[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar di bidang psikologi klinis. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami teori-teori dasar, aplikasi psikologi klinis dalam praktek psikologi dan manfaatnya dalam kehidupan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9) |
CPL1.13 | Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13) |
CPL2.2 | Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2) |
CPL2.4 | Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL3.4 | Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
CPL4.5 | Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu memahami sejarah, ruang lingkup psikologi klinis, pendidikan dan karir di bidang psikologi klinis [CPL1.9, CPL2.4]
- Mampu memahami psikologi klinis dan terapannya (mikro dan makro), serta mengkomunikasikan kritik secara efektif (lisan dan tulisan) tentang isu-isu terkini di bidang psikologi klinis [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.4, CPL3.3, CPL3.4, CPL4.5]
- Mampu memahami, mengidentifikasi, dan menjelaskan asesmen psikologi klinis serta dasar pendekatan, level, dan populasi intervensi psikologi klinis. [CPL1.9, CPL3.3, CPL4.1]
- Mampu berpikir kritis dalam menganalisis penelitian-penelitian terkini dengan tema psikologi klinis serta mampu menjelaskan pentingnya scientist-practitioner model of clinical psychology [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.2, CPL2.4, CPL4.5]
- Mampu secara kritis menganalisis framework etis pada praktik dan penelitian psikologi klinis [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.4, CPL4.5]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Sundberg, N.D., Taplin, Winebarger, A.A., Taplin, J. 2002. Clinical psychology: Evolving theory, practice, and research (4th. Ed.). Upper Saddle River, N.J,: Prentice-Hall
- Sundberg, N. D., Winebarger, A. A., & Taplin, J. R. (2007). Psikologi Klinis Perkembangan Teori, Praktik, dan Penelitian. Terjemahan dari judul asli: Clinical Psychology oleh Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Kramer, G. P., Bernstein, D. A., & Phares, V. (2019). Introduction to clinical psychology. Cambridge University Press.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Kuis (4x) | : 20% |
Tugas Individu: Esai Argumentatif | : 20% |
UTS : Ujian tertulis pilihan ganda | : 30% |
UAS : Ujian tertulis pilihan ganda | : 30% |
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Pengantar dan ruang lingkup psikologi klinis | Kelas besar |
|
2 | Sejarah Perkembangan Psikologi Klinis di dunia dan Indonesia | Kelas paralel, kuis |
|
3 | Metode riset dan riset-riset Psikologi Klinis | Kelas paralel |
|
4 | Pengantar Asesmen: Wawancara dan Observasi Klinis | Kuliah umum |
|
5 | Pengantar Asesmen: Psikotes (Tes Inteligensi, Tes Neuropsikologi | Kelas paralel, kuis |
|
6 | Desain, keputusan, komunikasi, dan etika | Kelas paralel |
|
7 | Karir dan Isu Profesional di bidang Psikologi Klinis | Kelas besar |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Pengantar Intervensi Klinis | Kelas Besar |
|
9 | Intervensi Anak dan Remaja | Kelas Paralel |
|
10 | Intervensi Dewasa | Kelas Paralel |
|
11 | Intervensi Usia Lanjut | Kelas Paralel |
|
12 | Psikologi Kesehatan, Neuropsikologi, dan Psikofarmakologi | Kelas Paralel |
|
13 | Psikologi Forensik | Dosen tamu |
|
14 | Isu-isu terkini Psikologi Klinis | Kelas Umum, diskusi, class-wrap-up |
|
Ujian Akhir Semester |