[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam bidang asesmen psikologi, yang meliputi materi pengantar psikodiagnostika, observasi, wawancara, FGD, serta praktik asesmen menggunakan observasi dan wawancara. Materi ini bermanfaat untuk mahasiswa sebagai dasar untuk melakuan asesmen baik untuk kepentingan penelitian maupun psikodiagnostika. Mata Kuliah Asesmen Dasar merupakan matakuliah prasarat untuk mengambil  beberapa Mata Kuliah, antara lain: Asesmen Inteligensi, Asesmen Bakat, Asesmen Kepribadian (Proyektif dan Non-Proyektif), Konseling Psikologi, Konseling Kelompok, Psikoedukasi Komunitas, Psikologi Pemberdayaan Masyarakat, serta Skripsi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.11

menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap empatik (SN11)

CPL1.13

mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13)

CPL2.1

menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut. (PP1)

CPL2.2

menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2)

CPL3.2

mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2)

CPL3.4

mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (laporan mini riset) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4)

CPL4.1

mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

 

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. menjelaskan kegiatan pengetesan psikologis dan asesmen untuk keperluan penelitian dan psikodiagnostika di berbagai bidang[CPL1.11, CPL2.1]
  2. menjelaskan perkembangan tes psikologi [CPL2.1]
  3. menjelaskan prinsip-prinsip yang ada dalam psikodiagnostika. [CPL1.11, CPL2.1]
  4. menjelaskan konsep dasar asesmen psikologis menggunakan tes psikologi, metode observasi, wawancara, dan FGD dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, dan masyarakat. [CPL1.11, CPL2.1, CPL2.2]
  5. melakukan observasi,  wawancara, dan FGD yang sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. [CPL1.11, CPL1.13, CPL2.2, CPL3.2, CPL3.4, CPL4.1]
  6. menjelaskan aplikasi observasi, wawancara, dan FGD di konteks penelitian dan bidang kerja Psikologi. [CPL2.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Cohen-Swerdlik. (2009). Psychological testing and assessment: an introduction to test and measurement, seventh edition. McGraw-Hill
  2. Dilshad R. M., Latif M. I. (2013). Focus Group Interview as a Tool for Qualitative Research: An Analysis. Pakistan Journal of Social Sciences, 33(1), 191-198.
  3. Gorden, R.L. Basic Interviewing Skills.1992. F.E Peacock Publishers, Inc.
  4. Gregory, R., J. (2015). Psychological Testing: history, principles, and applications. Essex: Pearson Education Limited
  5. Farhana, S. (2010). Roles of the FGD team members. Canadian Social Science, 6(6), 180-185.
  6. Hennink, M. (2007). International focus group research: a handbook for the health and social sciences. Cambridge: Cambridge University Press.
  7. Irwin, D.M. & Bushnell, M.M. (1980). Observational for Child Study. Michigan: Holt, Rinehart, and Winston
  8. Krueger, R. A. (2002). Designing and Conducting Focus Group Interviews. Unpublished pocketbook.
  9. Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus groups: A practical guide for applied research. Thousand Oaks, Calif: Sage Publications
  10. Masadeh, M. (2012). Focus Group: Reviews and Practices. International Journal of Applied Science and Technology, 2(10), 63-68.
  11. Stewart, D.W. and Shamdasani, P.N. (2014). Focus Groups: Theory and Practice (3rd Ed), SAGE Publications, Inc., California, CA.
  12. Urbina, S. (2004). Essentials of psychological testing. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  13. Stewart, C., J. & Cash Jr., W.B. (2018). Interviewing: Principles & Practices. New York: McGraw Hills.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1.  

