- supra[at]ugm.ac.id
- acadstaff.ugm.ac.id
- orcid.org/0000-0003-2821-2403
- ID Sinta: 6025984
Neurodevelopmental disorder, Mental, Neural, dan Perilaku, Psikologi Klinis.
Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D., Psikolog adalah seorang akademisi dan peneliti di bidang psikologi dan ilmu kognitif. Beliau menyelesaikan pendidikan doktoralnya di University of Southern California, Amerika Serikat, setelah sebelumnya memperoleh gelar master dari Oklahoma State University. Pendidikan sarjananya diselesaikan di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Indonesia, di mana beliau kini menjabat sebagai staf akademik.
Keahlian Supra Wimbarti meliputi pola neurokognitif dan jaringan saraf, psikologi biologis (neuropsikologi, psikofarmakologi, psikologi fisiologis), serta psikologi perkembangan dan penuaan. Minat penelitiannya berfokus pada perkembangan anak, kesehatan mental anak, kognitif dan afektif, serta neuropsikologi. Dengan latar belakang pendidikan internasional dan pengalaman yang luas, Supra Wimbarti memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu psikologi di Indonesia, khususnya dalam bidang neuropsikologi dan perkembangan anak.
Nama Mahasiswa | Judul Penelitian |
---|---|
Radhiatul Fitri | Pemrosesan Emosi pada Orangtua dengan Fungsi Refleksi Spesifik Trauma (RF-T) berbasis Data EEG |
Nahdatur Ramadhani, N. (2023). Career Search Efficacy Scale: Sebuah Tinjauan Literatur Naratif. Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan (SIKONTAN), 2(1), 39–46. https://doi.org/10.47353/sikontan.v2i1.1123
Wimbarti, S., & Kusrohmaniah, S. (2023). ADHD among Indonesian Primary School Students: Measurement and Prevalence. Journal of Educational, Health and Community Psychology (JEHCP), 12(1). 236-251. http://dx.doi.org/10.12928/jehcp.v1i1.26044
Chairani, L., Wimbarti, S., Subandi., Wibirama, S. (2023). Uji Validitas Konstruk The Centrality of Religiosity Scale (CRS-15) Pada Sampel Muslim. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(2).
Zharfani, H., Wimbarti, S., & Kusrohmaniah, S. (2022). Pengaruh Konsumsi Kafein Terhadap Akurasi Dan Waktu Reaksi Pada Atlet. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6, 12. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.12540.2022
Perdana, I., Santosa, P., Setiawan, N. A., & Wimbarti, S. (2021). Confirmation of Personality Types Using Visual Evoked Potential with User Interface Design Stimulus. Journal of Computer Science, 17, 1138–1146.
Rahadian, W., Respati, A., Wimbarti, S., & Koesrohmaniah, S. (2021). Cognitive Deficiency in Cannabis Consumers. Buletin Psikologi, 29, 204. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.59576
Wahyuni, S., & Wimbarti, S. (2021). ORIGAMI untuk Meningkatkan Efikasi Diri: Mengajarkan Pencegahan KSA pada Orang Tua dengan Anak Tunarungu. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/gamajpp.53466
Rahmadiana, M., Karyotaki, E., Schulte, M., Ebert, D. D., Passchier, J., Cuijpers, P., Berger, T., van Ballegooijen, W., Wimbarti, S., & Riper, H. (2021). Transdiagnostic Internet Intervention for Indonesian University Students With Depression and Anxiety: Evaluation of Feasibility and Acceptability. JMIR Mental Health, 8(3), e20036. https://doi.org/10.2196/20036
Rahmadiana, M., Wimbarti, S., Paramastri, I., & Triratnawati, A. (2021). Mudik during the Covid-19 pandemic, anxiety, and depression among students in Indonesia. Berita Kedokteran Masyarakat, 37(1), 33. https://doi.org/10.22146/bkm.61744
Wimbarti, S., & Yappy, W. K. (2020). Development of Face Recognition Software to Differentiate Autism Spectrum Disorder from Typical Adolescents. Jurnal Psikologi, 47(3), Article 3. https://doi.org/10.22146/jpsi.60459
Siregar, N., Wimbarti, S., Kusrohmaniah, S., & Sunardi, Y. (2020). Adaptasi Test of Mathematical Ability (TOMA-3). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 212-220. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3218
Raharjo, T., & Wimbarti, S. (2020). Assessment of learning difficulties in the category of children with dyslexia. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 79-85.
