[WPSM_AC id=16242]

(4 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi (TAPP) masuk dalam kelompok Kompetensi Dasar Keilmuan pada Kurikulum Kompetensi Psikologi sejak Semester I Tahun 2012-2013. Dalam semester-semester sebelumnya, ada tiga mata kuliah mengenai pengukuran dan konstruksi alat ukur yang berkaitan namun berdiri sendiri, yaitu Teori Psikometrika, Konstruksi Tes, dan Penyusunan Skala Psikologi, yang masing-masing terdiri dari 2 sks. Dengan dihapuskannya mata kuliah Psikometrika, maka TAPP merupakan penggabungan dari dua mata kuliah, yaitu Konstruksi Tes dan Penyusunan Skala Psikologi dengan 6 sks.

Mata kuliah ini merupakan gabungan antara aplikasi ilmu pengukuran di bidang psikologi, khususnya mengenai tata-cara penyusunan alat ukur atribut kognitif dan atribut non-kognitif. Pada bagian awal perkuliahan mahasiswa dibekali dengan dasar ilmu pengukuran. Kemudian pada bagian besar pertama acara perkuliahan mahasiswa dibekali dengan prinsip-prinsip konstruksi tes kemampuan kognitif, menjabarkan konstruk ukur, merumuskan indikator keperilakuan, menulis aitem, melakukan analisis kuantitatif terhadap parameter aitem, melakukan komputasi untuk estimasi reliabilitas dan validitas. Pada bagian besar kedua acara perkuliahan mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip penyusunan tes non-kognitif, menegakkan konstruk ukur, merumuskan aspek dan indikator keperilakuan, menulis aitem, melakukan analisis kuantitatif terhadap parameter aitem, melakukan komputasi untuk estimasi reliabilitas dan validitas.

Keterampilan penyusunan tes dibangun dengan banyak latihan yang diadakan di kelas, presentasi, dan pemberian tugas kelompok berupa proyek pembuatan tes/skala psikologi. Berbagai komputasi yang diperlukan guna mengasah keterampilan mahasiswa didukung oleh penggunaan software statistika seperti SPSS, software analisis aitem seperti Iteman, dan penggunaan kalkulator tangan atau excel. Oleh karena itu, untuk mendukung keberhasilan dalam perkuliahan ini mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah Statistika.       

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (SN9)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.5

Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain) (KU5)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memberikan pengetahuan dasar tentang teori pengukuran psikologi. [CPL1.8,CPL2.2]
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan praktik menyusun tes kognitif dan nonkognitif. [CPL1.8,CPL3.1, CPL3.5, CPL4.1]
  3. Memberikan bekal pengetahuan dalam mengevaluasi kualitas psikometrik tes kognitif dan nonkognitif. [CPL1.8, CPL3.1, CPL3.5, CPL4.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Anastasi, A. (1988). Psychological testing. McMillan Publishing Co., Inc.
  2. Azwar, S. (2015a). Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar
  3. Azwar, S.. (2017a). Dasar-Dasar psikometrika. Pustaka Pelajar.
  4. Azwar, S.. (2017b). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Pustaka Pelajar.
  5. Azwar, S.. (2015b). Validitas dan reliabilitas. Pustaka Pelajar
  6. Crocker, L. & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Holt Rinehart and Winston Inc
  7. Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2013). Statistics for the behavioral sciences 9th edition. Wadsworth Publishing
  8. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. Sage publications.
  9. Nunnally, J.C. & Bernstein, I. (1994). Psychometric theory 3rd ed. Tata Mc Graw Hill publishing Company Limited.
  10. Flanagan, D. P. E., & Harrison, P. L. E. (2012). contemporary intellectual assessment: theories, tests, and issues 3rd ed.
  11. Furr, R. M. (2018). Psychometrics: An introduction. SAGE Publications
  12. Suryabrata, S. (2000). Pengembangan alat ukur psikologis. Andi Offset

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Video Content Validity. https://www.youtube.com/watch?v=m1d8gM0B9HA

 

METODE PENILAIAN

Tugas Konstruksi Tes Kognitif                      : 25%

Ujian Tengah Semester                                : 25%

Tugas Pengembangan Skala Non-Kognitif   : 25%

Ujian Akhir Semester                                   : 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Overview Mata Kuliah:

1.      Penggunaan pengukuran dalam bidang psikologi

2.      Ruang lingkup, urgensi, implementasi

Ceramah, Diskusi

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

2

Kuliah dosen tamu: Penggunaan pengukuran dalam dunia kerja

Ceramah, Diskusi

Materi dari dosen tamu

3

Jenis-jenis data dalam pengukuran psikologi

Ceramah, Diskusi

Azwar (2017)

Nunnally & Bernstein (1994)

