[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi UGM dan dapat diikuti oleh mahasiswa Fakultas/Program Studi S1 yang lain di UGM, sebagai MK Lintas Disiplin. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian tentang psikologi kesehatan, munculnya Psikologi Kesehatan dan peran psikologi dalam kesehatan, perspektif yang digunakan dalam memandang ‘sakit’ dan ‘sehat’, stres dan pengaruhnya terhadap kesehatan, prevensi dan promosi kesehatan; beberapa noncommunicable diseases dan penyakit akibat gaya hidup.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL4.2 | Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul). (KK2) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu memahami dasar perilaku sehat. [CPL2.1]
- Mampu memahami dinamika kesehatan: sehat dan sakit. [CPL2.1, CPL4.2]
- Mampu memahami peran psikologi dalam kesehatan. [CPL1.6, CPL2.1, CPL4.2]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
Sarafino, E.P. & Smith, T.W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interaction. MA: John Wiley & Sons. Inc.
Tambahan:
- Taylor, S.E. (2015). Health psychology. NY: McGraw Hill. International Edition.
- Gullotta, T.P. & Bloom, M. (Editors). (2014). Encyclopedia of Primary Prevention and Health. NY: Springer
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Project Makalah : 25%
Project Poster : 25%
Tugas Kelompok : 10%
Tugas Individu : 10%
UTS : 10%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Kontrak belajar & pengantar | Sinkronus (ceramah) | Sarafino & Smith (2014) |
2 | Perspektif dalam Psikologi Kesehatan | Asinkronus (membaca materi) & Sinkronus (diskusi) | |
3 | Stres dan Kesehatan (I): Dinamika munculnya penyakit | Sinkronus (tugas dan diskusi) | |
4 | Stres dan Kesehatan (II): Manajemen stress | Asinkronus (membaca materi dan kuis) | |
5 | Pencegahan penyakit | Asinkronus (membaca materi) & Sinkronus (diskusi) | |
6 | Penyesuaian terhadap penyakit kronik: Pasien dan keluarganya | Asinkronus (membaca materi) & Sinkronus (diskusi) | |
7 | Gaya hidup sehat: Gizi pada masa remaja | Sinkronus (Dosen tamu) | |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | NCD: Hipertensi | Asinkronus (membaca materi) & Sinkronus (Presentasi mahasiswa & diskusi) | Sarafino & Smith (2014) |
9 | Kanker | ||
10 | Gaya hidup sehat | ||
11 | Penyakit jantung | ||
12 | Penyakit Alzheimer | ||
13 | Penyakit Diabetes | ||
14 | Penyakit HIV/AIDS | ||
Ujian Akhir Semester |