Dian Mufitasari

Nama Lengkap: Dian Mufitasari., S.Psi, M.Psi., Psikolog

Email: dianmufitasari[at]ugm.ac.id

Latar belakang pendidikan:
Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
SMA N 1 Magelang

Bidang pengajaran:
Psikologi Pendidikan

Minat penelitian:
Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

 

Pelatihan dan seminar

2017 Seminar Terapi ABA (Applied Behaviour Analysis) dalam Pendampingan Anak Autis
2017 Seminar Kurikulum dan Metode Pembelajaran yang Tepat bagi Anak Gifted
2016 Seminar dan lokakarya Universal Design for Learning di Fakultas Psikologi UGM
2016 Workshop Global Rehabilitation & Educational Programs for Hearing Impairment Children di Bali
2015 Seminar Kebutuhan Pendampingan Anak Kebutuhan Khusus di Pesisir Gunungkidul yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-LK) Dinas Pendidikan Nasional
2013 Workshop Cognitive Behavioral Therapy (CBT) for Children di University Club UGM
2013 Seminar Umum Nasional Intervensi Terapi Wicara pada Kasus Tuna Rungu dan Celah Bibir dan Langit-Langit yang diselenggarakan oleh IKATWI (Ikatan Terapis Wicara Indonesia)
2012 Workshop ‘Art Therapy’ yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UGM bekerja sama dengan Universitat Leipzig

Prestasi

2016 10 Penulis naskah terbaik dalam Seminar Nasional bertema “Menelisik Perkembangan Psikologi Indonesia” yang diselenggarakan oleh HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia)

Pengalaman penelitian

2015 Survey Kebutuhan Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus di Pesisir Gunungkidul
2016 Inventory Survey tentang Ujian Nasional dan Integritas Sekolah

Publikasi

Kumara, A., Mufitasari, D., Nusantari, K.Y., & Aroma, I.S. (2017). AKTIF Teacher Training Program to Increase Teachers’ Self Efficacy in Teaching Children with Special Needs. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. XII, No. 1, 19-30, ISSN. 0853-3098.

Kumara, A., Mufitasari, D., Nusantari, K.Y., & Aroma, I.S. (2016). AKTIF Teacher Training Program to Increase Teachers’ Self Efficacy in Teaching Children with Special Needs. Telah dipresentasikan dalam Seminar Nasional HIMPSI “Menelisik Perkembangan Psikologi Indonesia”, Yogyakarta, 19 November 2016.

Mufitasari, D. (2016). Validasi Modul “AKTIF Diskusi Kasus” Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Sekolah Inklusif. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.