 

METODE PENILAIAN

Case 1:             15%

Case 2:             10%

Project Besar: 30%

UTS:                 22,5%

UAS:                 22,5%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Overview mata kuliah; kontrak belajar

Ceramah

Diskusi

 

2

Pengantar Psikodiagnostika:

1.    Pengertian dan ruang lingkup psikodiagnostika                          

2.    Asesmen dan tes : Perbedaan, sifat dan fungsi                                  Pembagian kelompok untuk jigsaw pencarian informasi kegiatan tes dan asesmen di unit-unit Fak Psikologi UGM

Ceramah

Diskusi

Pemaparan hasil diskusi

 

3

Sejarah perkembangan tes psikologi:

1.      Awal mula tes pada masa kekaisaran China                           

2.      Tes pada Abad ke 19                                                                   

3.      Pemikiran W.Wundt (pengaruh Eksperimental)     

4.       Pemikiran Francis Galton                                                          

5.      Pemikiran James McKeen Cattel                                                

6.      Pemikiran Kraeplin                                                                   

7.      Pemikiran Ebbinghaus                                                              

8.      Pemikiran Binet                                                                          

9.      Tes Klasikal 

10.  Tes Kognitif AJT     

Ceramah

Diskusi

Pemaparan hasil diskusi

 

4

Aplikasi asesmen di unit Fakultas Psikologi UGM:

Lab. Psikodiagnostika, UKP, LPKM, UPAP, CICP, CPMH, CLSD dan Lab. Mind Brain and Behavior (MBB)

🡪  kuliah dari unit dan lab di kelas

 

Pembagian kelompok ahli:

Kelas A : semua kelompok yang mencari info ttg Lab PSD dan UPAP: Pengembangan alat

Kelas B: semua kelompok yang mencari info ttg PAPS dan AJT

Kelas C: semua kelompok yang mencari info ttg CLSD dan CPMH

Kelas D: semua kelompok yang mencari informasi ttg Lab MBP dan CICP

Kelas E: semua kelompok yang mencari informasi UKP  dan LPKM

 

Ceramah

Aktivitas kelas: mendengar pemaparan contoh program asesmen yang ada di berbagai unit Fakultas Psikologi UGM

Diskusi

 

mendengarkan materi dari perwakilan dari unit dan Lab, serta diskusi di kelompok masing-masing untuk membuat ringkasan materi dan bahan presentasi  di kelompok heterogen pada pertemuan berikutnya                                             

 

5

Aplikasi asesmen di unit Fakultas Psikologi UGM

Mini seminar: mahasiswa mempresentasikan asesmen unit

Diskusi

 

6

Jenis tes psikologi

Ceramah

Demonstrasi (exposure alat tes psikologi)

 

7

Tes dan isu budaya

Ceramah

Diskusi

Presentasi hasil diskusi

 

8

Prinsip dasar psikometrika dalam tes psikologi

Ceramah

 

Role play (menjadi tester dan testee)

 

Refleksi

 

9

Prinsip dasar etika dalam tes psikologi

Ceramah

Diskusi (mengevaluasi reliabilitas dan validitas tes psikologi)

 

Refleksi

 

10

(1)   Pengertian dan Pentingnya Observasi                                         

(2)   Observasi sehari-hari dan observasi sebagai metode ilmiah                                               

(3)   Observasi dalam penelitian dan psikodiagnostika                    

(4)   Observasi dan  perkembangan ilmu Psikologi                    

(5)    Jenis Observasi   

 

Ceramah

Review video

Diskusi

 

11

(1)   Pengertian strategi observasi  

(2)   Observasi dengan strategi narrative types: (diary description, speciment description)

(3)   Teknis pencatatan hasil observasi menggunakan strategi naratif 

Ceramah

 

Praktik

(mengobservasi perilaku dan melakukan pencatatan naratif menggunakan media video berupa film)

 

Diskusi

(umpan balik hasil praktik)

 

12

(1)   Teknik pencatatan observasi menggunakan checklist

(2)   Time Sampling   

(3)   Event Sampling

(4)   Penyusunan rancangan observasi menggunakan checklist

(5)   Teknis observasi dengan checklist  dan time sampling

 

Ceramah

 

Roleplay

(mahasiswa melakukan roleplay sebagai orang yang dimintai oleh Komisi Penyiaran Indonesia mengenai film yang direkomendasikan pada anak terkait agresifitas yang terkandung dalam film yang telah disediakan)

 

Praktik

(mengobservasi perilaku dan melakukan pencatatan checklist menggunakan media video berupa film)

