[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Psikologi Pendidikan Prasekolah bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada pendidikan anak usia prasekolah, terutama pada aspek psikologisnya. Mahasiswa diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip pendidikan prasekolah, merancang desain pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi, dan menggunakan pengetahuannya untuk mengevaluasi pendidikan prasekolah yang dipraktikkan di masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, perkuliahan akan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, kuliah tamu dari praktisi, serta aktivitas observasi dan wawancara di lapangan dengan menyesuaikan situasi maupun kondisi yang ada.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) {PP1) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- memahami sejarah dan prinsip-prinsip pendidikan pra-sekolah serta penerapannya. [CPL2.1]
- menjelaskan berbagai metode stimulasi dalam lembaga pendidikan anak pra sekolah. [CPL2.1]
- mengevaluasi pendekatan pendidikan pra-sekolah yang dipraktikkan di masyarakat. [CPL4.1]
- merancang desain pembelajaran pra-sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi. [CPL4.3)
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Essa, E. L. (2014). Introduction to Early Childhood Education Sixth Edition (Annotated Student’s Edition). Cengage Learning.
- Berris, R. & Miller, E. (2011). How design of the physical environment impacts early learning: Educators and parents perspectives. Australian Journal of Early Childhood, 36(4).
- Doctoroff, S. (2001). Early childhood special education: Adapting the physical environment to meet the needs of all young children for play. Early Childhood Education Journal, 29(2).
- Matthews, E. & Lippman, P.C. (2020). The design and evaluation of the physical environment of young children’s learning settings. Early Childhood Education Journal, 48, 171-180. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00993-x
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Hasil Project/Studi Kasus/PBL : 30%
Partisipasi Aktif : 20%
Tugas : 10%
UTS : 20%
UAS : 20%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Overview Matakuliah; b. Pengantar The What of ECE (Ch. 1) | Sinkron via Zoom | Essa (2014) |
2 | The Who of ECE (Ch. 2-4) | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi via Google Classroom | youtu.be/Wj0cqhEp7t4 youtu.be/6cbev7x9-XE |
3 | Peran Psikologi dalam Dunia Pendidikan Pra-Sekolah | Kuliah dosen tamu | Materi dari dosen tamu |
4 | Isu Kontemporer Pendidikan Pra Sekolah di Indonesia | Asinkron: Diskusi kelompok Sinkron: Diskusi kelas |
|
5 | The Why of ECE (Ch. 5 -6) a. Tokoh-tokoh dalam Pendidikan Prasekolah b. Budaya dan kearifan lokal dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini. | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi | youtu.be/lieFOzjLHM8 youtu.be/sZ1qxVOTs-8 youtu.be/FcdwjOZk58Q youtu.be/cL7JL8Vr5cI youtu.be/O9Zo_ch2so4 youtu.be/uEC43OIs0l4 |
6 | The Where of ECE (Ch. 7) a. Peran lingkungan fisik terhadap perkembangan anak b. Proses pendidikan yang terjadi di pendidikan pra-sekolah | Asinkron: Materi, Diskusi kelompok Sinkron: Diskusi kelas | youtu.be/Hc_I4tChEQ4 youtu.be/Y3H3BxvDkCM youtu.be/_wQhYuoFheY
Berris & Miller (2001) Doctoroff (2001) Matthews & Lippman (2020) |
7 | The How of ECE– Scheduling & Curriculum Planning (Ch. 8) | Asinkron: Materi Sinkron: Materi, Diskusi kelompok, Wrap up | youtu.be/h56KTb4FbB8 Essa (2014) |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | The How of ECE – Curriculum (Perkembangan kreativitas, fisik, dan kognitif) (Ch. 9-11) | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi kelas |
|
9 | The How of ECE – Curriculum (Perkembangan Bahasa dan Sosial) (Ch. 12-13) | Asinkron: Materi Sinkron: Diskusi kelas |
|
10 | The How of ECE – Guidance (Ch. 14-16) | Asinkron: Materi & Tanya-jawab | Essa (2014) |
11 | Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi | Presentasi dan diskusi hasil OW |
|
12 | Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi | Presentasi dan diskusi hasil OW |
|
13 | Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi | Presentasi dan diskusi hasil OW |
|
Ujian Akhir Semester |