[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Materi yang akan diberikan dalam perkuliahan ini meliputi: pengertian bimbingan, konseling, dan psikoterapi, masalah yang ditangani dalam konseling, variabel dalam konseling, proses konseling, pengumpulan data dalam konseling, keterampilan mikro dalam konseling, psikodinamika, perilakuan, kognitif perilakuan dan humanistik, konseling kelompok, pendekatan langsung dan tidak langsung, konseling dalam setting khusus (anak, remaja, lansia), dan konseling dalam seting puskesmas, rumah sakit, sekolah, kelompok dan organisasi.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu untuk: (1) Memahami dasar-dasar konseling dalam psikologi (berbagai setting , populasi khusus), (2) Memahami asesmen psikologis, yaitu observasi, wawancara dalam melakukan konseling, (3) Merancang pelaksanaan konseling berdasarkan perspektif teori dalam psikologi konseling, (4) Menerapkan keterampilan mikro.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai (PP2)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan persamaan dan perbedaan bimbingan, konseling individu, dan psikoterapi (pertimbangan etik, peraturan profesi-dewan) – pemahaman [CPL2.1]
  2. Mengidentifikasi berbagai variabel yang diperlukan dalam konseling individu dan kelompok (keterampilan dan peran mikro konselor, peran klien, situasi konseling -termasuk telekonseling) – pemahaman [CPL2.1, CPL4.1]
  3. Melakukan keterampilan mikro dalam konseling individu dan kelompok – mempraktekkan [CPL2.2, CPL4.1]
  4. menjelaskan berbagai pendekatan teoritis dalam konseling (psikodinamik, modifikasi perilaku-perilaku, kognitif-perilaku, humanistik, transpersonal), baik dalam konseling individu maupun kelompok - pemahaman [CPL3.1]
  5. Mengobservasi dan mengidentifikasi keterampilan dalam tayangan video keterampilan mikro dalam konseling -menganalisa[CPL2.1, CPL2.2, CPL3.1, CPL4.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Capuzzi, D. & Gross, D. R. (2017). Introduction to the counseling profession. Routledge
  2. Capuzzi, D. & Stauffer, M.D. (Eds.). (2016). Counseling and psychotherapy: Theories and interventions. The American Counseling Association.
  3. Corey, G. (2016). Theory & practice of group counseling 9th edition.  Cengage Learning
  4. Corey, M. S., Corey, G., & Corey, C. (2014). Groups, process, and practice 9th edition. Cengage Learning.
  5. Jacobs, E. D. E., Masson, R. L., Harvill, R. L., & Schimmel, C. J. (2012). Group counseling: strategies and skills. Cengage Learning.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Afiatin, T., & Martaniah, S. M. (1998). Peningkatan kepercayaan diri remaja melalui konseling kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 3(6), 66-79.

 

METODE PENILAIAN

Review video                                                  : 10%

Pendekatan teoritis (quiz)                             : 15%

Proyek tim (paper 10% + presentasi 15%)     : 25%

Ujian tengah semester (review jurnal)          : 15%

Ujian akhir                                                      : 35%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a.      Kontrak belajar

b.      Pengertian konseling

Kuliah, Pembentukan kelompok, QnA

Capuzzi & Gross (2017); Corey (2016);Corey (2017)

2

Variabel dalam konseling serta masalah etika dalam konseling

Kuliah, QnA

Capuzzi & Gross (2017); Corey (2016)

3

Penggunaan hasil asesmen dalam konseling

Kuliah, QnA

Capuzzi & Gross (2017); Corey (2016)

4

Keterampilan mikro & komunikasi dalam konseling

Kuliah, Menonton video, QnA

Corey (2017); Corey (2016)

Capuzzi & Stauffer (2016)

5

Pendekatan Psikodinamika

Kuliah, Diskusi, QnA

Corey (2017); Corey (2016);

Corey et al. (2014)

6

Pendekatan Perilakuan + CBT

Kuliah, QnA

Corey, G. (2017)

Corey et al. (2014)

7

Telekonseling

Kuliah tamu, QnA

 

Ujian Tengah Semester

8

Pendekatan Humanistik

Kuliah, QnA

Corey, G. (2017)

Corey et al. (2014)

9

Pendekatan transpersonal

Kuliah, QnA

Capuzzi & Stauffer (2016); Corey (2016)

10

Presentasi: Konseling untuk anak dalam setting (keluarga, sekolah, perusahaan/organisasi, kesehatan, masyarakat)

Presentasi, Diskusi

Capuzzi & Stauffer (2016); Corey (2016)

11

Capuzzi & Stauffer (2016); Corey (2016)

12

Corey (2016);

Jacobs et al. (2012)

13

Corey (2016);

Jacobs et al. (2012)

14

Capuzzi & Gross (2017); Corey (2016)

Ujian Akhir Semester