & Saptandari, E. W. (2022). Hardiness, Dukungan Sosial, dan Penyesuaian Diri Guru Tingkat Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)8(1), 36. https://doi.org/10.22146/gamajop.66553

Adika El Nino, Edilburga Wulan Saptandari. 2021. Hubungan Penerimaan Diri pada Orangtua terhadap Kreativitas Individu dengan ASD Dengan Moderator Dukungan Sosial Pada Orangtua. Jurnal Wacana Psikologi.

Sekar Tristi Apriza, Edilburga Wulan Saptandari. 2020. Kompetensi Sosial Remaja Berdasarkan Status Pekerjaan dan Pola Pengasuhan Ibu. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan.

Edilburga Wulan Saptandari. 2020. Covid-19 and Mental Health: The Growing Need of Telecounseling in Indonesia. Buletin Psikologi.

Putri Rahmawati, Edilburga Wulan Saptandari. 2020. Peran Persepsi Siswa atas Keterampilan Sosial-Emosional Guru terhadap Regulasi Emosi Siswa Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmu Perilaku.

Salvia Astriningsih, Edilburga Wulan Saptandari. 2020. Kontrol Diri Anak dalam Mengakses Youtube. INTUISI.

Pengarang buku : “Dongeng: Mendekatkan Kitab Suci pada Anak” (“Story Telling : Brings Bible Nearer to Kids”) 2008 (diterbitkan oleh Percetakan Kanisius)

Artikel “Peran Sekolah untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja (School’s Role for Children and Adolescent Mental Health)” in “Psikologi untuk  Kesejahteraan Masyarakat (Psychology for Society Well Being)” 2012 (diterbtikan oleh Pustaka Pelajar)

  • Forgiveness in Elderly (Undergraduate thesis, first researcher) 2006
  • Profile of Children and Adolescents in Prison (Researchers team member) 2008
  • “Guru Peduli” Traning Effectiveness to Reduce Bullying in Elementary School (Postgraduate thesis, first researcher) 2009
  • Preventing and Treating School Bullying:Understanding Teachers’ Role 2010
  • School Well-Being among Elementary School Students in Kota Yogyakarta 2011
  • School Well-Being among High School Students in Kota Yogyakarta 2011
  • Need Assessment of Universal Intervention on Mental Health Problem among High School Students 2012
  • Understanding the Social-Emotional Practice of Indonesian Primary School Teachers (Doctoral Thesis) 2019
  • June 17-19 and 26-27, 2019: Participant in “ToT AJT Cognitive Test”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • April, 6-7 2019: Participant in “Pelatihan Penguji Kompetensi Profesi Psikologi (KPP)/Praktik Kerja Profesi Psikologi (PKPP) HIMPSI & A2TP2I, Yogyakarta, Indonesia
  • August 26-28, 2017: Oral presentation (Key Social-Emotional Practices in the Indonesian Classroom: Teachers’ Perspectives) at Asian Association of Social Psychology Conference in Auckland, New Zealand.
  • August 26-28, 2017: Oral presentation (The Indonesian Primary School Teachers’ Social-Emotional Practices) at Asian Association of Social Psychology Conference in Auckland, New Zealand.
  • November 21-22, 2016: Oral presentation (“I am their parent”: Indonesian Primary School Teachers’ Beliefs about the Emotional Dimension of Teacher-Student Relationships) at the 9th Educational Psychology Forum in Auckland, New Zealand.
  • November 24, 2016: Oral presentation (“Gentle, Patient and Fair”: Indonesian Children’s Voices of Teacher-Student Relationships) at Manawatu Postgraduate Research Day in Palmerston North, New Zealand.
  • November 27-28, 2015: Oral presentation (The Importance of Researching Teachers’ Social Emotional Competencies in an Indonesian Context) at the 1st Unnes International Conference on Research Innovation and Commercialization for Better Life, Semarang, Indonesia
  • January 26-29, 2013: Participant in “Play Therapy” Workshop, Universitas Padjadjaran, Yogyakarta
  • September 11-13, 2012: Participant in “Exploring Music Therapy in Healthcare” Training, Universitas Surabaya, Yogyakarta, Indonesia
  • January 4-7, 2011: Oral presentation (Preventing and Treating School Bullying: Understanding Teachers’ Role) at Hawaii International Conference on Education in Honolulu, Hawaii
  • January 27, 2010: Oral presentation (“Guru Peduli” Training Effectiveness to Reduce Bullying in Primary School) at National Conference on Experimental Psychology in Yogyakarta, Indonesia
  • Ketua Program Studi Doktor Ilmu Psikologi 2022 – sekarang, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
  • Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) 2022-2026
  • Kepala Unit Konsultasi Psikologi 2020, Unit Konsultasi Psikologi, Universitas Gadjah Mada
  • Dosen 2009 – sekarang, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
  • Psikolog 2009 – sekarang, Unit Konsultasi Psikologi, Universitas Gadjah Mada

Pengalaman lain

  • Psikolog di Unit Konsultasi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, 2009-sekarang
  • Pelatih dan pembicara dalam berbagai sesi pelatihan dan seminar untuk guru, siswa, dan orang tua, terutama tentang kesehatan mental anak, remaja, dan keluarga, 2010-sekarang