[WPSM_AC id=16242]
(3 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam bidang asesmen psikologi, yang meliputi materi pengantar psikodiagnostika, observasi, wawancara, FGD, serta praktik asesmen menggunakan observasi dan wawancara. Materi ini bermanfaat untuk mahasiswa sebagai dasar untuk melakuan asesmen baik untuk kepentingan penelitian maupun psikodiagnostika. Mata Kuliah Asesmen Dasar merupakan matakuliah prasarat untuk mengambil beberapa Mata Kuliah, antara lain: Asesmen Inteligensi, Asesmen Bakat, Asesmen Kepribadian (Proyektif dan Non-Proyektif), Konseling Psikologi, Konseling Kelompok, Psikoedukasi Komunitas, Psikologi Pemberdayaan Masyarakat, serta Skripsi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.11 | menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap empatik (SN11) |
CPL1.13 | mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13) |
CPL2.1 | menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut. (PP1) |
CPL2.2 | menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2) |
CPL3.2 | mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2) |
CPL3.4 | mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (laporan mini riset) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4) |
CPL4.1 | mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- menjelaskan kegiatan pengetesan psikologis dan asesmen untuk keperluan penelitian dan psikodiagnostika di berbagai bidang[CPL1.11, CPL2.1]
- menjelaskan perkembangan tes psikologi [CPL2.1]
- menjelaskan prinsip-prinsip yang ada dalam psikodiagnostika. [CPL1.11, CPL2.1]
- menjelaskan konsep dasar asesmen psikologis menggunakan tes psikologi, metode observasi, wawancara, dan FGD dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, dan masyarakat. [CPL1.11, CPL2.1, CPL2.2]
- melakukan observasi, wawancara, dan FGD yang sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. [CPL1.11, CPL1.13, CPL2.2, CPL3.2, CPL3.4, CPL4.1]
- menjelaskan aplikasi observasi, wawancara, dan FGD di konteks penelitian dan bidang kerja Psikologi. [CPL2.1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Cohen-Swerdlik. (2009). Psychological testing and assessment: an introduction to test and measurement, seventh edition. McGraw-Hill
- Dilshad R. M., Latif M. I. (2013). Focus Group Interview as a Tool for Qualitative Research: An Analysis. Pakistan Journal of Social Sciences, 33(1), 191-198.
- Gorden, R.L. Basic Interviewing Skills.1992. F.E Peacock Publishers, Inc.
- Gregory, R., J. (2015). Psychological Testing: history, principles, and applications. Essex: Pearson Education Limited
- Farhana, S. (2010). Roles of the FGD team members. Canadian Social Science, 6(6), 180-185.
- Hennink, M. (2007). International focus group research: a handbook for the health and social sciences. Cambridge: Cambridge University Press.
- Irwin, D.M. & Bushnell, M.M. (1980). Observational for Child Study. Michigan: Holt, Rinehart, and Winston
- Krueger, R. A. (2002). Designing and Conducting Focus Group Interviews. Unpublished pocketbook.
- Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus groups: A practical guide for applied research. Thousand Oaks, Calif: Sage Publications
- Masadeh, M. (2012). Focus Group: Reviews and Practices. International Journal of Applied Science and Technology, 2(10), 63-68.
- Stewart, D.W. and Shamdasani, P.N. (2014). Focus Groups: Theory and Practice (3rd Ed), SAGE Publications, Inc., California, CA.
- Urbina, S. (2004). Essentials of psychological testing. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Stewart, C., J. & Cash Jr., W.B. (2018). Interviewing: Principles & Practices. New York: McGraw Hills.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Case 1: 15%
Case 2: 10%
Project Besar: 30%
UTS: 22,5%
UAS: 22,5%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Overview mata kuliah; kontrak belajar | Ceramah Diskusi |
|
2 | Pengantar Psikodiagnostika: 1. Pengertian dan ruang lingkup psikodiagnostika 2. Asesmen dan tes : Perbedaan, sifat dan fungsi Pembagian kelompok untuk jigsaw pencarian informasi kegiatan tes dan asesmen di unit-unit Fak Psikologi UGM | Ceramah Diskusi Pemaparan hasil diskusi |
|
3 | Sejarah perkembangan tes psikologi: 1. Awal mula tes pada masa kekaisaran China 2. Tes pada Abad ke 19 3. Pemikiran W.Wundt (pengaruh Eksperimental) 4. Pemikiran Francis Galton 5. Pemikiran James McKeen Cattel 6. Pemikiran Kraeplin 7. Pemikiran Ebbinghaus 8. Pemikiran Binet 9. Tes Klasikal 10. Tes Kognitif AJT | Ceramah Diskusi Pemaparan hasil diskusi |
|
4 | Aplikasi asesmen di unit Fakultas Psikologi UGM: Lab. Psikodiagnostika, UKP, LPKM, UPAP, CICP, CPMH, CLSD dan Lab. Mind Brain and Behavior (MBB) 🡪 kuliah dari unit dan lab di kelas
Pembagian kelompok ahli: Kelas A : semua kelompok yang mencari info ttg Lab PSD dan UPAP: Pengembangan alat Kelas B: semua kelompok yang mencari info ttg PAPS dan AJT Kelas C: semua kelompok yang mencari info ttg CLSD dan CPMH Kelas D: semua kelompok yang mencari informasi ttg Lab MBP dan CICP Kelas E: semua kelompok yang mencari informasi UKP dan LPKM
