Mahasiswi Psikologi UGM Raih Penghargaan First Winner dalam 5th International ACM In-Cooperation Human-Computer Interaction and UX Conference

Mahasiswa UGM kembali menorehkan prestasi pada kompetisi 5th International ACM In-Cooperation Human-Computer Interaction and UX Conference di Universitas Petra, Surabaya. Tim Javaccino yang beranggotakan Kairania Qalbi (Fakultas Psikologi) dan Gita Prasulistiyono Putra (Fakultas Ekonomika dan Bisnis) berhasil merebut predikat First Winner dalam kompetisi hacksprint internasional tersebut.

Kompetisi hacksprint yang diadakan oleh ACM SIGCHI Chapter (Indonesia & Australia) dan Digital Interaction Association of Indonesia tersebut merupakan bagian dari acara konferensi internasional mengenai User Experience dan Human-Computer Interaction yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 3-6 April 2019.

Hacksprint adalah kombinasi dari design sprint dan kompetisi hackathon, di mana founder start-up, anggota tim dan stakeholder mencari solusi akan permasalahan yang ada dalam waktu yang sangat terbatas.

Ketua Tim Javaccino, Kairania Qalbi mengungkapkan bahwa timnya bersyukur atas raihan prestasi tersebut. “Kami tidak menyangka akan menang, karena juara kedua dan ketiga adalah tim dari perusahaan IT Consulting di Jakarta dan tim dari Filipina. Kami bersyukur bisa kembali memberikan prestasi untuk UGM, juga mendapatkan pengalaman mentoring dan pitching di depan mentor-mentor dari berbagai universitas ternama dari mancanegara serta perusahaan terkemuka seperti Google dan Spotify.”

Tema kompetisi tahun ini adalah Digital Transformation for Environmental Sustainability. Ide, konsep, teknologi dan solusi yang didapatkan dari kompetisi hacksprint ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah lingkungan menggunakan teknologi digital yang inovatif.

Pada kompetisi tersebut, Tim Javaccino membuat sebuah aplikasi mobile sebagai platform donasi tanpa mengeluarkan dana pribadi untuk program reforestasi di Indonesia. Aplikasi ini dibuat dengan desain yang intuitif menggunakan solusi dari proses design thinking pada kompetisi hacksprint tersebut.

Setelah melalui babak penyisihan berupa review proposal, ide, prototype dan video, ada 8 tim yang berhasil terpilih untuk melaju ke babak final dan mendapat kesempatan untuk pitching dengan berbagai mentor dari berbagai perusahaan dan universitas terkemuka di dunia. Delapan tim yang berhasil maju ke babak final antara lain berasal dari perusahaan IT Consulting dan berbagai universitas seperti First Asia Institute of Technology and Humanities (Filipina), Universitas Gadjah Mada, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Tags: presma