[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah Pelatihan dan Pengembangan SDM membahas tentang proses pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di organisasi. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman konseptual tentang arti dan fungsi pelatihan dan pengembangan dalam mengelola SDM di organisasi. Dengan melakukan analisis dan latihan, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang isi mata kuliah ini.

Proses pembelajaran dilakukan melalui ceramah, diskusi kelas, pembuatan modul pelatihan, menonton video, dan role playing dalam satu sesi pelatihan. Misalnya, untuk role play, siswa diminta untuk mempresentasikan di depan kelas salah satu sesi dalam modul pelatihan mereka. Dosen akan memberikan umpan balik, dan mahasiswa lain akan merespon. Misalnya untuk kegiatan pembuatan modul, mahasiswa akan dibimbing dalam mempersiapkan modul pelatihan mulai dari TNA hingga evaluasi pelatihan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengungkapkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membuat modul pelatihan dan mengalami secara langsung proses kegiatan pelatihan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6)

CPL1.12

Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development). (SN12)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1)

CPL2.3

Literasi teknologi informasi dan teknologi data (keterampilan lain yang mendukung). (PP3)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1)

CPL3.3

Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah). (KU3)

CPL4.4

Mampu berkomunikasi secara persuasif dan terapeutik (aplikasi dan keterampilan lain). (KK4)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan fungsi pelatihan dan pengembangan di lingkungan organisasi  [CPL2.1, CPL3.1]
  2. Memilih teori pelatihan dan pengembangan yang relevan dengan konteks situasi  yang dihadapi [CPL1.12, CPL3.3]
  3. Menjelaskan analisis kebutuhan pelatihan, proses pelatihan, dan evaluasi  pelatihan
  4. Menghasilkan rancangan modul pelatihan bersama tim [CPL1.6, CPL2.3, CPL3.3]
  5. Mengimplementasikan rancangan program pelatihan bersama tim (dalam  bentuk simulasi) [CPL1.6, CPL4.4]
  6. Mengimplementasikan rancangan program pelatihan bersama tim (dalam bentuk simulasi) [CPL2.1, CPL4.4]
  7. Membandingkan beberapa cara efektif dalam mengelola sumber daya manusia  di organisasi sesuai dengan konteks masa kini [CPL1.12, CPL2.3, CPL3.3]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Noe, R.A. (2010). Employee training & development. McGraw –Hill.
  2. Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating training programs: The four levels. Berrett-Koehler Publisher.
  3. Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2007). Implementing the four levels: The four levels. Berrett-Koehler Publisher.
  4. Beebe, S.A., Motter, T. P., Roah, K.D. (2004). Training & Development. Pearson Education, Inc.
  5. Kozlowski, S. W. J., & Salas, E. (Ed.). (2010). Learning, training, and development in organizations. Routledge.
  6. Mervelede, P. (2014). Talent management: A focus on excellence. Bookboon.
  7. Smith, M. C. (Ed.). (2009). Handbook of research on adult learning and development. Routledge.
  8. Yarnall, J. (2008). Strategic career management. Elsevier.
  9. Materi lain yang relevan.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Indrayanti. (2016). Pengelolaan sumber daya manusia penunjang well-being karyawan. Psikologi Tangguh dan Bahagia (123-142)
  2. Indrayanti, I., & Ulfia, N. (2022). Authentic leadership and innovative work behavior through organizational culture: A study in Indonesian state-owned enterprises. F1000Research, 11(1243), 1243.

 

METODE PENILAIAN

UTS             : 20%

UAS             : 30%

Video          : 20%

Modul         : 20%

Presentasi  : 10%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Pengantar Pelatihan dan Pengembangan SDM

Kontrak belajar, Ceramah, QnA, Penugasan

Noe (2010): Ch.1

2

Pembelajaran Orang Dewasa

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 2,

Beebe et al. (2004): Ch. 2

Kozlowski & Salas (2010): Ch. 5 & 8

Smith (2009): Ch. 1, 16

3

Analisis Kebutuhan Pelatihan

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 3

4

Teori dan Desain Program Pelatihan

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 4

5

Metode Pelatihan Tradisional dan e-Learning

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 7 & 8

Beebe et al. (2004): Ch. 7 Kozlowski & Salas (2010): Ch. 7

6

Evaluasi Pelatihan dan Transfer Pelatihan

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 5 & 6

Kirkpatrick & Kirkpatrick (2007)

Kirkpatrick & Kirkpatrick (2006)

7

Eksplorasi Team Based Project

Simulasi, Experiential learning, Feedback

 

Ujian Tengah Semester

8

Reviu dan Umpan Balik Team Based Project Batch 1

Reviu, Feedback

 

9

Reviu dan Umpan Balik Team Based Project Batch 2

Reviu, Feedback

 

10

Pengembangan Karir

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 9

Kozlowski & Salas (2010): Ch. 9, 10

11

Pengelolaan Karir

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 11

Smith (2009): Ch. 14

Yarnall (2008)

12

Manajemen Talenta

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

Noe (2010): Ch. 12

Mervelede (2014): Ch. 3, 5, 6, 7

13

Isu-isu dalam Pelatihan dan Pengembangan

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

 

14

Pelatihan dan Pengembangan di Masa Datang

Presentasi, Quiz, Ceramah, Penugasan

 

Ujian Akhir Semester