Sebanyak 83 Wisudawan/wisudawati Ikuti Pelepasan Program Sarjana Periode IV 2023/2024

Sebanyak 83 wisudawan/wisudawati Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti pelepasan Program Studi Sarjana Psikologi Periode IV Tahun Akademik 2023/2024 yang berlangsung di Wisma KAGAMA, Rabu (28/8). Wisudawan terdiri dari 78 program terguler dan lima dari International Undergraduate Program (IUP). Dari jumlah tersebut, 72 wisudawan meraih penghargaan akademik dengan predikat pujian.  

Dekan Fakultas Psikologi UGM, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian wisudawan yang mencatatkan berbagai prestasi membanggakan. “Kalian menjadi bagian dari 6.614 alumni lulusan dari Fakultas Psikologi UGM,” ujarnya. Angka ini menandai total lulusan sejak angkatan pertama pada tahun 1965.

Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi untuk program reguler diraih oleh Aulia Rahma Salsabila, sementara I Marannu Andi Khalisha mencatatkan IPK teritinggi dari program IUP. Savira Arumaheswari dinobatkan sebagai lulusan dengan masa studi tercepat dari program regular, sedangkan Kirana Saraswati Satrio meraih penghargaan serupa dari program IUP, lulusan termuda dari program reguler adalah Desiria Renita yang lulus pada usia 21 tahun 5 bulan 4 hari, sedangkan Devina Maharani menjadi lulusan termuda dari program IUP dengan usia 21 tahun 8 bulan.

Dekan menekankan pentingnya wisuda ini sebagai momen peralihan status dari mahasiswa menjadi sarjana psikologi. “Wisuda kali ini adalah momen yang patut dikenang selamanya, karena wisuda ini adalah tonggak besar dalam perjalanan hidup kalian. Selamat menempuh perjalanan yang luas, selamat mengarungi kehidupan yang sangat terbuka dengan berbagai peluang yang ada,” ungkapnya.

Dekan juga mengingatkan bahwa Fakultas Psikologi UGM akan selalu menjadi rumah bagi wisudawan, baik saat studi hingga menjadi alumni. Jaringan alumni UGM yang kuat tersebar dipenjuru nusantara dan berbagai belahan dunia dapat dimanfaatkan wisudawan sebagai jejaring silaturahmi dan kolaborasi.

“Ikatan kalian dengan Universitas Gadjah Mada bukan sekedar ikatan formal sebagai mahasiswa, kalian adalah bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada dan itu diteguhkan di dalam nama keluarga alumni Universitas Gadjah Mada, KAGAMA, maupun alumni Fakultas Psikologi disebut sebagai KAPSIGAMA,” tambah Dekan.

I Marannu Andi Khalisha, sebagai salah satu mahasiswa berprerstasi dengan IPK tertinggi dari program IUP, memberikan sambutan mewakili seluruh wisudawan. “Kami merasakan berbagai perasaan campur aduk—mulai dari kebahagiaan, kebanggaan, terharu, puas, hingga perasaan sedih dan kosong,” ujarnya mengawali sambutan.

I Marannu Andi Khalisha mengenang masa-masa studinya di Fakultas Psikologi dari momen PPSMB, bimbingan skripsi, hingga akhirnya lulus menjadi sarjana. “Saat ini kita semua adalah orang-orang hebat tersebut dan saya yakin dengan segala keunikan itu kita tetap setara… saya harap kita semua bisa memanfaatkan keunggulan itu untuk mencapai apa yang selama ini dicita-citakan,” ungkapnya.

“Hal-hal yang kita capai tidak luput dari adil orang-orang di sekitar kita… Terima kasih,” pungkasnya.

David Haliyanto, S.T., orang tua dari Laura Aurelia Dinda Sekar Devanti mewakili orang tua wisudawan menyampaikan rasa bangga dan syukur, “Kami menyampaikan kegembiraan dan kebanggaan kami karena anak-anak kami telah berhasil menyelesaikan satu tahapan pendidikan yang mungkin akan menjadi tahapan pendidikan dan mungkin juga akan menjadi bekal bagi pekerjaan”, ujarnya.  

Perwakilan Keluarga Alumni Psikologi Gadjah Mada (KAPSIGAMA), Dr. Moordiningsih,  M.Psi, Psikolog, menyambut wisudawan sebagai keluarga baru KAPSIGAMA. “Selamat datang di KAPSIGAMA… Selamat bergabung, selamat berkiprah, selamat mengukir sejarah selanjutnya,” ujarnya pada seluruh wisudawan.

Pada pelepasan ini, Ketua Pelaksana Pengelolaan IUP, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D., menyerahkan transkrip kepada wisudawan/wisudawati IUP. Selanjutnya, Ketua Program Studi Sarjana Psikologi, Dr. Ridwan Saptoto, S.Psi., M.A., Psikolog, menyerahkan transkrip wisudawan/wisudawati program reguler. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Wenty Marina Minza, M.A., mengalungkan syal alumni kepada perwakilan wisudawan, Kania Dwi Kinanti dari program reguler dan Fanesa Putri Riyadi dari IUP, diikuti pengalungan syal secara mandiri oleh seluruh wisudawan/wisudawati.  

Acara ditutup dengan penampilan lagu oleh Maria Kezia Carolina Sibarani dan pembacaan doa oleh Nur Abidin, serta sesi foto bersama sebagai penutup.

Penulis: Erna Tri Nofiyana