[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar dan perspektif teori emosi, neurosains dalam kajian tentang emosi, komponen dan emosi dasar, perkembangan sosial-emosional sepanjang hayat, emosi dan proses mental, pengukuran emosi, pengenalan penerapan emosi dalam kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta mini riset tentang emosi. Perkuliahan secara umum akan melibatkan kegiatan dosen pengampu ketika mempresentasikan materi, yang diikuti dengan diskusi bersama mahasiswa. Mahasiswa juga akan bekerja dalam kelompok membuat mind map, serta bekerja secara individu dengan tugas meringkas jurnal yang terkait dengan minat topik penelitian masing-masing. Pengetahuan mahasiswa akan diuji dalam bentuk mengerjakan tes pilihan ganda di Ujian Tengah Semester (UTS). Pengetahuan dan keterampilan mahasiswa akan bermuara pada tugas mini riset sebagai tugas UAS.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menerapkan Psikologi dengan cara-cara yang logis, kritis, sistematis dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.2 | Mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2) |
CPL3.4 | Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab (KU4) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview dan pengukuran instrumen psikologi (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- memahami dan menjelaskan konsep-konsep dan teori psikologi emosi [CPL2.1]
- menerapkan teori psikologi emosi untuk melakukan penelitian sesuai dengan topik mini riset. [CPL3.1, CPL3.4]
- melakukan penelitian tentang emosi dan meringkas jurnal berbahasa Inggris yang berhubungan dengan topik mini riset [CPL3.1, CPL3.2]
- memahami dan menjelaskan neurosains dalam kajian tentang emosi. [CPL2.1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Kringelbach, M.L., & Phillips, H. (2014). Emotion: Pleasure and pain in the brain. Oxford: Oxford University Press.
- Passer, M.W. & Smith, R.E (2009). Psychology, The Science of Mind and Behavior, fourth edition. McGraw-Hill, Higher Education.
- Shirmer, A. (2015). Emotion. CA: Sage Publications.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Aktivitas partisipatif : 15%
Tugas Kelompok : 15%
Tugas Individu : 15%
Ujian tengah semester : 25%
Ujian akhir semester : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Kontrak Belajar & Pengantar | Sinkronus | Kringelbach & Phillips (2014) |
2 | Komponen dan Emosi Dasar | Asinkronus & Sinkronus | |
3 | Emosi dan Proses Fisiologis; Neurosains dalam kajian emosi (dosen tamu). | Asinkronus & Sinkronus | |
4 | Perkembangan Emosi Sepanjang Hayat | Sinkronus (Presentasi) | |
5 | Perkembangan Emosi Sepanjang Hayat | Sinkronus (Presentasi) | |
6 | Emosi dan proses mental: Efek emosi terhadap kognisi | Asinkronus & Sinkronus | |
7 | Emosi dan proses mental: Regulasi emosi | Asinkronus & Sinkronus | |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Riset dan Pengukuran Emosi: Metode survey & Eksperimen perilaku | Asinkronus & Sinkronus |
|
9 | Riset dan Pengukuran Emosi: Self-Research | Asinkronus |
|
10 | Self-Research | Sinkronus |
|
11 | Isu kontemporer: Artificial Intelligence (dosen tamu) | Sinkronus |
|
12 | Isu Kontemporer: Emosi dan Budaya | Asinkronus & Sinkronus |
|
13 |
|
|
|
14 |
|
|
|
Ujian Akhir Semester |