[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Psikologi Pendidikan bertujuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip psikologi dalam praktik pendidikan dan pembelajaran formal, non-formal, dan informal. Mahasiswa diharapkan mampu memahami lingkup pengembangan diri sebagai calon profesional (scientist atau praktisi) di bidang pendidikan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (SN3) |
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah). (KU3) |
CPL4.2 | Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul). (KK2) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental). (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dan prinsip-prinsip Psikologi dalam praktik pendidikan dan pembelajaran formal, non-formal, dan informal. [CPL2.1]
- Mampu membandingkan berbagai pendekatan Psikologi dalam konteks pendidikan dan melakukan analisis pendekatan yang tepat untuk suatu permasalahan. [CPL2.1, CPL3.3]
- Mampu mengevaluasi kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan formal, non-formal, maupun informal. [CPL1.6, CPL3.1, CPL3.3]
- Memiliki kepekaan terhadap permasalahan di bidang pendidikan dan mampu memberikan alternatif solusi berdasarkan penelitian-penelitian mutakhir. [CPL1.3, CPL1.6, CPL4.2, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice 12th edition. Pearson
- Eggen, P., Kauchak, D. (2016). Educational psychology: Windows on classrooms, global edition 10th edition. Pearson Education
- Gazzaniga, M.. Heatherton, T., & Halpern, D. (2016). Psychological science. W.W. Northon
- Santrock, J. W. (2011). Educational psychology 5th ed. McGraw Hill
- Snowman, J., McCown, R., & Biehler, R. (2010). Psychology applied to teaching. Wadsworth, Cengage Learning.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Saptandari, E. W. (2019). Understanding Indonesian primary school teachers’ social-emotional practice. Doctoral Dissertation. Massey University: Unpublished
METODE PENILAIAN
Tugas Individu (REACTION Paper) : 15%
Tugas Kelompok : 25%
Kuis : 10%
Ujian Tengah Semester : 25%
Ujian Akhir Semester : 25%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Ch. 1 (Slavin, 2018) |
2 | Teori-teori dasar psikologi perkembangan yang diaplikasikan dalam pendidikan (Kognitif & Bahasa) | Ceramah, Diskusi, Kuis jeopardy, Debat | Ch. 2 (Slavin, 2018) |
3 | |||
4 | Teori-teori dasar psikologi perkembangan yang diaplikasikan dalam pendidikan (Sosio Emosional & Moral) | Ceramah, Diskusi, Review jurnal | Ch. 3 (Slavin, 2018) |
5 | |||
6 | Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Pendidikan | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Ch. 2 (Slavin, 2018) |
7 | Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Pendidikan | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Ch. 2 (Slavin, 2018) |
8 | Teori Social Cognitive Theory (SCT) dan aplikasinya dalam pendidikan | Ceramah Diskusi | Ch. 6 (Slavin, 2018) |
9 | Teori Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Eggen & Kauchak (2016) Gazzaniga et al. (2016) Santrock (2011) Snowman et al. (2010) |
10 | Teori Psikologi Kognitif dan aplikasinya dalam bidang Pendidikan (1) | Ceramah, Diskusi, Kuis | Ch. 5, p. 112 (Slavin, 2018) |
11 | Teori Psikologi Kognitif dan aplikasinya dalam bidang Pendidikan (2) | Ceramah, Diskusi, Kuis | Ch. 5, p. 112 (Slavin, 2018) |
12 | Aplikasi Pembelajaran Efektif | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Ch. 7 (Slavin, 2018) |
13 | Metode Pembelajaran - Pendekatan Konstruktivistik | Ceramah, Diskusi, Video pembelajaran | Ch. 8, p. 186 (Slavin, 2018) |
14 | Aplikasi Pendekatan teori Psikologi dalam Pendidikan | Kuliah dosen tamu, QnA |
|
Ujian Tengah Semester | |||
15 | Pembelajaran berbasis teknologi | Ceramah, Diskusi | Ch. 9, p. 228 (Slavin) |
16 | Keberagaman Pembelajar | Diskusi, Membuat podcast | Ch. 12, p. 300 (Slavin, 2018) |
17 | Keunikan Pembelajar | Review video, Review artikel, Diskusi | Ch. 12, p. 64 (Slavin, 2018) |
18 | Motivasi Belajar | Video pembelajaran, Diskusi | Ch. 10, p. 246 (Slavin, 2018) |
19 | |||
20 | Lingkungan Belajar yang Efektif (Manajemen Kelas) | Video pembelajaran, Diskusi | Ch.. 11, p. 270 (Slavin, 2018) |
21 | |||
22 | Tes Terstandar | Ceramah, Diskusi | Ch. 14, (Slavin, 2018) |
23 | Evaluasi Hasil Pembelajaran | Ceramah, Diskusi | Ch.. 13, p. 338 (Slavin, 2018) |
24 | Aplikasi pengelolaan keberagaman dan keunikan di bidang pendidikan | Kuliah dosen tamu, QnA |
|
25 | Presentasi hasil observasi di lapangan | Presentasi, QnA, Refleksi |
|
26 | |||
27 | |||
28 | |||
Ujian Akhir Semester |