[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengidentifikasi karakteristik anak dan remaja berkebutuhan khusus, mengetahui dampak kekhususan tersebut pada kesejahteraan secara umum maupun kinerja dan capaian pendidikan, serta penanganan (tritmen) yang dapat diberikan terhadap anak dan remaja tersebut baik secara individual maupun sistemik.
Matakuliah ini berbobot 3 sks; mahasiswa mengikuti satu kali pertemuan per minggu berdurasi 3 jam kuliah (150 menit), mengalokasikan tiga (3) jam untuk belajar secara mandiri dan tiga (3) jam mengerjakan tugas terstruktur. Untuk memberikan gambaran nyata mengenai materi sekaligus memfasilitasi mahasiswa mengembangkan keterampilan-keterampilan sesuai CPMK, pembelajaran pada mata kuliah ini diselenggarakan dengan metode case-based learning dan project-based learning, di mana mahasiswa melakukan observasi dan wawancara terhadap kasus-kasus nyata di lapangan dan kemudian menganalisis dan melaporkannya. Mahasiswa juga menuangkan insights yang didapatkan dari lapangan ke dalam suatu bentuk media untuk memberikan psikoedukasi kepada masyarakat mengenai kekhususan yang dipelajarinya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik anak dan remaja berkebutuhan khusus (ARBK) yang sering dijumpai di setting/konteks pendidikan. [CPL2.1]
- mahasiswa mampu menjelaskan dampak kekhususan pada capaian pendidikan maupun kinerja secara umum pada kehidupan sehari-hari. [CPL2.1]
- mahasiswa mampu mengevaluasi dan memberikan saran/masukan tentang peraturan, sistem, maupun praktik pendidikan yang mendukung kesejahteraan dan performa akademik ARBK. [CPL3.1]
- mahasiswa mampu melakukan observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi karakteristik dan penanganan ARBK dengan menjunjung kode etik psikologi mahasiswa. [CPL1.5, CPL1.6, CPL4.1]
- mampu menuangkan hasil pemikirannya terkait ARBK baik dalam bentuk artikel ilmiah ataupun media psikoedukasi untuk masyarakat. [CPL1.6]
- mahasiswa menunjukkan penerimaan, kepedulian, empati serta toleransi terhadap ARBK. [CPL1.5]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Hallahan, D., Kauffman, J., & Pullen, P. C. (2014). Exceptional learners: An introduction to special education 12th edition. Pearson.
- Kirk, S., Gallagher, J.J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. (2012). Educating exceptional children 13th edition. Wadsworth Cengage Learning.
- Mascolo, J. T., Alfonso, V. C., & Flanagan, D. P. (2014). Essentials, selecting, and tailoring interventions for unique learners. Wiley.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Ujian Tengah Semester : 25%
Ujian Akhir Semester : 25%
Project kelompok 1:Observasi-wawancara : 20%
Project kelompok 2:Pembuatan media edukasi : 20%
Refleksi individual : 10%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Overview MK b. Definisi ARBK c. Tingkatan penanganan pendidikan ARBK d. Universal Design for Learning (UDL) | Diskusi, Ceramah | Buku, Artikel, Artikel online |
2 | a. Definisi, Klasifikasi, dan Penyebab IDD b. Karakteristik anak IDD c. Pendidikan untuk anak IDD | Ceramah, Tugas, Presentasi | Buku, Artikel, Artikel online |
3 | a. Definisi dan Penyebab LD b. Jenis LD dan karakteristik psikologis dan perilaku anak LD c. Pendidikan untuk anak IDD | Ceramah, Tugas, Jigsaw | Buku, Artikel, Artikel online |
4 | a. Definisi dan Penyebab ADHD b. Karakteristik anak ADHD c. Pendidikan untuk anak ADHD | Ceramah, Debat, Diskusi | Buku, Artikel, Artikel online |
5 | a. Definisi dan Penyebab EBD b. Klasifikasi EBD c. Pendidikan untuk anak EBD | Kuis, Ceramah, Roleplay | Buku, Artikel, Artikel online |
6 | a. Spektrum ASD b. Jenis dan penyebab ASD c. Pendidikan untuk anak ASD | Ceramah, Tugas, Jigsaw, Feedback | Buku, Artikel, Artikel online |
7 | a. Aplikasi pendidikan untuk anak dengan LD b. Kondisi dan tantangan pendidikan untuk anak LD di Indonesia | Ceramah, Diskusi, Video, Kuis | Buku, Artikel, Artikel online |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | a. Definisi dan Penyebab Communication, language and speech disorders b. Klasifikasi Communication, language and speech disorders c. Pendidikan untuk anak Communication, language and speech disorders | Ceramah, Tugas, Presentasi, Feedback | Buku, Artikel, Artikel online |
9 | a. Definisi, klasifikasi, penyebab, dan dampak physical disabilities b. Pendidikan untuk anak dengan physical disabilities | Diskusi, Presentasi, Ceramah, Feedback | Buku, Artikel, Artikel online |
10 | a. Definisi, klasifikasi, penyebab, dan dampak hearing impairment b. Pendidikan untuk anak dengan hearing impairment | Tugas kelompok, Presentasi, Ceramah, Feedback | Buku, Artikel, Artikel online |
11 | a. Definisi, klasifikasi, penyebab, dan dampak visual impairment b. Pendidikan untuk anak dengan visual impairment | Ceramah, Diskusi, Presentasi | Buku, Artikel, Artikel online |
12 | a. Definisi, klasifikasi, dan karaktersitik anak gifted and talented b. Pendidikan untuk anak dengan gifted and talented | Debat, Ceramah, Feedback | Buku, Artikel, Artikel online |
13 | Analisis/integrasi teori dan kondisi nyata/aplikasi tentang ARBK dengan IDD; ADHD; EBD; ASD | Presentasi, Diskusi | Buku, Artikel, Artikel online |
14 | Analisis/integrasi teori dan aplikasi/kondisi nyata tentang ARBK dengan Communication, language and speech disorders; Physical disabilities; Hearing impairment; Visual impairment; Gifted and talented | Ceramah, Tanya-jawab | Buku, Artikel, Artikel online |
Ujian Akhir Semester |