[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengidentifikasi karakteristik anak dan remaja berkebutuhan khusus, mengetahui dampak kekhususan tersebut pada kesejahteraan secara umum maupun kinerja dan capaian pendidikan, serta penanganan (tritmen) yang dapat diberikan terhadap anak dan remaja tersebut baik secara individual maupun sistemik.

Matakuliah ini berbobot 3 sks; mahasiswa mengikuti satu kali pertemuan per minggu berdurasi 3 jam kuliah (150 menit), mengalokasikan tiga (3) jam untuk belajar secara mandiri dan tiga (3) jam mengerjakan tugas terstruktur. Untuk memberikan gambaran nyata mengenai materi sekaligus memfasilitasi mahasiswa mengembangkan keterampilan-keterampilan sesuai CPMK, pembelajaran pada mata kuliah ini diselenggarakan dengan metode case-based learning dan project-based learning, di mana mahasiswa melakukan observasi dan wawancara terhadap kasus-kasus nyata di lapangan dan kemudian menganalisis dan melaporkannya. Mahasiswa juga menuangkan insights yang didapatkan dari lapangan ke dalam suatu bentuk media untuk memberikan psikoedukasi kepada masyarakat mengenai kekhususan yang dipelajarinya.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5)

CPL1.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (KK1)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik anak dan remaja berkebutuhan khusus (ARBK) yang sering dijumpai di setting/konteks pendidikan. [CPL2.1]
  2. mahasiswa mampu menjelaskan dampak kekhususan pada capaian pendidikan maupun kinerja secara umum pada kehidupan sehari-hari. [CPL2.1]
  3. mahasiswa mampu mengevaluasi dan memberikan saran/masukan tentang peraturan, sistem, maupun praktik pendidikan yang mendukung kesejahteraan dan performa akademik ARBK. [CPL3.1]
  4. mahasiswa mampu melakukan observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi karakteristik dan penanganan ARBK dengan menjunjung kode etik psikologi mahasiswa. [CPL1.5, CPL1.6, CPL4.1]
  5. mampu menuangkan hasil pemikirannya terkait ARBK baik dalam bentuk artikel ilmiah ataupun media psikoedukasi untuk masyarakat. [CPL1.6]
  6. mahasiswa menunjukkan penerimaan, kepedulian, empati serta toleransi terhadap ARBK. [CPL1.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Hallahan, D., Kauffman, J., & Pullen, P. C. (2014). Exceptional learners: An introduction to special education 12th edition. Pearson.
  2. Kirk, S., Gallagher, J.J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. (2012). Educating exceptional children 13th edition. Wadsworth Cengage Learning.
  3. Mascolo, J. T., Alfonso, V. C., & Flanagan, D. P. (2014). Essentials, selecting, and tailoring interventions for unique learners. Wiley.

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Ujian Tengah Semester                                      : 25%

Ujian Akhir Semester                                          : 25%

Project kelompok 1:Observasi-wawancara       : 20%

Project kelompok 2:Pembuatan media edukasi : 20%

Refleksi individual                                              : 10%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a.      Overview MK

b.      Definisi ARBK

c.       Tingkatan penanganan pendidikan ARBK

d.      Universal Design for Learning (UDL)

Diskusi, Ceramah

Buku, Artikel, Artikel online

2

a.      Definisi, Klasifikasi, dan Penyebab IDD

b.      Karakteristik anak IDD

c.       Pendidikan untuk anak IDD

Ceramah, Tugas, Presentasi

Buku, Artikel, Artikel online

3

a.      Definisi dan Penyebab LD

b.      Jenis LD dan karakteristik psikologis dan perilaku anak LD

c.       Pendidikan untuk anak IDD

Ceramah, Tugas, Jigsaw

Buku, Artikel, Artikel online

4

a.      Definisi dan Penyebab ADHD

b.      Karakteristik anak ADHD

c.       Pendidikan untuk anak ADHD

Ceramah, Debat, Diskusi

Buku, Artikel, Artikel online

5

a.    Definisi dan Penyebab EBD

b.    Klasifikasi EBD

c.    Pendidikan untuk anak EBD

Kuis, Ceramah, Roleplay

Buku, Artikel, Artikel online

6

a.    Spektrum ASD

b.    Jenis dan penyebab ASD

c.    Pendidikan untuk anak ASD

Ceramah, Tugas, Jigsaw, Feedback

Buku, Artikel, Artikel online

7

a.    Aplikasi pendidikan untuk anak dengan LD

b.    Kondisi dan tantangan pendidikan untuk anak LD di Indonesia

Ceramah, Diskusi, Video, Kuis

Buku, Artikel, Artikel online

Ujian Tengah Semester

8

a.      Definisi dan Penyebab Communication, language and speech disorders

b.      Klasifikasi Communication, language and speech disorders

c.       Pendidikan untuk anak Communication, language and speech disorders

Ceramah, Tugas, Presentasi, Feedback

Buku, Artikel, Artikel online

9

a.      Definisi, klasifikasi,  penyebab, dan dampak  physical disabilities

b.      Pendidikan untuk anak dengan physical disabilities

Diskusi, Presentasi, Ceramah, Feedback

Buku, Artikel, Artikel online

10

a.      Definisi, klasifikasi,  penyebab, dan dampak  hearing impairment

b.      Pendidikan untuk anak dengan hearing impairment

Tugas kelompok, Presentasi, Ceramah, Feedback

Buku, Artikel, Artikel online

11

a.      Definisi, klasifikasi,  penyebab, dan dampak  visual impairment

b.      Pendidikan untuk anak dengan visual impairment

Ceramah, Diskusi, Presentasi

Buku, Artikel, Artikel online

12

a.    Definisi, klasifikasi, dan karaktersitik anak gifted and talented

b.    Pendidikan untuk anak dengan gifted and talented

Debat, Ceramah, Feedback

Buku, Artikel, Artikel online

13

Analisis/integrasi teori dan kondisi nyata/aplikasi tentang ARBK dengan IDD; ADHD; EBD; ASD

Presentasi, Diskusi

Buku, Artikel, Artikel online

14

Analisis/integrasi teori dan aplikasi/kondisi nyata tentang ARBK dengan Communication, language and speech disorders; Physical disabilities; Hearing impairment; Visual impairment; Gifted and talented   

Ceramah, Tanya-jawab

Buku, Artikel, Artikel online

Ujian Akhir Semester