[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Kelas ini membahas masalah emosi dan sosial pada anak-anak dan remaja. Untuk mengikuti kelas ini, siswa harus mengikuti mata kuliah Rentang Perkembangan Manusia dan Konseling. Anak-anak dan remaja secara khusus diajarkan untuk mengingat bahwa dalam rentang perkembangan manusia, anak-anak dan remaja adalah dua kelompok yang masih berkembang. Kondisi ini berbeda dengan masa dewasa yang pada dasarnya aspek-aspek dirinya telah selesai sehingga kondisinya lebih stabil. Dalam proses pengembangan yang masih berlangsung untuk pembentukan diri, terkadang anak-anak dan remaja mengalami masalah unik yang harus dipecahkan sehingga proses pengembangan selanjutnya dapat diselesaikan dengan lebih baik. Dalam kondisi ini baik anak-anak dan remaja dan orang tua di mana ketergantungan anak-anak dan remaja masih tinggi, juga perlu mendapatkan bantuan untuk mendukung perkembangan mereka.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.11 | Menunjukan sikap positif sesuai dengan nilai-nilai norma, menghargai perbedaan, dan berempati (SN11) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
CPL4.4 | Mampu berkomunikasi secara persuasif dan terapeutik (aplikasi dan keterampilan lainnya) (KK4) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu mengidentifikasi masalah perkembangan anak dan remaja dalam konteks global dan lokal, serta mampu mengaitkan dengan konsep dan teori konseling anak dan remaja.
- Mampu untuk mengkomunikasikan dan menerangkan perbedaan tipe-tipe konseling anak dan remaja serta aplikasi sesuai kasus dan konteksnya.
- Mampu untuk mengaplikasikan keterampilan dasar yang disyaratkan untuk menjalankan konseling anak dan remaja termasuk memahami konsep etik dalam menjalankan konseling anak dan remaja.
- Mampu untuk mengaplikasikan dengan tepat prosedur konseling anak dan remaja menggunakan pendekatan dan jenis konseling yang tepat.
- Mampu melakukan critical dan reflective thinking terhadap hasil penelitian mutakhir, evidence atau kasus yang didapati, juga sumber belajar lain termasuk pengalaman yang dimiliki juga memiliki metakognisi dalam menghubungkan seluruh informasi dan pengalaman terdahulu dan yang baru.
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Henderson, D.A., & Thompson, C.L.. (2016). Counseling children 9th edition. Cengage Learning
- Smith-Adcock, S., & Tucker, C. (2017). Counseling children and adolescents: Connecting theory, development, and Diversity. SAGE.
- Robson, M. (2018). The Handbook of Counselling children & young people. SAGE Publications.
- Prout, H. T., & Fedewa, A. L. (2015). Counseling and psychotherapy with children and adolescents: Theory and practice for school and clinical settings. Wiley.
- Jurnal-jurnal terkait
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Reflective essay : 15%
Presentasi tugas kelompok : 15%
UTS: Critical Essay : 30%
UAS: Final Project Conference : 40%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Silabus Mata Kuliah dan Kontrak Belajar b. Pengantar Konseling Anak dan Remaja | Sinkron: Kuliah Umum dan Diskusi | Henderson & Thompson (2016). |
2 | Permasalahan psikologi dan perkembangan anak dan remaja serta perubahan global | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi kasus | Henderson & Thompson (2016). |
3 | Tujuan, prinsip-prinsip dan tahapan konseling anak dan remaja (termasuk isu-isu etik) | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi kelompok | Henderson & Thompson (2016). |
4 | Keterampilan dasar dan pendekatan pada konseling anak dan remaja | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi | Henderson & Thompson (2016). |
5 | Asesmen sebelum konseling anak dan remaja | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi kelompok | Henderson & Thompson (2016). |
6 | Setting-setting konseling (brief counseling, family counseling, group counseling, school counseling) | Asinkron: Materi Sinkron: Reviu jurnal | Henderson & Thompson (2016). |
7 | Fieldwork ke lapangan untuk asesmen | Kuliah lapangan | Henderson & Thompson (2016). |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Pendekatan Restorative Justice | Asinkron: Materi Sinkron: Studi kasus | Henderson & Thompson (2016). |
9 | Diskusi kelompok model inovatif konseling anak dan remaja | Sinkron: Diskusi kelompok | Henderson & Thompson (2016). |
10 | Model inovatif konseling anak dan remaja (play therapy, art therapy, music therapy, puppet therapy) | Presentasi, Tanya-jawab, Feedback | Henderson & Thompson (2016). |
11 | Model inovatif konseling anak dan remaja (play therapy, art therapy, music therapy, puppet therapy) | Presentasi, Tanya-jawab, Feedback | Henderson & Thompson (2016). |
12 | Diskusi penajaman final project | Diskusi | Henderson & Thompson (2016). |
13 | Konferensi projek akhir | Presentasi, Tanya-jawab, Feedback | Henderson & Thompson (2016). |
14 | Konferensi projek akhir | Presentasi, Tanya-jawab, Feedback | Henderson & Thompson (2016). |
Ujian Akhir Semester |