[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi (TAPP) masuk dalam kelompok Kompetensi Dasar Keilmuan pada Kurikulum Kompetensi Psikologi sejak Semester I Tahun 2012-2013. Dalam semester-semester sebelumnya, ada tiga mata kuliah mengenai pengukuran dan konstruksi alat ukur yang berkaitan namun berdiri sendiri, yaitu Teori Psikometrika, Konstruksi Tes, dan Penyusunan Skala Psikologi, yang masing-masing terdiri dari 2 sks. Dengan dihapuskannya mata kuliah Psikometrika, maka TAPP merupakan penggabungan dari dua mata kuliah, yaitu Konstruksi Tes dan Penyusunan Skala Psikologi dengan 6 sks.
Mata kuliah ini merupakan gabungan antara aplikasi ilmu pengukuran di bidang psikologi, khususnya mengenai tata-cara penyusunan alat ukur atribut kognitif dan atribut non-kognitif. Pada bagian awal perkuliahan mahasiswa dibekali dengan dasar ilmu pengukuran. Kemudian pada bagian besar pertama acara perkuliahan mahasiswa dibekali dengan prinsip-prinsip konstruksi tes kemampuan kognitif, menjabarkan konstruk ukur, merumuskan indikator keperilakuan, menulis aitem, melakukan analisis kuantitatif terhadap parameter aitem, melakukan komputasi untuk estimasi reliabilitas dan validitas. Pada bagian besar kedua acara perkuliahan mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip penyusunan tes non-kognitif, menegakkan konstruk ukur, merumuskan aspek dan indikator keperilakuan, menulis aitem, melakukan analisis kuantitatif terhadap parameter aitem, melakukan komputasi untuk estimasi reliabilitas dan validitas.
Keterampilan penyusunan tes dibangun dengan banyak latihan yang diadakan di kelas, presentasi, dan pemberian tugas kelompok berupa proyek pembuatan tes/skala psikologi. Berbagai komputasi yang diperlukan guna mengasah keterampilan mahasiswa didukung oleh penggunaan software statistika seperti SPSS, software analisis aitem seperti Iteman, dan penggunaan kalkulator tangan atau excel. Oleh karena itu, untuk mendukung keberhasilan dalam perkuliahan ini mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah Statistika.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (SN9) |
CPL2.2 | Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.5 | Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain) (KU5) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memberikan pengetahuan dasar tentang teori pengukuran psikologi. [CPL1.8,CPL2.2]
- Memberikan bekal pengetahuan dan praktik menyusun tes kognitif dan nonkognitif. [CPL1.8,CPL3.1, CPL3.5, CPL4.1]
- Memberikan bekal pengetahuan dalam mengevaluasi kualitas psikometrik tes kognitif dan nonkognitif. [CPL1.8, CPL3.1, CPL3.5, CPL4.1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Anastasi, A. (1988). Psychological testing. McMillan Publishing Co., Inc.
- Azwar, S. (2015a). Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar
- Azwar, S.. (2017a). Dasar-Dasar psikometrika. Pustaka Pelajar.
- Azwar, S.. (2017b). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Pustaka Pelajar.
- Azwar, S.. (2015b). Validitas dan reliabilitas. Pustaka Pelajar
- Crocker, L. & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Holt Rinehart and Winston Inc
- Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2013). Statistics for the behavioral sciences 9th edition. Wadsworth Publishing
- Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. Sage publications.
- Nunnally, J.C. & Bernstein, I. (1994). Psychometric theory 3rd ed. Tata Mc Graw Hill publishing Company Limited.
- Flanagan, D. P. E., & Harrison, P. L. E. (2012). contemporary intellectual assessment: theories, tests, and issues 3rd ed.