| Ceramah Aktivitas kelas: mendengar pemaparan contoh program asesmen yang ada di berbagai unit Fakultas Psikologi UGM Diskusi
mendengarkan materi dari perwakilan dari unit dan Lab, serta diskusi di kelompok masing-masing untuk membuat ringkasan materi dan bahan presentasi di kelompok heterogen pada pertemuan berikutnya |
|
5 | Aplikasi asesmen di unit Fakultas Psikologi UGM | Mini seminar: mahasiswa mempresentasikan asesmen unit Diskusi |
|
6 | Jenis tes psikologi | Ceramah Demonstrasi (exposure alat tes psikologi) |
|
7 | Tes dan isu budaya | Ceramah Diskusi Presentasi hasil diskusi |
|
8 | Prinsip dasar psikometrika dalam tes psikologi | Ceramah
Role play (menjadi tester dan testee)
Refleksi |
|
9 | Prinsip dasar etika dalam tes psikologi | Ceramah Diskusi (mengevaluasi reliabilitas dan validitas tes psikologi)
Refleksi |
|
10 | (1) Pengertian dan Pentingnya Observasi (2) Observasi sehari-hari dan observasi sebagai metode ilmiah (3) Observasi dalam penelitian dan psikodiagnostika (4) Observasi dan perkembangan ilmu Psikologi (5) Jenis Observasi
| Ceramah Review video Diskusi |
|
11 | (1) Pengertian strategi observasi (2) Observasi dengan strategi narrative types: (diary description, speciment description) (3) Teknis pencatatan hasil observasi menggunakan strategi naratif | Ceramah
Praktik (mengobservasi perilaku dan melakukan pencatatan naratif menggunakan media video berupa film)
Diskusi (umpan balik hasil praktik) |
|
12 | (1) Teknik pencatatan observasi menggunakan checklist (2) Time Sampling (3) Event Sampling (4) Penyusunan rancangan observasi menggunakan checklist (5) Teknis observasi dengan checklist dan time sampling
| Ceramah
Roleplay (mahasiswa melakukan roleplay sebagai orang yang dimintai oleh Komisi Penyiaran Indonesia mengenai film yang direkomendasikan pada anak terkait agresifitas yang terkandung dalam film yang telah disediakan)
Praktik (mengobservasi perilaku dan melakukan pencatatan checklist menggunakan media video berupa film)
Diskusi (umpan balik hasil praktik) |
|
13 | (1) Observasi Bahasa Non Verbal (2) Observasi dengan rating scale
| Ceramah
Diskusi (diskusi hasil pengamatan bahasa non verbal dari cuplikan video)
Praktik (menyusun rancangan observasi dengan rating scale (asisten sudah menyiapkan definisi dari perlikau target)
Roleplay (Leaderless Group Discussion)
Praktik (observasi LGD dan menulis hasil pencatatan observasi menggunakan rating scale)
Diskusi (feedback hasil praktik)
|
|
14 | (1) Validitas dan reliabilitas observasi (2) Macam-macam koding (3) Analisis Hasil Observasi (4) Reliabilitas dalam observasi | Ceramah
Diskusi (diskusi dan feedback analisis hasil obsrvasi menggunakan bahan hasil praktik di pertemuan-pertemuan sebelumnya: naratif, checklist, dan rating scale)
|
|
Ujian Tengah Semester | |||
15 | (1) Penjelasan Panduan Praktikum Observasi (2) Penyusunan rancangan praktikum observasi
| Ceramah
Praktik
Diskusi (dosen memberikan feedback terhadap draft rancangan praktikum
|
|
16 | (1) Pengertian dan pentingnya wawancara (2) Wawancara sebagai metode penelitian dan asesmen (3) Pemilihan responden wawancara | Ceramah
Roleplay (wawancara)
Diskusi (mahasiswa melakukan roleplay wawancara) |
|
17 | Jenis wawancara: (1) Terstruktur, semi, dan tak terstruktur (2) Langsung dan tidak langsung (3) Wawancara kognitif, behavioral
| Ceramah
Praktik (menyususn panduan wawancara semi terstruktur)
Diskusi (diskusi dan feedback panduan wawancara) |
|
18 | (1) alur wawancara (2) Keterampilan mikro wawancara: building rapport, teknik bertanya, mendengarkan empatik, probing | Ceramah
Roleplay (wawancara)
Diskusi (feedback wawancara) |
|
19 | (1) Behavioral Event Iinterview (BEI) (2) Appreciative Inquiry (AI) | Ceramah
Praktik (BEI)
Diskusi |
|
20 | (1) Wawancara kelompok (2) Focused Group Discussion (FGD) (3) Penyusunan rancangan FGD) | Ceramah
Roleplay (FDG)
Praktik (menyusun rancangan praktikum FGD)
|
|
21 | Penyusunan panduan praktikum wawancara (bagian dari praktikum wawancara) | Ceramah
Simulasi Wawancara
Praktik (menyusun panduan wawancara)
Diskusi (feedback panduan praktikum wawancara)
|
|
22 | Koding data wawancara
| Ceramah
Aktivitas kelas: mahasisaw mengamati contoh laporan OW
Diskusi |
|
23 | Praktikum
Menyusun panduan observasi dan wawancara sesuai format panduan praktikum | Praktik: Mahasiswa menyusun panduan praktikum OW |
|
24 | Review rancangan praktikum
| Diskusi |
|
25 | Praktikum Pengambilan data di lapangan dan penyusunan laporan | Praktik: Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil data di lapangan. |
|
26 | Aplikasi Observasi, Wawancara, dan FGD di bidang Psikologi dengan
| Ceraman (kuliah dosen tamu) |
|
27 | Praktikum * Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil dara di lapangan. Praktikum dengan asistensi | Pengambilan data di lapangan dan penyusunan laporan |
|
28 | Umpan balik dari dosen mengenai hasil draft laporan praktikum Keterangan: Mahasiswa masih ada waktu untuk menyelesaikan laporan sampai ujian
| Diskusi (Review rancangan) |
|
Ujian Akhir Semester |