Hermahayu, H., Wimbarti, S., Paramastri, I., & Lumintuarso, R. (2020). Kebugaran Fisik, Executive Functions, dan Kesiapan Sekolah pada Anak Prasekolah. Prosiding University Research Colloquium, 36–42.
Siregar, N. R., Wimbarti, S., Koesrohmaniah, S., & Sunardi, Y. (2020, February). What Neuropsychology Says about Mathematical Word Problem Solving: Contribution of Executive Function in Educational Setting. In International Conference on Educational Psychology and Pedagogy-” Diversity in Education”(ICEPP 2019) (pp. 186-189). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.110
Wimbarti, S., Paramastri, I., & Lumintuarso, R. (2020, May). The Impact of Physical Activity on Executive Functions Among Pre-schoolers. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 863-868). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.183
Siregar, N. R., Wimbarti, S., Koesrohmaniah, S., & Sunardi, Y. (2020, February). Teachers’ Understanding About Executive Function Toward Mathematics. In 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019) (pp. 270-278). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.035
Wibowo, S., Azwar, S., Adiyanti, M., & Wimbarti, S. (2020). Kritik terhadap Penggunaan IQ dalam Diagnosis Kesulitan Belajar Spesifik. Buletin Psikologi, 28(1), 15-27. http://dx.doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43518
Mukti, D., & Wimbarti, S. (2020). Pengaruh Mindfulness Meditation Training terhadap Atensi Selektif pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 30-46. http://dx.doi.org/10.22146/gamajpp.53189
Suyanto, B., & Wimbarti, S. (2019). Program Intervensi Musik terhadap Hiperaktivitas Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 15-25. http://dx.doi.org/10.22146/gamajpp.48584
Wimbarti, S., Siregar, J., Oktaviana, M., & Regiastri, R. (2019). Strengths and Difficulties Questionnaire Parent Report (SDQ-PR) As Screening Instrument of Children Mental Health in Indonesia. Jurnal Psikologi, 46(2), 130-144. http://dx.doi.org/10.22146/jpsi.46698
Novitasari, R., & Wimbarti, S. (2015). Theory of Mind pada Anak Usia 3-5 Tahun Ditinjau dari Kemampuan Bermain Simbolik dan Kemampuan Bahasa Verbal. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(1), 45 – 60. http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.7353
Oktaviana, M., & Wimbarti, S. (2014). Validasi Klinik Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) sebagai Instrumen Skrining Gangguan Tingkah Laku. Jurnal Psikologi, 41(1), 101-114. http://dx.doi.org/10.22146/jpsi.6961
PENGEMBANGAN PUSAT KESEHATAN MENTAL SEKOLAH MODEL YOGYAKARTA BERBASIS EPIDEMIOLOGI [2019] (Ketua Peneliti) Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D., Psikolog (Anggota Peneliti) Diana Setiyawati, S.Psi., MHSc., Ph.D., Psikolog (Anggota Peneliti) Dra. Atik Triratnawati M.A. (Anggota Peneliti) Dr. Ira Paramastri, MSi.
ASSESSING PROBLEMS, RISK-PROTECTIVE FACTORS TO DEVELOP AN INTERVENTION MODEL FOR REPRODUCTIVE HEALTH ISSUES IN YOGYAKARTA, INDONESIA [2017] (Ketua Peneliti) Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D., Psikolog (Anggota Peneliti) Dra. Atik Triratnawati M.A. (Anggota Peneliti) Dr. Ira Paramastri, MSi.
Fakultas Psikologi UGM, Pengakomodasian cara Pembelajaran Matematika, Persepsi Hubungan Interpersonal Guru-Siswa di SD dan Media serta Metode Pembelajaran Matematika pada Siswa SMA, 02/2009 – 12/2009
Reviewer Program Matching Fun Tahun 2021 untuk Universitas Kristen Satya Wacana yang diselenggarakan Kemendikbudristek Dikti [2021] (1) Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D., Psikolog