[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Dalam Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini, mahasiswa dibekali pemahaman meluas tentang perilaku konsumen. Mahasiswa diajak memahami konsep konsumen, berbagai kebutuhan dan keinginan konsumen, proses pembuatan keputusan konsumen dan faktor-faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen. Selanjutnya, mahasiswa akan diperkenalkan pada strategi persuasi atau strategi marketing yang tepat untuk berbagai jenis konsumen. Mata kuliah ini bersifat: 1) Deskriptif – memberikan pemahaman teoritis terkait topik-topik yang disajikan, dan 2) Aplikasi – memberikan pengalaman praktis dalam merancang dan mengimplementasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan jenis perilaku konsumen.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (SN10)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai). (PP2)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1)

CPL3.3

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU3)

CPL1.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab). (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan definisi, objektif dan cakupan ilmu perilaku konsumen serta  keterkaitannya dengan ilmu dan bidang Marketing. [CPL2.1]
  2. Mampu menafsirkan peran dimensi personal, sosio-kultutal dan lingkungan dalam  perilaku konsumen. [CPL2.1, CPL3.1]
  3. Mampu menguraikan proses berpikir (though-process) konsumen, dari proses  mempertimbangkan berbagai alternatif produk atau jasa, keputusan pembelian,  hingga evaluasi pasca pembelian (post-purchase evluation). [CPL2.1]
  4. Dapat mengevaluasi dan mendesain strategi marketing yang tepat berdasarkan  analisis perilaku konsumen, baik untuk kepentingan perusahaan atau  kewirausahaan. [CPL1.10, CPL3.1, CPL3.3]
  5. Dapat menyampaikan dan menjual sebuah ide secara persuasif menggunakan  berbagai evidence-based persuasion. [CPL1.10, CPL3.1, CPL3.3, CPL3.4]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

Schiffman, L.G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. 12th Edition. Boston: Pearson.

Tambahan:

Norton, M., Rucker, D., & Lamberton, C. (Eds.). (2015). The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (Cambridge Handbooks in Psychology). Cambridge: Cambridge University Press.

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Video Youtube : Introduction to Consumer Behavior https://youtu.be/3y03kkctplo Zafira Rahmania
  2. Video Youtube : Segmentation, targeting, and positioning https://youtu.be/xrfYF2ixqfQ
  3. Video Pembelajaran Youtube : Consumer Perception https://youtu.be/KUXD66yTPk0

 

METODE PENILAIAN

Aktivitas Partisipatif

: 20%

Hasil Project

: 35%

UTS

: 20%

UAS

: 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Pengantar: Topik Mingguan, Rules of the Game, Sistem Kuliah, Penugasan

Pengantar dan diskusi (sinkronus via Zoom)

 

2

Consumers, Marketers, Technology

Rekaman materi asinkron (di upload di YT)

 

3

Segmentation, Targeting, and Positioning

 

4

Consumer Motivation and Personality

 

5

Consumer Motivation and Personality

 

6

From Print & Broadcast Advertising to Social and Mobile Media

 

7

From Print & Broadcast Advertising to Social and Mobile Media

 

Ujian Tengah Semester

8

Consumer Perception

Rekaman materi asinkron (di-upload di Youtube)

 

9

Consumer Perception

 

10

Consumer Learning

 

11

Consumer Attitude Formation and Change

 

12

Persuading Consumers

Rekaman materi asinkron (di upload di YT)

 

13

Persuading Consumers

Guest lecture – 2 consumer insight specialist

 

14

Persuading Consumers

Presentasi proyek

 

Ujian Akhir Semester