[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Asesmen Kepribadian Non Proyektif merupakan mata kuliah yang membahas mengenai sarana diagnosis kepribadian  yang mempunyai stimulus yang terstruktur dan objektif. Mahasiswa akan belajar tentang pengertian asesmen kepribadian dengan stimulus yang terstruktur dan objektif serta teori-teori kepribadian yang mendasarinya, berbagai macam teknik penyusunan asesmen kepribadian non proyektif serta beberapa bentuk tesnya. Mahasiswa juga akan mempelajari administrasi sejumlah tes kepribadian dengan stimulus terstruktur serta mempraktekkan tes tersebut dengan subjek diri sendiri. Mata Kuliah ini akan memberikan landasan bagi mahasiswa untuk memahami tentang asesmen kepribadian dengan stimulus terstruktur dan objektif serta pemanfaatannya dalam pemberian layanan jasa psikologi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL2.4

Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.2

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU2)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami inventori/ tes kepribadian dengan stimulus terstruktur dan objektif sebagai sarana diagnosis kepribadian. [CPL1.9, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL4.1]
  2. Memahami proses diagnosis kepribadian menggunakan tes kepribadian dengan stimulus terstruktur  serta objektif , dan memahami latar belakang penyusunannya. [CPL1.9, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL4.1]
  3. Memahami pelaksanaan tes kepribadian dengan stimulus terstruktur dan objektif yang didasarkan pada penggunaan teknologi komputer, baik yang offline maupun yang online. [CPL1.9, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL4.1]
  4. Mampu mengkomunikasikan kemampuan dan pemahaman tentang asesmen kepribadian dengan stimulus terstruktur  serta objektif , dan pemanfaatannya kepada pihak lain. [CPL1.9, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL4.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2007). Psychological testing. Collick Macmillan.
  2. Aiken, L. R. (1997). Psychological testing and assessment. Allyn and Bacon
  3. Anastasi, A. (2000). Psychological testing (6th Ed.). Collick Macmillan.
  4. Cohen, R. J. & Swerdlik, M. E. (2005). Psychological testing and assessment: An introduction to test and measurement. McGraw Hill Company.
  5. Gregory, R. J. (2015). Psychological testing: History, principles, and applications (7th ed.). Pearson.
  6. Groth-Marnat, G. (2003). Handbook of psychological assessment. Wiley & Sons, Inc.
  7. Manual dari masing masing alat ukur: EPPS, SOV, 16PF, PAPIKOSTIK, Skala Kepribadian UGM, BDI, BAI, Kuder, RMIB.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1.  

 

 

METODE PENILAIAN

Laporan Praktikum                 : 25%

Aktivitas Partisipatif               : 20%

Presentasi Paper                    : 15%

UAS                                         : 25 %

UTS                                         : 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Pengantar + Teori Kepribadian dan Asesmennya (1)

Ceramah, QnA

1, 2, 3, 4, 5, 6

 

2

Pengantar + Teori Kepribadian dan Asesmennya (2)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6

 

3

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Teori (EPPS, SOV)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual tes EPPS

4

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Teori (EPPS, SOV)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual tes EPPS

5

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Teori (EPPS, SOV)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual tes SOV

6

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Analisis Faktor (16PF, PAPIKOSTIK)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual tes 16PF

7

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Analisis Faktor (16PF, PAPIKOSTIK)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual tes Papikostik

Ujian Tengah Semester

8

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Kunci Kriteria (Skala Kepribadian UGM, BDI, BAI)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual Skala Kepribadian UGM

9

Asesmen Kepribadian Non Proyektif yang Didasarkan pada Kunci Kriteria (Skala Kepribadian UGM, BDI, BAI)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual BDI dan BAI

10

Asesmen Kepribadian Non Proyektif Nilai, Minat, Sikap, dsb (Kuder, RMIB)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual Tes Kuder

11

Asesmen Kepribadian Non Proyektif Nilai, Minat, Sikap, dsb (Kuder, RMIB)

Ceramah, QnA, Praktik

1, 2, 3, 4, 5, 6,

Manual Tes RMIB

12

Kuliah Dosen tamu

Ceramah, QnA

 

13

Asesmen Kepribadian Non Proyektif, penelitian-penelitian dan revisi-revisinya

Presentasi, QnA

Buku-buku dan jurnal terkait

14

Asesmen Kepribadian Non Proyektif, penelitian-penelitian dan revisi-revisinya

Presentasi, QnA

Buku-buku dan jurnal terkait

Ujian Akhir Semester