 

Diskusi

(umpan balik hasil praktik)

 

13

(1) Observasi Bahasa Non Verbal

(2) Observasi dengan rating scale

 

Ceramah

 

Diskusi (diskusi hasil pengamatan bahasa non verbal dari cuplikan video)

 

Praktik (menyusun rancangan observasi dengan rating scale (asisten sudah menyiapkan definisi dari perlikau target)

 

 

Roleplay

(Leaderless Group Discussion)

 

Praktik

(observasi LGD dan menulis hasil pencatatan observasi menggunakan rating scale)

 

Diskusi

(feedback hasil praktik)

 

 

14

(1)   Validitas dan reliabilitas observasi

(2)   Macam-macam koding                                                                            

(3)   Analisis Hasil Observasi 

(4)   Reliabilitas dalam observasi

Ceramah

 

Diskusi (diskusi dan feedback analisis hasil obsrvasi menggunakan bahan hasil praktik di pertemuan-pertemuan sebelumnya: naratif, checklist, dan rating scale)

 

 

 

Ujian Tengah Semester

15

(1)   Penjelasan Panduan Praktikum Observasi

(2)   Penyusunan rancangan praktikum observasi

 

Ceramah

 

Praktik

 

Diskusi (dosen memberikan feedback terhadap draft rancangan praktikum

 

 

16

(1)   Pengertian dan pentingnya wawancara                                  

(2)   Wawancara sebagai metode penelitian dan asesmen                      

(3)   Pemilihan responden wawancara    

Ceramah

 

Roleplay

(wawancara)

 

Diskusi

(mahasiswa melakukan roleplay wawancara)

 

17

Jenis wawancara:                                                                            

(1)   Terstruktur, semi, dan tak terstruktur                                         

(2)   Langsung dan tidak langsung                                                      

(3)   Wawancara kognitif, behavioral

 

Ceramah

 

Praktik

(menyususn panduan wawancara semi terstruktur)

 

Diskusi

(diskusi dan feedback panduan wawancara)

 

18

(1)   alur wawancara

(2)   Keterampilan mikro wawancara:  building rapport, teknik bertanya, mendengarkan empatik, probing

Ceramah

 

Roleplay (wawancara)

 

Diskusi

(feedback wawancara)

 

19

(1) Behavioral Event Iinterview (BEI)

(2) Appreciative Inquiry (AI)

Ceramah

 

Praktik

(BEI)

 

Diskusi

 

20

(1) Wawancara kelompok

(2) Focused Group Discussion (FGD)

(3) Penyusunan rancangan FGD)

Ceramah

 

Roleplay

(FDG)

 

Praktik

(menyusun rancangan praktikum FGD)

 

 

21

Penyusunan panduan praktikum wawancara

(bagian dari praktikum wawancara)

Ceramah

 

Simulasi Wawancara

 

Praktik

(menyusun panduan wawancara)

 

Diskusi

(feedback panduan praktikum wawancara)

 

 

22

Koding data wawancara

 

Ceramah

 

Aktivitas kelas: mahasisaw mengamati contoh laporan OW

 

Diskusi

 

23

Praktikum                                                                                    

 

Menyusun panduan observasi dan wawancara sesuai format panduan praktikum                                       

Praktik: Mahasiswa menyusun panduan praktikum OW

 

24

Review rancangan praktikum

 

Diskusi

 

25

Praktikum

Pengambilan data di lapangan dan penyusunan laporan                 

Praktik:

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil data di lapangan.

 

26

Aplikasi Observasi, Wawancara, dan FGD di bidang Psikologi dengan

 

 

Ceraman (kuliah dosen tamu)

 

27

Praktikum                                                                 

*  Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil dara di lapangan. Praktikum dengan asistensi

Pengambilan data di lapangan dan penyusunan laporan                 

 

28

Umpan balik dari dosen mengenai hasil draft laporan praktikum                                                                                           

Keterangan: Mahasiswa masih ada waktu untuk menyelesaikan laporan      sampai ujian

 

Diskusi

(Review rancangan)

 

Ujian Akhir Semester