[WPSM_AC id=16242]

(4 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Intervensi Psikologi adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana psikologi dengan bobot 4 SKS. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami dasar-dasar intervensi psikologi, baik individu, kelompok, masyarakat/komunitas, maupun sistem/organisasi, menguasai konsep-konsep utama dan perspektif teoritis dalam intervensi psikologi, dan mampu mengenali permasalahan individu dan masyarakat, serta mengenali alternatif intervensi psikologi yang dapat dilakukan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (SN9)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif psikologi (konsep dan teori). (PP1)

CPL 3.3

Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif psikologi (pemecahan masalah). (KU3)

CPL4.3

Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental). (KK3)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami dasar-dasar intervensi psikologi, baik individu, kelompok, masyarakat/komunitas, maupun sistem/organisasi. [CPL1.9]
  2. Mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep-konsep utama dan perspektif teoretis dalam intervensi psikologi. [CPL2.1]
  3. Mampu membedakan kelebihan kekurangan pendekatan-pendekatan dalam Intervensi Psikologi. [CPL2.1, CPL3.3]
  4. Mampu melakukan analisis pendekatan yang tepat untuk suatu permasalahan. [CPL3.3, CPL4.3]
  5. Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap penelitian-penelitian mutakhir berkaitan dengan implementasi pendekatan-pendekatan psikologi dalam memecahkan permasalahan. [CPL1.9, CPL4.3]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Culley, S. 1992. Integrative counseling skills in action. London : SAGE Publications
  2. Cummings & Worley .2009. Organizational Development and Change
  3. Gladding, S.T. 2000. Counseling. A  comprehensive profession. Fourth edition. Ohio : Merril.
  4. Lines, D. 2006. Brief counselling in schools. Working with young people from 11 to 18. Second edition. London : SAGE Publications.
  5. Shapiro, J.P., Friedberg,R.D., Bardenstein, K.K.2006. Child and Adolescent Therapy. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc
  6. Tan, E. 2004. Counselling in schools. Theories, processes and techniques. Singapore : McGraw-Hill. Inc

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Aktivitas Partisipatif    : 25%

Hasil Project                : 50%

UTS                              : 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Overview Mata Kuliah

Pengantar Intervensi Psikologi (umum)

Luring & Hybrid:

Ceramah

Diskusi

Presentasi

 

 

2

Intervensi Psikologi Klinis

 

3

Intervensi Psikologi Sosial

 

4

Intervensi Psikologi Industri Organisasi

 

5

Intervensi Psikologi Pendidikan

 

6

Intervensi Psikologi Perkembangan

 

7

Penelitian dalam bidang Intervensi Psikologi

 

Ujian Tengah Semester

8

Studi Kasus:

Intervensi psikologi dalam pendekatan Klinis

Intervensi psikologi dalam pendekatan Sosial

Intervensi psikologi dalam pendekatan Industri Organisasi

Intervensi psikologi dalam pendekatan Perkembangan

Luring & Hybrid:

Ceramah

Diskusi

Presentasi

 

9

Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang PIO

 

10

Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Klinis

 

11

Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Perkembangan/Sosial

 

12

Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Perkembangan/Sosial

 

 

13

Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Pendidikan

 

14

Dosen tamu: Presentasi class project (identifikasi permasalahan dan intervensi psikologi)

 

Ujian Akhir Semester