[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Psikologi Pendidikan Prasekolah bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada pendidikan anak usia prasekolah, terutama pada aspek psikologisnya. Mahasiswa diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip pendidikan prasekolah, merancang desain pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi, dan menggunakan pengetahuannya untuk mengevaluasi pendidikan prasekolah yang dipraktikkan di masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, perkuliahan akan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, kuliah tamu dari praktisi, serta aktivitas observasi dan wawancara di lapangan dengan menyesuaikan situasi maupun kondisi yang ada.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) {PP1)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

CPL4.3

Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (KK3)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. memahami sejarah dan prinsip-prinsip pendidikan pra-sekolah serta  penerapannya. [CPL2.1]
  2. menjelaskan berbagai metode stimulasi dalam lembaga pendidikan anak pra sekolah. [CPL2.1]
  3. mengevaluasi pendekatan pendidikan pra-sekolah yang dipraktikkan di  masyarakat. [CPL4.1]
  4. merancang desain pembelajaran pra-sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip  psikologi. [CPL4.3)

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Essa, E. L. (2014). Introduction to Early Childhood Education Sixth Edition (Annotated Student’s Edition). Cengage Learning.
  2. Berris, R. & Miller, E. (2011). How design of the physical environment impacts early learning: Educators and parents perspectives. Australian Journal of Early Childhood, 36(4).
  3. Doctoroff, S. (2001). Early childhood special education: Adapting the physical environment to meet the needs of all young children for play. Early Childhood Education Journal, 29(2).
  4. Matthews, E. & Lippman, P.C. (2020). The design and evaluation of the physical environment of young children’s learning settings. Early Childhood Education Journal, 48, 171-180. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00993-x

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Hasil Project/Studi Kasus/PBL              : 30%

Partisipasi Aktif                                     : 20%

Tugas                                                    : 10%

UTS                                                       : 20%

UAS                                                       : 20%

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a.      Overview Matakuliah;

b.      Pengantar The What of ECE (Ch. 1)

Sinkron via Zoom

Essa (2014)

2

The Who of ECE (Ch. 2-4)

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi via Google Classroom

youtu.be/Wj0cqhEp7t4

youtu.be/6cbev7x9-XE

3

Peran Psikologi dalam Dunia Pendidikan Pra-Sekolah

Kuliah dosen tamu

Materi dari dosen tamu

4

Isu Kontemporer Pendidikan Pra Sekolah di Indonesia

Asinkron: Diskusi kelompok

Sinkron: Diskusi kelas

 

5

The Why of ECE (Ch. 5 -6)

a.      Tokoh-tokoh dalam Pendidikan Prasekolah

b.      Budaya dan kearifan lokal dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini.

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi

youtu.be/lieFOzjLHM8

youtu.be/sZ1qxVOTs-8

youtu.be/FcdwjOZk58Q

youtu.be/cL7JL8Vr5cI

youtu.be/O9Zo_ch2so4

youtu.be/uEC43OIs0l4

6

The Where of ECE (Ch. 7)

a.      Peran lingkungan fisik terhadap perkembangan anak

b.      Proses pendidikan yang terjadi di pendidikan pra-sekolah

Asinkron: Materi, Diskusi kelompok

Sinkron: Diskusi kelas

youtu.be/Hc_I4tChEQ4

youtu.be/Y3H3BxvDkCM

youtu.be/_wQhYuoFheY

 

Berris & Miller (2001)

Doctoroff (2001)

Matthews & Lippman (2020)

7

The How of ECE– Scheduling & Curriculum Planning (Ch. 8)

Asinkron: Materi

Sinkron: Materi, Diskusi kelompok, Wrap up

youtu.be/h56KTb4FbB8

Essa (2014)

Ujian Tengah Semester

8

The How of ECE – Curriculum (Perkembangan kreativitas, fisik, dan kognitif) (Ch. 9-11)

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi kelas

 

9

The How of ECE  – Curriculum (Perkembangan Bahasa dan Sosial) (Ch. 12-13)

Asinkron: Materi

Sinkron: Diskusi kelas

 

10

The How of ECE – Guidance (Ch. 14-16)

Asinkron: Materi & Tanya-jawab

Essa (2014)

11

Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi

Presentasi dan diskusi hasil OW

 

12

Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi

Presentasi dan diskusi hasil OW

 

13

Pendidikan anak usia prasekolah di masa pandemi

Presentasi dan diskusi hasil OW

 

Ujian Akhir Semester