[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang konsep manusia dengan perspektif Quran dan hadits yang didukung oleh hasil penelitian yang empiris dan evidence based. Dalam kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari ayat-ayat Quran dan hadits Rasulullah yang menjelaskan tentang diri manusia dan kehidupannya, termasuk yang terkait dengan kesehatan mental. Mahasiswa juga akan mempelajari hasil-hasil penelitian ilmiah yang sudah dipublikasikan sebagai ‘evidence’ dari konsep-konsep Al-Quran dan hadits dalam kehidupan sehari-hari.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.9

Mampu bersikap ilmiah, Mampu berkomitmen dalam mengerjakan tugas, Disiplin

Mampu bersikap jujur (SN9)

CPL2.1

Memahami hakikat manusia dan kehidupannya di dunia berdasarkan Al-Quran dan Hadits dan didukung oleh temuan-temuan ilmiah

Memiliki perspektif yang jernih dan pendirian yang kokoh sehingga dapat menjalani kehidupan dengan tegar (PP1)

CPL3.3

Mampu melakukan assessment dan peka terhadap kondisi kejiwaan diri sendiri dan orang lain (KU3)

CPL4.3

Berpikir logis, Berpikir ilmiah, Berpikir kritis, Berpikir komprehensif (KK3)

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan Allah [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
  2. Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan alam  [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
  3. Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan dirinya sendiri [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
  4. Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan sesama [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
  5. Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan benda-benda buatan/teknologi [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Al Araf (7): 172 tentang kesaksian jiwa terhadap Allah SWT
  2. Al-Baraqah (2): 30-39 tentang penciptaan Nabi Adam as dan kapasitas manusia
  3. Ash-Shams (91): 7-10 tentang teori dasar dinamika jiwa manusia
  4. Al-Ahzab (33): 72-73 tentang amanah manusia dalam kehidupan dunia
  5. Al-Baqarah (2):  156 tentang ujian sebagai hakikat kehidupan
  6. QS. Ar-Ra'd (13): 28 tentang dzikrullah sebagai kunci kesehatan jiwa
  7. Al-Jumuah (62): 2, Ali-Imran:164, dan Al-Baqarah:151 tentang keterkaitan antara ilmu, hikmah, dan tazkia
  8. Al-Mulk (67): 23 tentang bersyukur
  9. Al-An'am (6): 75-83 tentang search for anchor
  10. As-Sajdah (32): 15-16 tentang khauf dan rodja (harap dan cemas)
  11. Ad-Dhuha (93): 1-11 dan Al insyirah (94): 1-8 tentang mengenai motivasi
  12. Hadits tentang fitrah sebagai Muslim (Bukhari dan Muslim)
  13. Barrett, L. F. (2017). How emotions are made: The secret life of the brain. Houghton Mifflin Harcourt.
  14. Brown, B. (2012). Praise for daring greatly. Gotham Books.
  15. Eccles, J. C. How the self controls its brain. Springer-Verlag.

 

Jurnal Tambahan:

  1. Robinson, John C. (2017): Stumbling upon the three secrets of aging. Journal of Religion, Spirituality & Aging, 30 (12). 1-12 http://dx.doi.org/10.1080/15528030.2016.1265476
  2. Yuniardi, S. (2017). Intolerance of uncertainty, social anxiety and alcohol use among students in the United Kingdom and Indonesia. In Dissertation. Newcastle University.
  3. Yuniardi, S. M., Freeston, M. H., & Rodgers, J. (2018). Intolerance of Uncertainty and Generalized Anxiety Disorder.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Riyono, B., Himam, F., & Subandi. (2012). In Search for Anchors The Fundamental Motivational Force in Compensating for Human Vulnerability. Gadjah Mada International Journal of Business, 14(3), 229-252. https://doi.org/10.22146/gamaijb.5475
  2. Riyono, B. (2012). Motivasi dan Kepribadian. Al-Mawardi.
  3. Riyono, B., & Budiharto, S. (2021). Uncertainty, Vulnerability, and Hope as Important Aspects of Human “Fitrah” and the Foundation of Mental Health: A Study with Quranic Maqasid Methodology. Manuscript submitted for publication.

 

METODE PENILAIAN

Aktivitas Partisipatif    : 10%

Paper Kelompok          : 20%

UTS                              : 35%

UAS                              : 35%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan Allah

Ceramah & Diskusi

 

2

Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan alam semesta

 

3

Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan dirinya sendiri

 

4

Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan sesama

 

5

Overview mata kuliah: Pengantar tujuan hidup manusia di dunia

 

6

Memahami dan menghayati hubungan manusia dengan benda-benda buatan/teknologi

 

7

Memahami dan menghayati pentingnya ilmu dalam kehidupan di dunia

Wrap up

 

Ujian Tengah Semester

8

Mampu memahami dan menghayati makna hidup manusia di dunia sebagai sebuah ujian

Ceramah & Diskusi

 

9

Mampu memahami konsep dan teori tentang jiwa (nafs)

 

10

Mampu memahami konsep dan teori tentang motivasi

 

11

Mampu memahami konsep dan teori tentang kepribadian dan perkembangannya.

 

12

Mampu memahami prinsip-prinsip kehidupan dan kesehatan mental

 

13

 Mampu memahami dasar-dasar masalah dan gangguan kejiwaan

 

14

Mampu memahami dasar-dasar masalah dan gangguan kejiwaan

Wrap up

 

Ujian Akhir Semester