[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Statistika II adalah kuliah lanjutan Statistika I yang mencakup materi mengenai konsep statistika inferensial, analisis uji perbedaan (Anova) dan uji prediksi (regresi). Materi yang diberikan pada mata kuliah ini merupakan pendalaman dari materi-materi yang diberikan sebelumnya untuk mendukung aktivitas mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Materi-materi pada mata kuliah Statistika II dipilih berdasarkan pertimbangan dari aspek teoritis maupun praktis. Dari aspek teoritis, teknik-teknik analisis yang diajarkan merupakan landasan untuk mendalami materi-materi di tingkat yang lebih lanjut. Dari aspek praktis, teknik-teknik yang diajarkan pada mata kuliah ini merupakan teknik-teknik analisis yang biasa dipakai dalam keperluan penelitian maupun keperluan praktis ketika mahasiswa sudah bekerja.

Pertemuan pada mata kuliah ini lebih banyak disajikan dalam bentuk kombinasi antara ceramah mengenai materi berupa konsep-konsep teoritis oleh dosen pengampu dan praktek pengoperasian teknik analisis statistika yang diajarkan melalui perangkat lunak analisis data (misalnya Jamovi).

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (SN8)

CPL1.10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (SN10)

CPL1.13

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2)

CPL2.3

Literasi teknologi informasi dan teknologi data (keterampilan lain yang mendukung) (PP3)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.2

Mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2)

CPL3.5

Mampu menggunakan teknologi informasi (aplikasi dan keterampilan lain) (KU5)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

CPL4.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memperoleh pengetahuan mengenai konsep-konsep pengujian statistika pada level lanjut (statistika inferensial tingkat lanjut). Memahami prinsip-prinsip dasar dalam merumuskan, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan mengenai informasi baik berupa data yang diperoleh dari fenomena secara ilmiah.  [CPL1.8, CPL1.10, CPL1.13, CPL2.2, CPL2.3]
  2. Memperoleh pengetahuan dalam memilih teknik analisis yang sesuai dengan jenis data, tujuan analisis dan keperluan penelitian. Mampu membandingkan kelebihan dan keterbatasan berbagai macam teknik analisis statistika dalam bidang psikologi dan memilih teknik analisis statistika yang tepat sesuai dengan situasi, kondisi dan tujuan penelitian. [CPL2.2, CPL2.3]
  3. Memperoleh pengetahuan dalam memahami hasil analisis statistika yang dilaporkan oleh jurnal-jurnal hasil penelitian dan hasil-hasil penelitian. Mampu menggunakan dan menerapkan teknik yang tepat dalam menganalisis data penelitian psikologi secara praktis. [CPL4.1, CPL4.5]
  4. Memperoleh keterampilan dalam bekerja dengan perangkat lunak statistik yang digunakan untuk tes-tes yang diajarkan dalam mata kuliah ini. Mampu membaca hasil analisis data dan menginterpretasi dalam pengembangan penelitian psikologi. [CPL2.2, CPL2.3, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.5, CPL4.1, CPL4.5]
  5. Memperoleh pengetahuan dan keterampilan membaca, melaporkan dan menjadikan (reporting) output tes yang diajarkan dalam mata kuliah ini dalam bentuk tabel, grafik maupun narasi dalam kaidah karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah APA. Mampu melaporkan hasil analisis data penelitian dalam karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan berstandar internasional. [CPL3.1, CPL3.2, CPL3.5, CPL4.1, CPL4.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Aron, A., Aron, E., & Coups, E. J. (2012). Statistics for psychology. Pearson Education.
  2. Borualogo, I. S. (2021). The role of parenting style to the feeling of adequately heard and subjective well-being in perpetrators and bullying victims. Jurnal Psikologi, 48(1), 96-117.
  3. Cohen, R.J. & Swerdlik, M.E. (2009). Psychological testing and assessment: An introduction to tests and measurement, (7th Edition). McGraw Hill.
  4. Field, A. (2013). Discovering statistics using SPSS. Sage publications.
  5. Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2013). Statistics for the behavioral sciences 9th edition. Wadsworth Publishing.
  6. Hadi, S. (1999). Statistik. Andi Offset.
  7. Siegel, S. (1956). Nonparametric statistics for the behavioral sciences.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Lilian, F., Elgeka, H. W. S., & Hariyanto, V. (2021). Product brokering efficiency as a mediator of online product recommendation and customer loyalty. Jurnal Psikologi, 48(3), 214-227.
  2. Maulina, D., Hakim, I. M., Arasy, L. N., Millatina, M. D., & Siregar, E. S. (2020). Should I trust social media? How media credibility and language affect false memory. Jurnal Psikologi, 47(3), 239-252.
  3. Sari, C. K., Tondok, M. S., & Muttaqin, D. (2020). The role of sexual self-control as moderator between sexual desire and premarital sexual behaviors. Jurnal Psikologi, 47(1), 43-55.

 

METODE PENILAIAN

Tugas individu                                                   : 20%

Laporan kelompok: Analisis data sekunder     : 20%

Presentasi kelompok: Analisis data sekunder  : 10%

UTS: Ujian tertulis                                             : 25%

UAS: Ujian tertulis                                            : 25%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Overview Mata Kuliah: Review konsep statistika deskriptif dan inferensial

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

2

Reviu statistika inferensial:

1.  Hipotesis

2.  Uji komparasi

3.  Uji korelasi

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

3

Asumsi statistika inferensial

1.  Uji asumsi normalitas

2.  Uji asumsi homogenitas

3.  Uji asumsi linearitas

4.  Uji asumsi multikolinearitas

5.  Uji asumsi Sphericity

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

4

Anova- One-Way:

1.  Konsep variance between-within

2.  Sum Square

3.  Mean Square

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

5

Anova- Two-way Factorial tanpa interaksi:

1.  Main effect

2.  Simple Effect

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

Maulina et al. (2020)

6

Anova- Repeated Measure

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

7

Statistika non-parametrik

Ceramah, Praktek, Diskusi

Siegel (1956)

Ujian Tengah Semester

8

Korelasi Parsial/Semi Parsial - Korelasi Berganda:

1.    Paparan konsep korelasi

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

9

Analisis Regresi Linier:

1.      Prediksi

2.      Korelasi

3.      Variabel Dummy

4.      Korelasi Parsial

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

Borualogo (2021)

10

Analisis Regresi Linier Berganda:

1.      Metode enter

2.      Metode stepwise

3.      Metode backward

4.      Metode hierarchical

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

11

Analisis Regresi dengan Variabel Mediator

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

Lilian et al. (2021)

12

Analisis Regresi dengan Variabel Moderator

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

Sari et al. (2020)

13

Analisis Regresi Logistik:

1.      Hipotesis

2.      Konsep interaksi

Ceramah, Praktek, Diskusi

Aron et al. (2012)

14

Presentasi kelompok

Presentasi

 

Ujian Akhir Semester