[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Gangguan Mental (PSY4111) merupakan mata kuliah pilihan wajib bagi mahasiswa semester lima (tahun ketiga) di Fakultas Psikologi UGM.

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pengertian ‘gangguan’ dari berbagai perspektif, pendekatan interdisiplin dalam penanganan gangguan jiwa, dan riset dalam bidang gangguan mental (psikopatologi). Mahasiswa juga akan dikenalkan pada beberapa jenis gangguan mental, yaitu gangguan kecemasan, suasana perasaan, somatoform dan disosiatif, neurodevelopmental, penyalahgunaan zat, seksual dan gender, kepribadian, dan skizofrenia; termasuk bentuk-bentuk perawatan yang dapat disarankan untuk masing-masing gangguan tersebut.

Mahasiswa juga diajak untuk mengenal panduan diagnosis yang digunakan dalam penegakan diagnosis gangguan mental di Indonesia, yaitu: PPDGJ, DSM-IV dan DSM-5; serta mengenal proses penegakkan diagnosis multi-aksial melalui studi kasus. Dalam kuliah ini mahasiswa diberi kesempatan untuk berinteraksi secara virtual (tatap maya) dengan seorang penyintas gangguan mental, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), mengenali gejala-gejala gangguan mental yang tampak (observable) dan oleh karenanya menjadikan mahasiswa memiliki sikap yang lebih positif terhadap ODGJ.

Mata kuliah ini membahas tentang gangguan mental, yang bisa jadi, relevan dengan kondisi mahasiswa. Ada kemungkinan sebagian mahasiswa memiliki kerentanan dan/atau mengalami gangguan tersebut. Oleh karena itu, dalam MK ini juga dibahas mengenai opsi-opsi treatment termasuk alur pencarian bantuan (help-seeking) yang dapat dilakukan oleh orang dengan gangguan mental. Ditambah dengan pengetahuan untuk mengenali gejala (symptom) dari masing-masing gangguan, diharapkan mahasiswa yang mengikuti kuliah ini dapat aware bila mereka mengalami gangguan dan segera mencari pertolongan bila hal tersebut terjadi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.11

Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap empatik (SN11)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL2.3

Literasi teknologi informasi dan teknologi data (keterampilan lain yang mendukung) (PP3)

CPL4.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan perspektif teori psikopatologi terkait dinamika munculnya gangguan mental (C2) [CPL2.1, CPL2.3]
  2. Mampu menjelaskan gejala dan manifestasi perilaku gangguan mental (C2) [CPL2.1, CPL2.3]
  3. Mampu menganalisa kasus gangguan mental dengan menggunakan rumusan diagnosis multi-aksial (PPDGJ dan DSM IV) dan DSM 5 (C4) [CPL2.1, CPL4.5]
  4. Mampu menjelaskan penanganan gangguan mental dan peran profesional lintas disiplin terkait hal tersebutl (C2)  [CPL2.3]
  5. Mampu menjelaskan bentuk-bentuk asesmen psikopatologi (C2) [CPL2.1, CPL2.3]
  6. Mampu menunjukkan sikap positif kepada orang dengan gangguan mental (C3) [CPL1.11]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Barlow, D., et al. (2018). Abnormal Psychology an integrative approach. Boston: Cengage learning.
  2. Davison, G.C & Neale, J. M. (2012). Abnormal psychology 12th edition. New York: John Wiley and Son.
  3. Maslim, R. (2013). Diagnosis gangguan jiwa rujukan ringkas dari PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: PT Nuh Jaya.
  4. American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-IV-TR. Washington, DC: American Psychiatric Association.
  5. Wenar, C., et al. (2012). Developmental Psychopathology 6th edition. UK: McGraw-Hill

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Yuniarti, K., W., et al. (2020). Psikopatologi Lintas Budaya. Yogyakarta: UGM Press
  2. Video Gangguan Psikotik. https://www.youtube.com/watch?v=nlYkuMYNPU4&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=10
  3. Video Gangguan Somatoform. https://www.youtube.com/watch?v=YVGxFBG14uM&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=11
  4. Video Suicide Part 1. https://www.youtube.com/watch?v=b731XF1a6hg&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=15
  5. Video Gangguan Kecemasan. https://www.youtube.com/watch?v=5LwaApY0Dgo&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=31
  6. Video Gangguan Depresi. https://www.youtube.com/watch?v=IyjuFAcUzTs&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=39

 

METODE PENILAIAN

Ujian Tengah Semester

: 30%

Tugas Kelompok: makalah dan presentasi

: 15%

Tugas Kelompok: Analisis kasus

: 15%

Partisipasi kelas (presensi+keaktifan)

: 10%

Ujian Akhir Semester

: 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

1. Perkenalan, gambaran umum perkuliahan dan kontrak belajar

2. Pengantar Gangguan Mental

3. Gangguan Mental dalam Perspektif Psikopatologi

4. Gangguan Mental dalam

Perspektif Perkembangan

Pemaparan materi dosen dan diskusi

 

2

1. Asesmen dan Diagnosis Psikopatologi

2. Pengantar diagnosis multiaksial

Pemaparan materi dosen dan diskusi

 

3

Gangguan kecemasan

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

4

Gangguan suasana perasaan

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

5

 

 

 

6

Gangguan somatoform dan disosiatif

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

7

1. Gangguan neurodevelopmental

2. Perspektif psikopatologi perkembangan

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

Ujian Tengah Semester

8

Latihan diagnosis multi-aksial

(presentasi dan diskusi kasus)

Persentasi mahasiswa diskusi

 

9

Gangguan makan, tidur dan impulse control

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

10

Gangguan penyalahgunaan zat

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan

poin penting dari gangguan

 

11

Sexual Dysfunction, Gender Dysphoria, Paraphilia

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan

poin penting dari gangguan

 

12

Gangguan kepribadian

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

13

Skizofrenia

1. Jigsaw presentation

2. Tayangan video contoh per gangguan dan diskusi

3. Diskusi, tanya jawab, dan menjelaskan poin penting dari

gangguan

 

14

Kunjungan ke instansi terkait

masalah kesehatan mental, contoh RSJ, panti rehabilitasi dll

1. Pemaparan materi

2. Diskusi dan tanya jawab

 

Ujian Akhir Semester