[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Intervensi Psikologi adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana psikologi dengan bobot 4 SKS. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami dasar-dasar intervensi psikologi, baik individu, kelompok, masyarakat/komunitas, maupun sistem/organisasi, menguasai konsep-konsep utama dan perspektif teoritis dalam intervensi psikologi, dan mampu mengenali permasalahan individu dan masyarakat, serta mengenali alternatif intervensi psikologi yang dapat dilakukan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (SN9) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL 3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif psikologi (pemecahan masalah). (KU3) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental). (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami dasar-dasar intervensi psikologi, baik individu, kelompok, masyarakat/komunitas, maupun sistem/organisasi. [CPL1.9]
- Mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep-konsep utama dan perspektif teoretis dalam intervensi psikologi. [CPL2.1]
- Mampu membedakan kelebihan kekurangan pendekatan-pendekatan dalam Intervensi Psikologi. [CPL2.1, CPL3.3]
- Mampu melakukan analisis pendekatan yang tepat untuk suatu permasalahan. [CPL3.3, CPL4.3]
- Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap penelitian-penelitian mutakhir berkaitan dengan implementasi pendekatan-pendekatan psikologi dalam memecahkan permasalahan. [CPL1.9, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Culley, S. 1992. Integrative counseling skills in action. London : SAGE Publications
- Cummings & Worley .2009. Organizational Development and Change
- Gladding, S.T. 2000. Counseling. A comprehensive profession. Fourth edition. Ohio : Merril.
- Lines, D. 2006. Brief counselling in schools. Working with young people from 11 to 18. Second edition. London : SAGE Publications.
- Shapiro, J.P., Friedberg,R.D., Bardenstein, K.K.2006. Child and Adolescent Therapy. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc
- Tan, E. 2004. Counselling in schools. Theories, processes and techniques. Singapore : McGraw-Hill. Inc
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Aktivitas Partisipatif : 25%
Hasil Project : 50%
UTS : 25%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Overview Mata Kuliah Pengantar Intervensi Psikologi (umum) | Luring & Hybrid: Ceramah Diskusi Presentasi
|
|
2 | Intervensi Psikologi Klinis |
| |
3 | Intervensi Psikologi Sosial |
| |
4 | Intervensi Psikologi Industri Organisasi |
| |
5 | Intervensi Psikologi Pendidikan |
| |
6 | Intervensi Psikologi Perkembangan |
| |
7 | Penelitian dalam bidang Intervensi Psikologi |
| |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Studi Kasus: Intervensi psikologi dalam pendekatan Klinis Intervensi psikologi dalam pendekatan Sosial Intervensi psikologi dalam pendekatan Industri Organisasi Intervensi psikologi dalam pendekatan Perkembangan | Luring & Hybrid: Ceramah Diskusi Presentasi |
|
9 | Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang PIO |
| |
10 | Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Klinis |
| |
11 | Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Perkembangan/Sosial |
| |
12 | Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Perkembangan/Sosial
|
| |
13 | Dosen tamu: Intervensi psikologi dalam bidang Pendidikan |
| |
14 | Dosen tamu: Presentasi class project (identifikasi permasalahan dan intervensi psikologi) |
| |
Ujian Akhir Semester |