[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Keluarga sebagai lembaga inti serta pernikahan memiliki kekuatan yang mendukung perkembangan manusia serta pembangunan masyarakat, namun rentan mengalami permasalahan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal kepada mahasiswa pengetahuan mengenai berbagai bentuk pernikahan dan keluarga, dinamika keluarga dan pernikahan, sehingga mahasiswa memiliki pemahaman tentang faktor-faktor yang penting dalam membina dan merawat keluarga. Mahasiswa akan mempelajari teori mikro dan mikro tentang penguatan keluarga serta isu-isu terkini dalam keluarga dan pernikahan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu melakukan riset dengan topik keluarga, membuat psikoedukasi penguatan keluarga dan membuat rekomendasi kebijakan terkait penguatan keluarga.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.3

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, & Bernegara (SN3)

CPL1.6

bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN9)

CPL2.1

menguasai konsep dan perspektif psikologi (konsep & teori) (PP1)

CPL2.3

literasi teknologi Informasi dan Teknologi data (keterampilan lain yang mendukung) (PP3)

CPL3.1

mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL4.1

mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologi. (KK1)

CPL4.2

mampu mempromosikan kesejahteraan psikologi individu, keluarga, kelompok, organisasi, dan masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul) (KK2)

CPL4.5

mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan bertanggung jawab). (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan tentang konsep dan pendekatan psikologi dalam mempelajari perkawinan dan keluarga [CPL2.1, CPL2.3]
  2. Menjelaskan faktor-faktor penting dalam membina dan merawat perkawinan dan keluarga [CPL2.1, CPL2.3, CPL4.1, CPL4.2, CPL4.5]
  3. Mengevaluasi permasalahan perkawinan dan keluarga berdasar teori-teori psikologi perkawinan dan keluarga [CPL2.1, CPL2.3, CPL3.1, CPL4.1, CPL4.2, CPL4.4]
  4. Menyusun rancangan psikoedukasi digital tentang penguatan perkawinan dan keluarga secara berkelompok [CPL1.3, CPL1.6 CPL2.1, CPL2.3, CPL3.1, CPL4.1, CPL4.2, CPL4.4]
  5. Melakukan psikoedukasi digital penguatan perkawinan dan keluarga secara berkelompok [CPL1.3, CPL1.6 CPL2.1, CPL2.3, CPL3.1, CPL4.1, CPL4.2, CPL4.4]
  6. Menyusun laporan pelaksanaan psikoedukasi digital tentang penguatan perkawinan dan keluarga secara individual [CPL1.3, CPL1.6 CPL2.1, CPL2.3, CPL3.1, CPL4.1, CPL4.2, CPL4.4]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Bray, J. H., & Stanton, M. (2015). Family Psychology. West Sussex, UK: Wiley West Sussex.
  2. Day, R.D. (2010). Introduction to Family Processes. Fifth Edition. New York: Routledge.
  3. DeGenova, M.K., & Rice, F. O. (2005). Intimate Relationship, Marriages, and Families.Boston: McGraw Hill.
  4. Olson, D. H., DeFrain., J., & Skogrand, L. (2014). Marriages and Families: Intimacy, Diversity, and Strengths. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

 

Buku / Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Afiatin, T. (2018). Psikologi Perkawinan dan Keluarga. Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kanisius.
  2. Utami, M. S., Praptomojati, A., Wulan, D. L. A., & Fauziah, Y. (2018). Self-esteem, forgiveness, perception of family harmony, and subjective well-being in adolescents. International Journal of Research Studies in Psychology, 7(1), 59-72.

 

METODE PENILAIAN

Tugas individu

: 20%

Tugas Kelompok

: 20%

UTS

: 25%

UAS

: 35%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a. Tayangan Video (durasi 10 menit) tentang tantangan keluarga di era digital

 

b. Tayangan silabus matakuliah

 

c. Contoh materi untuk Psikoedukasi berupa film dengan durasi 7 menit

a. Ceramah

b. Diskusi tentang tantangan perkawinan dan keluarga di era digital

c. Tanya jawab

d. Menayangkan contoh film untuk Psikoedukasi

d. Kontrak pembelajaran

 

2

Tayangan power point tentang pengertian perkawinan  karakteristik perkawinan, berbagai jenis perkawinan di Indonesia; pengertian keluarga, bentuk keluarga, perilaku manusia dalam paradigma sistemik psikologi keluarga, dan pentingnya belajar tentang perkawinan dan keluarga

a. Ceramah

b. Tanya jawab

c. Diskusi pentingnya mempelajari Psikologi Perkawinan dan Keluarga

 

3

E-book Marriages and Families: Intimacy, Diversity, and Strength (Olson, DeFrain, dan Skogrand, 2014,  chapter 3

a. Cooperative

learning

 

4

a. E-book Marriages and Families: Intimacy, Diversity, and Strength (Olson, DeFrain, dan Skogrand, 2014,  chapter 3

b. Lembar deskripsi kasus “Rosa dan Doni”

b. Case based learning

 

5

Tayangan power point tentang “Cinta”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

6

Tayangan power point tentang “Intimasi Seksual”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

7

Tayangan power point tentang “Komitmen dalam Perkawinan dan Keluarga”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

Ujian Tengah Semester

8

Tayangan power point tentang “Komunikasi dalam Perkawinan”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

9

Tayangan power point tentang “Konflik dan Resolusi Konflik”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

10

Tayangan power point tentang “Peran Gender dan Power dalam Perkawinan”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

11

Tayangan power point tentang “Tahap Perkembangan Keluarga dan tugasnya”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

12

Tayangan power point tentang “Pengasuhan”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

13

Tayangan power point tentang “Kekerasan dalam Rumah Tangga”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

14

Tayangan power point tentang “Psikoedukasi Penguatan Perkawinan dan Keluarga”

a. Presentasi

b. Tanya jawab

 

Ujian Akhir Semester