[WPSM_AC id=16242]

PSI201100 Belajar Cara Belajar dan Komunikasi Ilmiah

(1 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan skill dasar komunikasi ilmiah dalam Bahasa Indonesia baik tertulis maupun lisan sekaligus memahami strategi belajar dan hal-hal yang mempengaruhi proses belajar. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan argumen, membuat dan mengevaluasi presentasi akademik dalam bentuk lisan dan tulisan ilmiah sekaligus memahami strategi belajar dan hal-hal yang mempengaruhi proses belajar. Di akhir mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi secara ilmiah serta menguasai cara belajar efektif dan termotivasi untuk terus belajar dengan efektif menuju kesuksesan mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan skill dasar komunikasi ilmiah dalam Bahasa Indonesia baik tertulis maupun lisan sekaligus memahami strategi belajar dan hal-hal yang mempengaruhi proses belajar. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan argumen, membuat dan mengevaluasi presentasi akademik dalam bentuk lisan dan tulisan ilmiah sekaligus memahami strategi belajar dan hal-hal yang mempengaruhi proses belajar. Di akhir mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi secara ilmiah serta menguasai cara belajar efektif dan termotivasi untuk terus belajar dengan efektif menuju kesuksesan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL3.4

Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (Skripsi/ manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi) secara bertanggung jawab (KU4)

CPL3.5

Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain) (KU5)

CPL3.6

Mampu berbahasa Inggris dalam konteks ilmiah (keterampilan lain) (KU6)

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mahasiswa mampu memahami strategi belajar dan hal hal yang mempengaruhi proses belajar
  2. Mahasiswa mampu menyusun strategi-strategi yang mendukung proses belajarnya sendiri
  3. Mahasiswa mampu menganalisis bacaan ilmiah
  4. Mahasiswa mampu menyusun tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah yang berlaku
  5. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil karya secara lisan dan tulisan

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Publication Manual of APA 7th ed
  2. Goldstein, E. B. (2015). Cognitive Psychology: Connecting Mind, Research, and Everyday Experience, 4th Edition. Stamford: Cengage Learning
  3. Matlin, M. W. (2013). Cognition, 8th Edition. Hoboken: Wiley.
  4. Slavin, R.E. (2018). Educational Psychology:Theory and Practice, 12th Edition. New York: Pearson. Artikel jurnal
  5.  

Tambahan:

Sumber online terpercaya

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Kuis & Keaktifan          : 20%

UTS                              : 30%

Tugas                           : 20%

UAS                              : 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

 Overview Mata Kuliah: Pengantar

Luring: Ceramah, diskusi

 

2

 Belajar Cara Belajar (Learning How to Learn)

Luring: Analisis kasus, Ceramah, diskusi

 

3

 “Membaca ala mahasiswa: jangan telan mentah-mentah. (Critical reading)

Daring: Analisis literatur, analisis video, diskusi

 

4

“Bacaan ala Mahasiswa: Mengenal dan Mengakses Literatur:”

Luring: Analisis literatur, ceramah, diskusi

 

5

Menghindari Plagiarisme: “Maaf, saya tidak tahu aturannya

Daring: Analisis kasus, analisis literatur, diskusi

 

6

Referensi: “Dianggap sepele tapi sering salah” (Membuat sitasi dan Menuliskan Daftar Pustaka)

Luring: Analisis kasus berupa literatur, diskusi

 

7

 “Saatnya menulis essay ilmiah” (Basic Writing Skills)

Daring: Praktik menulis essay

 

Ujian Tengah Semester

8

“Mengasah Keterampilan Presentasi Ilmiah” (Effective Presentation Skill)

Luring: Jigsaw dan saling memberikan feedback presentasi

 

9

Presentasi Essay Argumentatif dan Pemberian Feedback

Luring: Presentasi kasus/permasalahan yang dipaparkan dalam essay argumentatif

 

10

11

12

13

14

Ujian Akhir Semester