[WPSM_AC id=16242]

(4 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Psikologi Pendidikan bertujuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip psikologi dalam praktik pendidikan dan pembelajaran formal, non-formal, dan informal. Mahasiswa diharapkan mampu memahami lingkup pengembangan diri sebagai calon profesional (scientist atau praktisi) di bidang pendidikan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (SN3)

CPL1.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1)

CPL3.3

Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah). (KU3)

CPL4.2

Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul). (KK2)

CPL4.3

Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental). (KK3)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dan prinsip-prinsip Psikologi dalam  praktik pendidikan dan pembelajaran formal, non-formal, dan informal. [CPL2.1]
  2. Mampu membandingkan berbagai pendekatan Psikologi dalam konteks pendidikan  dan melakukan analisis pendekatan yang tepat untuk suatu permasalahan.  [CPL2.1, CPL3.3]
  3. Mampu mengevaluasi kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan formal,  non-formal, maupun informal. [CPL1.6, CPL3.1, CPL3.3]
  4. Memiliki kepekaan terhadap permasalahan di bidang pendidikan dan mampu  memberikan alternatif solusi berdasarkan penelitian-penelitian mutakhir.  [CPL1.3, CPL1.6, CPL4.2, CPL4.3]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice 12th edition. Pearson
  2. Eggen, P., Kauchak, D. (2016). Educational psychology: Windows on classrooms, global edition 10th edition. Pearson Education
  3. Gazzaniga, M.. Heatherton, T., & Halpern, D. (2016). Psychological science. W.W. Northon
  4. Santrock, J. W. (2011). Educational psychology 5th ed. McGraw Hill
  5. Snowman, J., McCown, R., & Biehler, R. (2010). Psychology applied to teaching. Wadsworth, Cengage Learning.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Saptandari, E. W. (2019). Understanding Indonesian primary school teachers’ social-emotional practice. Doctoral Dissertation. Massey University: Unpublished

 

METODE PENILAIAN

Tugas Individu (REACTION Paper)   : 15%

Tugas Kelompok                              : 25%

Kuis                                                  : 10%

Ujian Tengah Semester                   : 25%

Ujian Akhir Semester                       : 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Ch. 1 (Slavin, 2018)

2

Teori-teori dasar psikologi perkembangan yang diaplikasikan dalam pendidikan (Kognitif & Bahasa)

Ceramah, Diskusi, Kuis jeopardy, Debat

Ch. 2 (Slavin, 2018)

3

4

Teori-teori dasar psikologi perkembangan yang diaplikasikan dalam pendidikan (Sosio Emosional & Moral)

Ceramah, Diskusi,  Review jurnal

Ch. 3 (Slavin, 2018)

5

6

Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Pendidikan

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Ch. 2 (Slavin, 2018)

7

Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Pendidikan

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Ch. 2 (Slavin, 2018)

8

Teori Social Cognitive Theory (SCT) dan aplikasinya dalam pendidikan

Ceramah

Diskusi

Ch. 6 (Slavin, 2018)

9

Teori Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Eggen & Kauchak (2016)

Gazzaniga et al. (2016)

Santrock (2011)

Snowman et al. (2010)

10

Teori Psikologi Kognitif dan aplikasinya dalam bidang Pendidikan (1)

Ceramah, Diskusi, Kuis

Ch. 5, p. 112

(Slavin, 2018)

11

Teori Psikologi Kognitif dan aplikasinya dalam bidang Pendidikan (2)

Ceramah, Diskusi, Kuis

Ch. 5, p. 112

(Slavin, 2018)

12

Aplikasi Pembelajaran Efektif

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Ch. 7 (Slavin, 2018)

13

Metode Pembelajaran - Pendekatan Konstruktivistik

Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran

Ch. 8, p. 186

(Slavin, 2018)

14

Aplikasi Pendekatan teori Psikologi dalam Pendidikan

Kuliah dosen tamu, QnA

 

Ujian Tengah Semester

15

Pembelajaran berbasis teknologi

Ceramah, Diskusi

Ch. 9, p. 228 (Slavin)

16

Keberagaman Pembelajar

Diskusi,

Membuat podcast

Ch. 12, p. 300

(Slavin, 2018)

17

Keunikan Pembelajar

Review video, Review artikel, Diskusi

Ch. 12, p. 64

(Slavin, 2018)

18

Motivasi Belajar

Video pembelajaran,

Diskusi

Ch. 10, p. 246

(Slavin, 2018)

19

20

Lingkungan Belajar yang Efektif (Manajemen Kelas)

Video pembelajaran,

Diskusi

Ch.. 11, p. 270

(Slavin, 2018)

21

22

Tes Terstandar

Ceramah, Diskusi

Ch. 14, (Slavin, 2018)

23

Evaluasi Hasil Pembelajaran

Ceramah, Diskusi

Ch.. 13, p. 338

(Slavin, 2018)

24

Aplikasi pengelolaan keberagaman dan keunikan di bidang pendidikan

Kuliah dosen tamu, QnA

 

25

Presentasi hasil observasi di lapangan

Presentasi, QnA, Refleksi

 

26

27

28

Ujian Akhir Semester