[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang proses penuaan yang terjadi pada tahap dewasa akhir. Proses tersebut akan dilihat pada berbagai domain perkembangan, yaitu fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Selain mengeksplorasi teori dan penelitian-penelitian terkait lansia, pada mata kuliah ini mahasiswa juga akan diajak untuk memahami isu atau masalah yang dialami lansia (kesehatan mental, fisik, dan/atau kognitif). Mahasiswa secara berkelompok akan diminta untuk menganalisis kondisi lansia di lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil analisis tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk media psikoedukasi (seperti booklet atau video) yang dapat diakses masyarakat luas. Integrasi antara teori, reviu penelitian, dan contoh kasus diharapkan membantu pemahaman tentang lansia dan bagaimana cara untuk mencapai successful aging.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL3.4 | Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab). (KU4) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran psikologis. (KK1) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- menjelaskan konsep perkembangan lansia dan pentingnya successful aging. [CPL2.1]
- menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi successful aging/ [CPL2.1]
- mengevaluasi kondisi lansia di Indonesia (termasuk problema yang banyak dialami) dan memberikan saran untuk pencapaian successful aging. [CPL2.1, CPL4.1]
- menjelaskan berbagai metode penelitian perkembangan dan kode etiknya dengan partisipan lansia. [CPL4.1]
- menerapkan teknik observasi dan wawancara pada lansia dengan menjunjung kode etik psikologi. [CPL3.4]
- menuangkan hasil pemikirannya tentang permasalahan/kondisi lansia dan langkah promotif/preventif dalam bentuk media psikoedukasi. [CPL1.6, CPL3.4, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Bjorklund, B. (2014). The journey of adulthood 8th ed. Pearson.
- Cavanaugh, J. C., & Blanchard-Fields, F. (2015). Adult development and aging 7th ed. Cengage Learning.
- Jurnal terkait.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Aktivitas kelas : 15%
Presentasi dan diskusi : 25%
Pembuatan media psikoedukasi : 30%
Ujian tengah semester : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumbe Bacaan |
1 | Pembukaan: (1) Orientasi dan kontrak (2) Arti penting mempelajari perkembangan lansia (3) Karakteristik dan prinsip life-span development (dalam konteks lansia) | Ceramah, Diskusi kelas | Ref 1 & 2 |
2 | Aspek biologis dan fisik pada perkembangan lansia | Ceramah, Diskusi kelas | Ref 1 & 2 |
3 | Aspek kognitif pada perkembangan lansia | Ceramah, Diskusi kelas | Ref 1 & 2 |
4 | Aspek sosio emosional pada perkembangan lansia | Ceramah, Diskusi kelas | Ref 1 & 2 |
5 | Permasalahan pada lansia dan pencapaian successful aging | Ceramah, Diskusi kelas | Ref 1 & 2 |
6 | (1) Penelitian dengan partisipan lansia (2) Diskusi rancangan project | Ceramah, Diskusi kelompok | Jurnal terkait |
7 | Dosen tamu | Ceramah, Diskusi kelas |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Diskusi hasil wawancara dan rancangan konten project | Diskusi kelas, Diskusi kelompok |
|
9 | Presentasi rancangan project | Presentasi |
|
10 | Finalisasi project | Diskusi kelompok |
|
11 | Presentasi hasil project | Presentasi |
|
12 | Presentasi hasil project | Presentasi |
|
13 | Presentasi hasil project | Presentasi, Pembelajaran luring |
|
14 | Wrap-up dan refleksi | Presentasi, Diskusi kelas, Pembelajaran luring |
|
Ujian Akhir Semester |