4

Pengenalan statistika dasar

1.    Rerata dan Deviasi Standar

2.    Kovarian, Korelasi

Ceramah, Diskusi

Azwar, S. (2017)

Nunnally & Bernstein (1994)

5

Konstruk pengukuran :

1.      Tipikal - Maksimal

2.      Potensi - Prestasi/Trait - State

3.      Unidimensi - Multidimensi

4.      Trait - Tipologi

Ceramah, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

6

Penjabaran konstruk ukur:

1.      Penjabaran konstruk ukur menjadi aspek/dimensi

2.      Penentuan indikator keperilakuan

Presentasi review jurnal, Diskusi, Feedback

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

7

Pengukuran Psikologi:

1.      Asesmen - Pengukuran - Deskripsi - Evaluasi

2.      Prosedur pengukuran pada berbagai bidang psikologi

Ceramah, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

8

Konsep mengenai skor:

1.      Prosedur penyekoran dalam proses pengukuran

2.      Jenis-jenis skor

Ceramah, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

9

Teori Tes Klasik:

1.      Asumsi pada teori skor murni klasik

2.      Jenis-jenis eror pengukuran

Praktik, Coaching

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

10

Implikasi Teori Tes Klasik:

1.      Tes paralel/tau ekivalen-konjeneri

2.      Panjang tes

Praktik, Coaching, Field study

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

11

Reliabilitas 1:

1.      Konsep mengenai reliabilitas

2.      Pendekatan dalam mengestimasi reliabilitas

Ceramah,  Praktik, Coaching

Azwar (2015b)

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

12

Reliabilitas 2:

1.      Jenis-jenis koefisien konsistensi internal

2.      Prosedur mengestimasi reliabilitas di software analisis

Praktik, Coaching, Feedback

Azwar (2015b)

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

13

Validitas 1: Teori

1.      Konsep validitas

2.      Validiitas konten

3.      Validitas konkuren

4.      Validitas kriteria

5.      Validitas konstruk/struktural

6.      Validitas proses respons

Presentasi, Feedback

Azwar (2015b)

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

14

Validitas 2: Prosedur Validasi

1. Aiken’s V

2. Analisis Faktor

3. Uji Korelasi

Presentasi, Feedback

Azwar (2015b)

Azwar (2017a)

Nunnally & Bernstein (1994)

Ujian Tengah Semester

15

Penskalaan 1:

1.      Likert

2.      Thurstone

3.      Guttman

Ceramah, Diskusi, Latihan

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

16

Penskalaan 2

1.      Semantik diferensial

2.      Pair comparison

Ceramah, Diskusi, Latihan

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

17

Properti Psikometris:

1.      Daya diskriminasi

2.      Tingkat kesulitan

3.      Properti pendukung

Ceramah, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

18

Analisis Butir:

1.      Mempersiapkan data

2.      Praktek Jamovi

Ceramah, Diskusi, Feedback

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

19

(Konstruksi Tes Non-Kognitif)

Tahap persiapan:

1.      Penentuan konstruk & tujuan ukur

2.      Penjabaran konstruk & penentuan indikator

3.      Penulisan butir

Praktik, Coaching

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

20

(Konstruksi Tes Non-Kognitif)

Tahap persiapan:

1.      Penentuan konstruk & tujuan ukur

2.      Penjabaran konstruk & penentuan indikator

3.      Penulisan butir

Praktik, Coaching

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

21

Tahap uji coba dan analisis:

1.      Prosedur uji coba

2.      Prosedur analisis butir

3.      Perakitan akhir

Diskusi, Feedback, Presentasi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

22

Tahap uji coba dan analisis:

1.      Prosedur uji coba

2.      Prosedur analisis butir

3.      Perakitan akhir

Ceramah, Diskusi, Praktik

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

23

(Konstruksi Tes Kognitif)

Tahap persiapan:

1.      Penentuan konstruk & tujuan ukur

2.      Penjabaran konstruk & penentuan indikator

3.      Penulisan butir

Praktik, Diskusi, Feedback

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

24

(Konstruksi Tes Kognitif)

Tahap persiapan:

1.      Penentuan konstruk & tujuan ukur

2.      Penjabaran konstruk & penentuan indikator

3.      Penulisan butir

Ceramah, Praktik, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

25

Tahap uji coba dan analisis:

1.      Prosedur uji coba

2.      Prosedur analisis butir

Perakitan akhir

Praktik, Diskusi, Feedback

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

26

Tahap uji coba dan analisis:

1.      Prosedur uji coba

2.      Prosedur analisis butir

3.      Perakitan akhir

Ceramah, Praktik, Diskusi

Azwar (2015a)

Nunnally & Bernstein (1994)

27

Presentasi tugas kelompok

Presentasi, Feedback

 

28

Presentasi tugas kelompok

Presentasi, Feedback

 

Ujian Akhir Semester