- Furr, R. M. (2018). Psychometrics: An introduction. SAGE Publications
- Suryabrata, S. (2000). Pengembangan alat ukur psikologis. Andi Offset
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Video Content Validity. https://www.youtube.com/watch?v=m1d8gM0B9HA
METODE PENILAIAN
Tugas Konstruksi Tes Kognitif : 25%
Ujian Tengah Semester : 25%
Tugas Pengembangan Skala Non-Kognitif : 25%
Ujian Akhir Semester : 25%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Overview Mata Kuliah: 1. Penggunaan pengukuran dalam bidang psikologi 2. Ruang lingkup, urgensi, implementasi | Ceramah, Diskusi | Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
2 | Kuliah dosen tamu: Penggunaan pengukuran dalam dunia kerja | Ceramah, Diskusi | Materi dari dosen tamu |
3 | Jenis-jenis data dalam pengukuran psikologi | Ceramah, Diskusi | Azwar (2017) Nunnally & Bernstein (1994) |
4 | Pengenalan statistika dasar 1. Rerata dan Deviasi Standar 2. Kovarian, Korelasi | Ceramah, Diskusi | Azwar, S. (2017) Nunnally & Bernstein (1994) |
5 | Konstruk pengukuran : 1. Tipikal - Maksimal 2. Potensi - Prestasi/Trait - State 3. Unidimensi - Multidimensi 4. Trait - Tipologi | Ceramah, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
6 | Penjabaran konstruk ukur: 1. Penjabaran konstruk ukur menjadi aspek/dimensi 2. Penentuan indikator keperilakuan | Presentasi review jurnal, Diskusi, Feedback | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
7 | Pengukuran Psikologi: 1. Asesmen - Pengukuran - Deskripsi - Evaluasi 2. Prosedur pengukuran pada berbagai bidang psikologi | Ceramah, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
8 | Konsep mengenai skor: 1. Prosedur penyekoran dalam proses pengukuran 2. Jenis-jenis skor | Ceramah, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
9 | Teori Tes Klasik: 1. Asumsi pada teori skor murni klasik 2. Jenis-jenis eror pengukuran | Praktik, Coaching | Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
10 | Implikasi Teori Tes Klasik: 1. Tes paralel/tau ekivalen-konjeneri 2. Panjang tes | Praktik, Coaching, Field study | Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
11 | Reliabilitas 1: 1. Konsep mengenai reliabilitas 2. Pendekatan dalam mengestimasi reliabilitas | Ceramah, Praktik, Coaching | Azwar (2015b) Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
12 | Reliabilitas 2: 1. Jenis-jenis koefisien konsistensi internal 2. Prosedur mengestimasi reliabilitas di software analisis | Praktik, Coaching, Feedback | Azwar (2015b) Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
13 | Validitas 1: Teori 1. Konsep validitas 2. Validiitas konten 3. Validitas konkuren 4. Validitas kriteria 5. Validitas konstruk/struktural 6. Validitas proses respons | Presentasi, Feedback | Azwar (2015b) Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
14 | Validitas 2: Prosedur Validasi 1. Aiken’s V 2. Analisis Faktor 3. Uji Korelasi | Presentasi, Feedback | Azwar (2015b) Azwar (2017a) Nunnally & Bernstein (1994) |
Ujian Tengah Semester | |||
15 | Penskalaan 1: 1. Likert 2. Thurstone 3. Guttman | Ceramah, Diskusi, Latihan | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
16 | Penskalaan 2 1. Semantik diferensial 2. Pair comparison | Ceramah, Diskusi, Latihan | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
17 | Properti Psikometris: 1. Daya diskriminasi 2. Tingkat kesulitan 3. Properti pendukung | Ceramah, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
18 | Analisis Butir: 1. Mempersiapkan data 2. Praktek Jamovi | Ceramah, Diskusi, Feedback | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
19 | (Konstruksi Tes Non-Kognitif) Tahap persiapan: 1. Penentuan konstruk & tujuan ukur 2. Penjabaran konstruk & penentuan indikator 3. Penulisan butir | Praktik, Coaching | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
20 | (Konstruksi Tes Non-Kognitif) Tahap persiapan: 1. Penentuan konstruk & tujuan ukur 2. Penjabaran konstruk & penentuan indikator 3. Penulisan butir | Praktik, Coaching | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
21 | Tahap uji coba dan analisis: 1. Prosedur uji coba 2. Prosedur analisis butir 3. Perakitan akhir | Diskusi, Feedback, Presentasi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
22 | Tahap uji coba dan analisis: 1. Prosedur uji coba 2. Prosedur analisis butir 3. Perakitan akhir | Ceramah, Diskusi, Praktik | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
23 | (Konstruksi Tes Kognitif) Tahap persiapan: 1. Penentuan konstruk & tujuan ukur 2. Penjabaran konstruk & penentuan indikator 3. Penulisan butir | Praktik, Diskusi, Feedback | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
24 | (Konstruksi Tes Kognitif) Tahap persiapan: 1. Penentuan konstruk & tujuan ukur 2. Penjabaran konstruk & penentuan indikator 3. Penulisan butir | Ceramah, Praktik, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
25 | Tahap uji coba dan analisis: 1. Prosedur uji coba 2. Prosedur analisis butir Perakitan akhir | Praktik, Diskusi, Feedback | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
26 | Tahap uji coba dan analisis: 1. Prosedur uji coba 2. Prosedur analisis butir 3. Perakitan akhir | Ceramah, Praktik, Diskusi | Azwar (2015a) Nunnally & Bernstein (1994) |
27 | Presentasi tugas kelompok | Presentasi, Feedback |
|
28 | Presentasi tugas kelompok | Presentasi, Feedback |
|
Ujian Akhir Semester |