[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami pentingnya stimulasi sejak dini pada anak juga stimulasi perkembangan pada remaja sebagai antisipasi terjadinya permasalahan perkembangan di masa yang akan datang misalnya keterlambatan perkembangan di domain fisik, emosi, sosial maupun kognitif (neurodevelopmental).
Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai konsep stimulasi, efek pada perkembangan manusia, contoh model stimulasi baik di area perkembangan fisik, emosi, sosial dan kognitif maupun di area kesehatan/klinis, pendidikan dan sosial. Mahasiswa akan diperkenalkan proses stimulasi pada remaja mulai dari tahapan asesmen, membuat desain stimulasi dan juga mencoba mengaplikasikan di lapangan sebagai projek agar mendapatkan experiential learning.
Di samping itu, melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan kepekaan/sensitivitas terhadap kasus-kasus perkembangan remaja dan mencoba berkontribusi terhadap permasalahan yang dilihatnya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menunjukkan sikap positif berdasarkan nilai moral, menghargai perbedaan dan memiliki rasa empatik (SN5) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Keating, D. P. (2012). Nature and nurture in early child development. Cambridge Univ Press.
- Jurnal-jurnal terkait
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4417-4430.
METODE PENILAIAN
Reflective Essay Individu : 15%
UTS: Critical Essay : 25%
Field-work dan desain project (kelompok) : 20%
UAS: Final Project Conference : 40%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Silabus Mata kuliah dan Kontrak Belajar b. Pengantar Stimulasi Perkembangan Anak dan Remaja | Sinkronus: Kuliah umum, Diskusi | Keating (2012) |
2 | Perlukah Stimulasi pada Anak dan Remaja? | Asinkronus: Materi Sinkronus: Presentasi materi, Diskusi | Keating (2012) |
3 | Domain Perkembangan dan Stimulasi Anak dan Remaja | Asinkronus: Materi Sinkronus: Presentasi materi, Tanya-jawab | Keating (2012) |
4 | Stimulasi Fisik, Emosi, Kognitif (neurodevelopmental) pada Anak (kasus di area kesehatan, pendidikan, dan sosial) | Asinkronus: Materi Sinkronus: Diskusi kelompok | Keating (2012) |
5 | Stimulasi Fisik, Emosi, Kognitif (neurodevelopmental) pada Anak (kasus di area kesehatan, pendidikan, dan sosial) | Presentasi kelompok | Keating (2012) |
6 | Stimulasi Anak dan Remaja dan Budaya (Dosen Tamu) | Asinkronus: Materi Sinkronus: Presentasi materi, Tanya-jawab | Keating (2012) |
7 | Stimulasi Anak dan Remaja dan Tekonologi | Asinkronus: Materi Sinkronus: Presentasi materi, Tanya-jawab | Keating (2012) |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Asesmen permasalahan dan desain stimulasi | Asinkronus: Materi Sinkronus: Diskusi | Keating (2012) |
9 | Fieldwork dan feedback | Sinkronus: Fieldwork asesmen, Presentasi dan feedback | Keating (2012) |
10 | Fieldwork dan feedback | Sinkronus: Fieldwork asesmen, Presentasi dan feedback | Keating (2012) |
11 | Fieldwork dan feedback | Sinkronus: Fieldwork asesmen, Presentasi dan feedback | Keating (2012) |
12 | Diskusi penajaman final project | Sinkronus: Diskusi breakout room | Keating (2012) |
13 | Konferensi projek akhir | Presentasi kelompok, tanya-jawab, feedback | Keating (2012) |
14 | Konferensi projek akhir | Presentasi kelompok, tanya-jawab, feedback | Keating (2012) |
Ujian Akhir Semester |