[WPSM_AC id=16242]

(1 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berpikir kritis agar tidak hanya menjadi konsumen sebuah produk ilmu pengetahuan, namun juga dipersiapkan untuk menjadi ilmuwan yang berkontribusi dalam pengembangan tubuh keilmuan psikologi. Mata kuliah ini juga bertujuan membekali mahasiswa keterampilan yang diperlukan untuk menganalisis diskursus ilmiah dan menuliskannya dalam tulisan ilmiah. Selain itu, mata kuliah ini juga memperkenalkan kajian literatur sistematik dan tahapan-tahapannya, sebagai sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengkaji diskursus ilmiah.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.3

Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif psikologi (pemecahan masalah) (KU3)

CPL3.4

Mampu menuangkan hasil penelitian psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4)

CPL3.5

Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain) (KU5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu melakukan review artikel jurnal secara kritis [CPL3.1, CPL3.5]
  2. Mampu menuliskan diskursus ilmiah yang diperoleh dari hasil review artikel jurnal [CPL3.1, CPL3.3, CPL3.4]
  3. Mampu mengambil kesimpulan dari hasil-hasil penelitian yang tidak sejalan dan menuliskannya  [CPL3.1, CPL3.3, CPL3.4]
  4. Mampu menjelaskan pengertian systematic review dan tahapan-tahapannya [CPL3.1, CPL3.3, CPL3.4]
  5. Mampu menggunakan academic database dalam proses review jurnal [CPL3.5]
  6. Mampu menggunakan software reference manager dalam proses review jurnal [CPL3.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

  1. Cronin, P., Ryan, F., & Coughlan, M. (2008). Undertaking a literature review: a step-by-step approach. British Journal of Nursing, 17(1), 38-43.
  2. Tawfik, G. M., Dila, K. A. S., Mohamed, M. Y. F., Tam, D. N. H., Kien, N. D., Ahmed, A. M., & Huy, N. T. (2019). A step by step guide for conducting a systematic review and meta-analysis with simulation data. Trop Med Health, 47, 46. https://doi.org/10.1186/s41182-019-0165-6
  3. Aromataris, E., & Pearson, A. (2014). The systematic review: An overview. AJN The American Journal of Nursing, 114(3), 53-58.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Keaktifan dalam kelas                          : 10%

UTS: Tugas Kelompok + Peer Rating    : 45%

UAS: Tugas Individu                              : 45%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

●     Perkenalan, gambaran umum perkuliahan dan kontrak belajar

●     Overview MK

Ceramah, Diskusi

Ref 1

2

3

Diskursus Ilmiah dan Critical Thinking

Ceramah, Diskusi

Ref 1

4

5

Mengevaluasi artikel jurnal secara kritis

Ceramah, Diskusi

Ref 1

6

7

Menuliskan kajian terhadap diskursus ilmiah

Ceramah, Diskusi

Ref 1

8

9

Mengambil kesimpulan secara kritis dari hasil-hasil penelitian dalam artikel jurnal

Ceramah, Diskusi

Ref 1

10

Ujian Tengah Semester

11

Pengantar Systematic Review dan pengenalan protokol systematic review

Ceramah, Diskusi

Ref 2 dan 3

12

13

Tahapan dalam systematic review

Ceramah, Diskusi

Ref 2 dan 3

14

Ujian Akhir Semester