Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini menghadirkan krisis dalam berbagai lini. Perekonomian masyarakat yang melemah, aktivitas pendidikan dan perkantoran yang terkendala, kegiatan distribusi dan ekspedisi industri yang terhambat, dan tenaga kesehatan yang dipaksa menghadapi situasi luar biasa. Sebagaimana dengan berbagai situasi krisis (seperti: bencana alam) yang terjadi di masa-masa sebelumnya, situasi ini merupakan ujian sekaligus momentum bagi bangsa kita untuk memantapkan kembali identitas sebagai bangsa, salah satunya yaitu identitas kegotongroyongan.
Gotong royong dan tolong-menolong tak terpisahkan dari perjalanan bangsa Indonesia. Sejarah menunjukkan bahwa keberhasilan Indonesia meraih kemerdekaan, bertahan dalam kebhinekaan, dan membangun menuju kemajuan salah satunya adalah berkat gotong royong. Di masa pembangunan, sebagian infrastruktur kita adalah hasil gotong royong dan swadaya masyarakat. Dalam berbagai situasi bencana yang pernah terjadi, kegotongroyongan dan perilaku menolong ini telah terbukti menjadi kekuatan masyarakat dan sumber resiliensi.
Singkatnya, budaya gotong royong telah memberikan sumbangsih yang begitu besar bagi tumbuh dan berkembangnya Indonesia. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa gotong royong dan tolong-menolong adalah perekat bangsa sekaligus salah satu pilar pembangunan. Oleh karena itu, meski zaman telah berubah, karakter dan budaya ini sangat penting untuk terus dilestarikan dan dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Jangan sampai karakter dan budaya ini mati tergerus oleh pergeseran nilai yang semakin individualistis.
Dalam perspektif psikologi, kajian mengenai gotong royong dan tolong-menolong ini dapat didekati melalui teori perilaku prososial. Perilaku prososial didefinisikan sebagai perbuatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memberi manfaat bagi pihak lain ataupun untuk menjaga hubungan sosial yang harmonis (Eisenberg, Fabes, & Spinrad, 2006; Jackson & Tisak, 2001). Perilaku prososial menurut Jackson & Tisak (2001) termanifestasi melalui berbagai bentuk, yakni perilaku menolong (helping), berbagi (sharing), menghibur (comforting), dan bekerja sama (cooperating). Beragam literatur ilmiah telah mendokumentasikan arti penting perilaku prososial dalam kehidupan bermasyarakat. Di antaranya, perilaku prososial ditemukan berkorelasi positif dengan fungsi sosial yang sehat pada diri seseorang, kemampuan adaptasi yang baik, efektivitas ketika bekerja di dalam sebuah tim, dan kecenderungan untuk mempraktikkan kultur berpolitik yang positif (Saha, 2004).
Pandemi Momentum Prososial
Jika diamati secara saksama, pandemi ini telah memunculkan banyak sekali respons prososial di Indonesia. Sebagai contoh, masyarakat bahu-membahu menggalang dana lewat berbagai platform untuk membantu penanganan Covid-19, mulai dari iuran sukarela ibu-ibu arisan, penggalangan dana melalui portal-portal digital seperti Kitabisa, hingga konser amal secara daring yang bahkan sukses mengumpulkan dana hingga miliaran rupiah.
Di level individual, kita juga dapat dengan mudah menemukan berita mengenai pihak-pihak yang berusaha membantu meringankan beban sesamanya. Mereka menyumbangkan masker, menyediakan instalasi cuci tangan di lingkungan tempat tinggalnya, menghibahkan gadget layak pakai kepada anak sekolah yang membutuhkan, hingga menyediakan bahan pangan di pagar rumahnya untuk diambil secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkan.
Perilaku-perilaku di atas mengilustrasikan hidupnya karakter prososial, di mana masyarakat Indonesia berhasil menunjukkan kepedulian yang tinggi dan kemampuan bekerja sama yang baik dalam meringankan beban sesamanya saat situasi memanggil. Bentuk perilaku prososial mungkin telah berevolusi; jika dahulu gotong royong diwujudkan melalui kerja bakti membangun jalan, membersihkan gorong-gorong, dan membantu tetangga yang sedang mempersiapkan hajatan, sekarang bentuk gotong royong telah bergeser ke dalam bentuk-bentuk yang lebih modern seperti misalnya menggalang dana secara daring. Namun demikian perubahan bentuk tersebut tampaknya tidak mengurangi esensi prososial.
Memupuk Karakter Prososial Generasi Muda
Menurut Lee dan Kim (2020), respons masyarakat terhadap musibah atau bencana dapat memperlihatkan karakter asli dari masyarakat tersebut. Respons masyarakat Indonesia terhadap situasi pandemi telah mengindikasikan betapa kuatnya potensi kolektivistik dan kegotongroyongan yang sejatinya kita miliki, sehingga kita dapat merasa optimis bahwa karakter tersebut mengakar kuat dalam budaya kita. Namun demikian kita tetap harus memastikan bahwa karakter ini akan terus melekat pada generasi mendatang, tidak hilang seiring pergeseran zaman.
Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa generasi muda, yakni anak-anak dan remaja, mendapat kesempatan sebaik-baiknya untuk juga exercising atau melatihkan karakter dan perilaku prososial melalui momentum pandemi ini. Anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa perkembangan kepribadian harus difasilitasi untuk menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, mengenali apakah ada orang atau pihak yang memerlukan bantuan dan turun tangan untuk membantu sesuai kemampuannya.
Tuntunan dan panduan dari orang dewasa tentunya sangat diperlukan. Baik orang tua, guru, tokoh masyarakat, maupun tokoh keagamaan dapat melibatkan generasi muda dalam kegiatan-kegiatan prososial mulai yang berskala kecil misalnya dalam keluarga hingga yang berskala lebih besar misalnya melakukan bakti sosial, tentunya sesuai keperluannya dan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Jangan biarkan anak dan remaja hanya menjadi objek atau observer dari perilaku prososial orang dewasa, beri mereka kesempatan untuk menjadi pelakunya dan merasakan emosi positif (senang/bangga) dengan berkontribusi. Jangan lupa bahwa perilaku prososial (menolong, berbagi, menghibur, dan bekerja sama) tidak harus berwujud material atau kebendaan.
Mengutip hasil penelitian Perry dan Lindell (2003), situasi darurat seperti terjadinya musibah atau bencana dapat berperan sebagai stimulus dalam menumbuhkan karakter prososial suatu entitas masyarakat. Oleh karena itu, sudah semestinya situasi pandemi ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk merevitalisasi dan menstimulasi kehidupan prososial masyarakat, termasuk pada generasi penerus yang akan menentukan keutuhan bangsa di masa mendatang. (*)
Penulis:
Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., M.Psych.
Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Sumber: https://jogja.siberindo.co/05/10/2020/pandemi-dan-revitalisasi-karakter-prososial-bangsa/
Foto: Ilustrasi Pandemi dan Revitalisasi Karakter Prososial (Foto: Istimewa)