[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Perbedaan kemampuan kognitif individu satu dengan yang lain telah disadari oleh banyak orang baik dalam dunia pendidikan maupun masyarakat umum atau awam. Adanya perbedaan tersebut menimbulkan pemikiran untuk memanfaatkan kelebihan dan memperbaiki kelemahan atau kekurangan seseorang. Untuk mengetahui dengan tepat mengenai kelebihan atau kekurangan kemampuan kognitif seseorang dibutuhkan alat untuk melakukan asesmen. Tes Inteligensi adalah tes kognitif untuk mengungkap kemampuan umum individu. Tes ini merupakan alat untuk melakukan asesmen terhadap seseorang. Hasil tes merupakan hasil asesmen yang menggambarkan profil kemampuan seseorang, pada aspek apa seseorang tinggi kemampuannya dan pada aspek apa sedang atau rendah. Hasil tes dapat digunakan untuk menangani kasus individu (misalnya kesulitan belajar), seleksi calon murid dan calon karyawan, penjurusan dan pemilihan bidang studi dalam pendidikan, promosi dan penempatan kerja karyawan dalam perusahaan atau organisasi kerja.

Mata kuliah Asesmen Inteligensi ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam bidang asesmen psikologi, khususnya asesmen inteligensi, baik individual maupun klasikal, yang akan menjadi modal untuk memahami mata kuliah selanjutnya yaitu intervensi. Materi mata kuliah Asesmen Inteligensi disertai dengan praktikum administrasi tes yang akan bermanfaat bagi mahasiswa karena menjadi bekal dasar yang harus dimiliki sebagai lulusan Sarjana Psikologi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL2.4

Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4)

CPL3.2

Mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menguraikan teori inteligensi berdasarkan konsep yang disampaikan oleh para tokoh, serta dasar pengembangan alat tes yang terkait (understanding). [CPL1.9,CPL2.1]
  2. Mendemonstrasikan cara administrasi dan skoring berdasarkan ketentuan pada buku panduan alat tes (applying). [CPL1.9, CPL3.2, CPL4.1]
  3. Membandingkan beberapa alat tes disertai pemahaman prosedur pengetesan yang mengacu pada kode etik (antara lain: melakukan building rapport, menyampaikan informed consent, menjaga kerahasiaan data, dll) (analyzing). [CPL2.1, CPL2.4, CPL4.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Anastasi, A. (1997). Psychological testing. Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.
  2. Aiken , L.R. (1997). Psychological testing and assessment. Boston : Allyn and Bacon.
  3. Azwar, S. (1996). Pengantar psikologi inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Flanagan, D.P & Harrison, P.L (2012) Contemporary intellectual assessment : theories, tests, and issues–3rd ed. New York: The Guilford Press
  5. Flanagan, D.P & McDonough (2018) Contemporary intellectual assessment : Theories, tests, and issues–4th ed. New York: The Guilford Press
  6. Gregory, R.J. (2007). Psychological testing, history, principles, and application. Fifth Edition. Boston: Pearson Allyn and Bacon.
  7. Wechsler, D. (1958). The measurement and appraisal of adult intelligence. Fourth Edition. Baltimore: The William & Wilkins Company.
  8. Homack, S.R. & Reynolds,  C.R. (2007) Essentials of Assessment with Brief Intelligence Test. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Buku pegangan AJT
  2. Buku Pegangan dan buku Kunci Tes Binet.
  3. Buku Pegangan dan kunci WAIS
  4. Buku pegangan dan kunci CFIT
  5. Buku pegangan dan kunci Raven Test
  6. Buku pegangan IST
  7. Hidayat, R. dan Putra, M.D.K. (2022). Pilot Testing and Preliminary Psychometric Validation of Situational Judgment Test of Resistance to Sunk Cost, Jurnal Psikologi, 49 (3)
  8. Reinaldi, E.T.R. dan Hidayat, R. (2021). Stanford-binet intelligence scale form LM predictive power on academic achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 10 (2), p.133-141

 

METODE PENILAIAN

Aktivitas Partisipatif*)

: 10%

Hasil Project

Praktikum & Tugas Kelompok

: 40%

Tugas Kelompok

: 20%

Kuis

: 10%

UTS

: 20%

UAS

: 20%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Overview; Teori inteligensi dan konsep para ahli mengenai intelegensi dan pengukurannya

Ceramah, diskusi

 

2

Kuliah Dosen Tamu: Sejarah dan Perkembangan Tes Asesmen Inteligensi di Indonesia

 

3

Teori AJT, Pengantar administrasi

 

4

WAIS; teori dan administrasi tes

 

5

Teori AJT, Pengantar administrasi

Ceramah

Role play

 

6

AJT (Full Scale); administrasi, dan demonstrasi alat tes

 

7

WAIS; teori dan administrasi tes

 

Ujian Tengah Semester

8

Tes Binet; teori & administrasi tes

 

Ceramah, diskusi, Demonstrasi Tes

 

9

CFIT dan RAVEN (CPM, SPM, APM); teori, administrasi, dan roleplay

 

10

IST; Pemahaman hasil tes

 

11

Presentasi tugas kelompok

 

12

CFIT dan RAVEN (CPM, SPM, APM); teori, administrasi, dan roleplay

 

13

IST; Pemahaman hasil tes

 

14

Kuliah Dosen Tamu: Penggunaan tes inteligensi dalam berbagai setting layanan psikologi

 

Ujian Akhir Semester