[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah Pelatihan dan Pengembangan SDM membahas tentang proses pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di organisasi. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman konseptual tentang arti dan fungsi pelatihan dan pengembangan dalam mengelola SDM di organisasi. Dengan melakukan analisis dan latihan, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang isi mata kuliah ini.
Proses pembelajaran dilakukan melalui ceramah, diskusi kelas, pembuatan modul pelatihan, menonton video, dan role playing dalam satu sesi pelatihan. Misalnya, untuk role play, siswa diminta untuk mempresentasikan di depan kelas salah satu sesi dalam modul pelatihan mereka. Dosen akan memberikan umpan balik, dan mahasiswa lain akan merespon. Misalnya untuk kegiatan pembuatan modul, mahasiswa akan dibimbing dalam mempersiapkan modul pelatihan mulai dari TNA hingga evaluasi pelatihan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengungkapkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membuat modul pelatihan dan mengalami secara langsung proses kegiatan pelatihan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6) |
CPL1.12 | Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development). (SN12) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL2.3 | Literasi teknologi informasi dan teknologi data (keterampilan lain yang mendukung). (PP3) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah). (KU3) |
CPL4.4 | Mampu berkomunikasi secara persuasif dan terapeutik (aplikasi dan keterampilan lain). (KK4) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan fungsi pelatihan dan pengembangan di lingkungan organisasi [CPL2.1, CPL3.1]
- Memilih teori pelatihan dan pengembangan yang relevan dengan konteks situasi yang dihadapi [CPL1.12, CPL3.3]
- Menjelaskan analisis kebutuhan pelatihan, proses pelatihan, dan evaluasi pelatihan
- Menghasilkan rancangan modul pelatihan bersama tim [CPL1.6, CPL2.3, CPL3.3]
- Mengimplementasikan rancangan program pelatihan bersama tim (dalam bentuk simulasi) [CPL1.6, CPL4.4]
- Mengimplementasikan rancangan program pelatihan bersama tim (dalam bentuk simulasi) [CPL2.1, CPL4.4]
- Membandingkan beberapa cara efektif dalam mengelola sumber daya manusia di organisasi sesuai dengan konteks masa kini [CPL1.12, CPL2.3, CPL3.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Noe, R.A. (2010). Employee training & development. McGraw –Hill.
- Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating training programs: The four levels. Berrett-Koehler Publisher.
- Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2007). Implementing the four levels: The four levels. Berrett-Koehler Publisher.
- Beebe, S.A., Motter, T. P., Roah, K.D. (2004). Training & Development. Pearson Education, Inc.
- Kozlowski, S. W. J., & Salas, E. (Ed.). (2010). Learning, training, and development in organizations. Routledge.
- Mervelede, P. (2014). Talent management: A focus on excellence. Bookboon.
- Smith, M. C. (Ed.). (2009). Handbook of research on adult learning and development. Routledge.
- Yarnall, J. (2008). Strategic career management. Elsevier.
- Materi lain yang relevan.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Indrayanti. (2016). Pengelolaan sumber daya manusia penunjang well-being karyawan. Psikologi Tangguh dan Bahagia (123-142)
- Indrayanti, I., & Ulfia, N. (2022). Authentic leadership and innovative work behavior through organizational culture: A study in Indonesian state-owned enterprises. F1000Research, 11(1243), 1243.
METODE PENILAIAN
UTS : 20%
UAS : 30%
Video : 20%
Modul : 20%
Presentasi : 10%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Pengantar Pelatihan dan Pengembangan SDM | Kontrak belajar, Ceramah, QnA, Penugasan | Noe (2010): Ch.1 |
2 | Pembelajaran Orang Dewasa | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 2, Beebe et al. (2004): Ch. 2 Kozlowski & Salas (2010): Ch. 5 & 8 Smith (2009): Ch. 1, 16 |
3 | Analisis Kebutuhan Pelatihan | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 3 |
4 | Teori dan Desain Program Pelatihan | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 4 |
5 | Metode Pelatihan Tradisional dan e-Learning | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 7 & 8 Beebe et al. (2004): Ch. 7 Kozlowski & Salas (2010): Ch. 7 |
6 | Evaluasi Pelatihan dan Transfer Pelatihan | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 5 & 6 Kirkpatrick & Kirkpatrick (2007) Kirkpatrick & Kirkpatrick (2006) |
7 | Eksplorasi Team Based Project | Simulasi, Experiential learning, Feedback |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Reviu dan Umpan Balik Team Based Project Batch 1 | Reviu, Feedback |
|
9 | Reviu dan Umpan Balik Team Based Project Batch 2 | Reviu, Feedback |
|
10 | Pengembangan Karir | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 9 Kozlowski & Salas (2010): Ch. 9, 10 |
11 | Pengelolaan Karir | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 11 Smith (2009): Ch. 14 Yarnall (2008) |
12 | Manajemen Talenta | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan | Noe (2010): Ch. 12 Mervelede (2014): Ch. 3, 5, 6, 7 |
13 | Isu-isu dalam Pelatihan dan Pengembangan | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan |
|
14 | Pelatihan dan Pengembangan di Masa Datang | Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan |
|
Ujian Akhir Semester |