[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Kelas ini membahas masalah emosi dan sosial pada anak-anak dan remaja. Untuk mengikuti kelas ini, siswa harus mengikuti mata kuliah Rentang Perkembangan Manusia dan Konseling. Anak-anak dan remaja secara khusus diajarkan untuk mengingat bahwa dalam rentang perkembangan manusia, anak-anak dan remaja adalah dua kelompok yang masih berkembang. Kondisi ini berbeda dengan masa dewasa yang pada dasarnya aspek-aspek dirinya telah selesai sehingga kondisinya lebih stabil. Dalam proses pengembangan yang masih berlangsung untuk pembentukan diri, terkadang anak-anak dan remaja mengalami masalah unik yang harus dipecahkan sehingga proses pengembangan selanjutnya dapat diselesaikan dengan lebih baik. Dalam kondisi ini baik anak-anak dan remaja dan orang tua di mana ketergantungan anak-anak dan remaja masih tinggi, juga perlu mendapatkan bantuan untuk mendukung perkembangan mereka.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.11

Menunjukan sikap positif sesuai dengan nilai-nilai norma, menghargai perbedaan, dan berempati (SN11)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

CPL4.4

Mampu berkomunikasi secara persuasif dan terapeutik (aplikasi dan keterampilan lainnya) (KK4)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu mengidentifikasi masalah perkembangan anak dan remaja dalam konteks global dan lokal, serta mampu mengaitkan dengan konsep dan teori konseling anak dan remaja.
  2. Mampu untuk mengkomunikasikan dan menerangkan perbedaan tipe-tipe konseling anak dan remaja  serta aplikasi sesuai kasus dan konteksnya.
  3. Mampu untuk mengaplikasikan keterampilan dasar yang disyaratkan untuk menjalankan konseling anak dan remaja termasuk memahami konsep etik dalam menjalankan konseling anak dan remaja.
  4. Mampu untuk mengaplikasikan dengan tepat prosedur konseling anak dan remaja menggunakan pendekatan dan jenis konseling yang tepat.
  5. Mampu melakukan critical dan reflective  thinking  terhadap hasil penelitian mutakhir, evidence atau kasus yang didapati, juga sumber belajar lain termasuk  pengalaman yang dimiliki juga memiliki metakognisi dalam menghubungkan seluruh informasi dan pengalaman terdahulu dan yang baru. 

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Henderson, D.A., & Thompson, C.L.. (2016). Counseling children 9th edition. Cengage Learning
  2. Smith-Adcock, S., & Tucker, C. (2017). Counseling children and adolescents: Connecting theory, development, and Diversity. SAGE.
  3. Robson, M. (2018). The Handbook of Counselling children & young people. SAGE Publications.
  4. Prout, H. T., & Fedewa, A. L. (2015). Counseling and psychotherapy with children and adolescents: Theory and practice for school and clinical settings. Wiley.
  5. Jurnal-jurnal terkait

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Reflective essay                          : 15%

Presentasi tugas kelompok         : 15%

UTS: Critical Essay                       : 30%

UAS: Final Project Conference    : 40%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a.      Silabus Mata Kuliah dan Kontrak Belajar

b.      Pengantar Konseling Anak dan Remaja

Sinkron: Kuliah Umum dan Diskusi

Henderson & Thompson (2016).

2

Permasalahan psikologi dan perkembangan anak dan remaja serta perubahan global

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi kasus

Henderson & Thompson (2016).

3

Tujuan, prinsip-prinsip dan tahapan konseling anak dan remaja (termasuk isu-isu etik)

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi kelompok

Henderson & Thompson (2016).

4

Keterampilan dasar dan pendekatan pada konseling anak dan remaja

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi

Henderson & Thompson (2016).

5

Asesmen sebelum konseling anak dan remaja

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi kelompok

Henderson & Thompson (2016).

6

Setting-setting konseling (brief counseling, family counseling, group counseling, school counseling)

Asinkron: Materi

Sinkron: Reviu jurnal

Henderson & Thompson (2016).

7

Fieldwork ke lapangan untuk asesmen

Kuliah lapangan

Henderson & Thompson (2016).

Ujian Tengah Semester

8

Pendekatan Restorative Justice

Asinkron: Materi

Sinkron: Studi kasus

Henderson & Thompson (2016).

9

Diskusi kelompok model inovatif konseling anak dan remaja

Sinkron: Diskusi kelompok

Henderson & Thompson (2016).

10

Model inovatif konseling anak dan remaja (play therapy, art therapy, music therapy, puppet therapy)

Presentasi, Tanya-jawab, Feedback

Henderson & Thompson (2016).

11

Model inovatif konseling anak dan remaja (play therapy, art therapy, music therapy, puppet therapy)

Presentasi, Tanya-jawab, Feedback

Henderson & Thompson (2016).

12

Diskusi penajaman final project

Diskusi

Henderson & Thompson (2016).

13

Konferensi projek akhir

Presentasi, Tanya-jawab, Feedback

Henderson & Thompson (2016).

14

Konferensi projek akhir

Presentasi, Tanya-jawab, Feedback

Henderson & Thompson (2016).

Ujian Akhir Semester