[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini dilakukan secara online, dengan materi kuliah interaksi antara manusia dengan internet dalam kehidupan manusia. Hal ini mengeksplorasi fenomena psikologis dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat (contoh: FoMo, technology-mediated communication, the curated self of social media, cyberbullying, dll). Mata kuliah ini juga mempelajari berbagai penelitian terkini terkait teknologi, social media, video game dan internet,yang akan diulas untuk mengeksplorasi keterhubungannya dengan berbagai topik dalam ranah psikologi. Oleh karena itu, pembelajaran mata kuliah ini adalah membuka kolaborasi antar bidang dalam Psikologi (sosial, klinis, perkembangan, pendidikan, dsb),  yang berinteraksi dengan perkembangan teknologi digital melalui proses berpikir kritis (critical thinking).

Pada mata kuliah ini, mahasiswa juga diharapkan mampu mengaitkan  teori-teori psikologi dalam sebuah proyek keperilakuan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini akan mengajak mahasiswa untuk dapat melakukan analisis keperilakuan secara kritis berdasarkan data-data kuantitatif maupun kualitatif yang diperoleh melalui ruang siber. Oleh karena itu cara berpikir sistemik sangat ditekankan. Selanjutnya dalam proses pembelajaran akan mengoptimalkan implementasi teknologi tersebut kemudian mempunyai gagasan/ide proyek yang dituangkan dalam bentuk wiki, makalah, dan video.

Pendekatan team-based project bertujuan untuk memberikan ruang pada mahasiswa berkolaborasi dengan baik. Selain itu mahasiswa diharapkan akan meningkat self-regulated learning.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai). (PP2)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1)

CPL3.5

Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain). (KU5)

CPL4.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan ( menguasai konsep dan secara bertanggung jawab). (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi setiap masalah psikologis di dunia maya menggunakan teori psikologi dan Computer-Mediated Communication (CMC) [CPL1.6, CPL2.1]
  2. Menganalisis perilaku manusia di dunia maya menggunakan teori psikologi dan CMC [CPL1.6, CPL2.1, CPL2.2]
  3. Menunjukkan hubungan antara berbagai fenomena psikologis yang terkait dengan perkembangan teknologi digital (media sosial yang dikurasi sendiri, komunikasi yang dimediasi teknologi, FoMo, dll.) [CPL1.6, CPL2.1, CPL3.1, CPL4.5]
  4. Membentuk gagasan melalui cara berpikir kritis dan berpikir sistemik untuk memecahkan setiap masalah psikologis dengan menggunakan metodologi Psikologi Internet [CPL1.6, CPL2.1, CPL2.2, CPL3.1, CPL4.5]
  5. Menampilkan sikap peduli terhadap isu-isu sosial yang terkena dampak perkembangan teknologi digital [CPL2.2, CPL3.1, CPL3.5, CPL4.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Connolly, I., Palmer, M., Barton, H., & Kirwan, G. (Eds.). (2016). An introduction to cyberpsychology.Routledge (buku 1)
  2. Helmi, AF., Rembulan, C.L., Priwati. (eds) 2021.Riset-riset Cyberpsychology. Yogyakarta: Penerbit Zahir
  3. Wallace, P. 2016. The Psychology of the Internet. Cambridge: Cambridge University Press (buku 2). 
  4. Wallace, P. 2016. The Psychology of the Internet. Cambridge: Cambridge University Press.  (buku 2)

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Presentasi tugas kelompok

: 15%

Project tugas mini riset (ppt kelompok)

: 20%

Self regulated learning dalam bentuk Makalah individual

: 15%

Monitoring projek content creator

: 10%

Case analysis: Analisis engagement pada konten sosial media

: 10%

Hasil laporan analisis projek content creator

: 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Kontrak belajar dan pengantar:

Internet dalam sejarah

 

Internet sebagai konteks psikologis

Luring Sinkronus: Ceramah kelas besar + Diskusi (Pembentukan kelompok dan penjelasan tugas)

 

2

Metodologi penelitian dalam psikologi Internet

 

Luring Sinkronus: Ceramah kelas besar + Diskusi + team based project monitoring

 

3

Intrapersonal: Online self presentation

 

4

Interpersonal: Online dating

 

5

Interpersonal: Agresi online

 

6

Interpersonal: Privasi online

 

7

Interpersonal: Perilaku prososial di ruang siber

Daring Asinkron: Self regulated learning

 

Ujian Tengah Semester: Artikel individual sesuai topik riset

8

Social media engagement behavior

 

 

Luring Sinkronus: Ceramah + Diskusi

 

9

Social media engagement behavior (2)

 

10

Orang Tua dan internet: konsep parental mediation

Daring Asinkron + Aktivitas Mandiri

 

11

Psikologi Abnormal dan Terapi Cyber: Problematic Internet Use, Internet Addiction, dan iCBT

Luring Sinkronus: Ceramah + Diskusi

 

12

Psikologi Abnormal dan Terapi Cyber: Problematic Internet Use, Internet Addiction, dan iCBT (2)

Daring Asinkron

 

13

Riset-riset dalam psikologi internet

Luring Sinkronus: Ceramah + Diskusi

 

Ujian Akhir Semester: Artikel individual sesuai topik riset