[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar di bidang psikologi klinis. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami teori-teori dasar, aplikasi psikologi klinis dalam praktek psikologi dan manfaatnya dalam kehidupan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9)

CPL1.13

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yg sesuai) (PP2)

CPL2.4

Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4)

CPL3.3

Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3)

CPL3.4

Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1)

CPL4.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu memahami sejarah, ruang lingkup psikologi klinis, pendidikan dan karir di bidang psikologi klinis [CPL1.9, CPL2.4]
  2. Mampu memahami psikologi klinis dan terapannya (mikro dan makro), serta mengkomunikasikan kritik secara efektif (lisan dan tulisan) tentang isu-isu terkini di bidang psikologi klinis [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.4, CPL3.3, CPL3.4, CPL4.5]
  3. Mampu memahami, mengidentifikasi, dan menjelaskan asesmen psikologi klinis serta dasar pendekatan, level, dan populasi intervensi psikologi klinis. [CPL1.9, CPL3.3, CPL4.1]
  4. Mampu berpikir kritis dalam menganalisis penelitian-penelitian terkini dengan tema psikologi klinis serta mampu menjelaskan pentingnya scientist-practitioner model of clinical psychology [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.2, CPL2.4, CPL4.5]
  5. Mampu secara kritis menganalisis framework etis pada praktik dan penelitian psikologi klinis [CPL1.9, CPL1.13, CPL2.4, CPL4.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Sundberg, N.D., Taplin, Winebarger, A.A., Taplin, J. 2002. Clinical psychology: Evolving theory, practice, and research (4th. Ed.). Upper Saddle River, N.J,: Prentice-Hall
  2. Sundberg, N. D., Winebarger, A. A., & Taplin, J. R. (2007). Psikologi Klinis Perkembangan Teori, Praktik, dan Penelitian. Terjemahan dari judul asli: Clinical Psychology oleh Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Kramer, G. P., Bernstein, D. A., & Phares, V. (2019). Introduction to clinical psychology. Cambridge University Press.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Kuis (4x)

: 20%

Tugas Individu: Esai Argumentatif

: 20%

UTS : Ujian tertulis pilihan ganda

: 30%

UAS : Ujian tertulis pilihan ganda

: 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Pengantar dan ruang lingkup psikologi klinis

Kelas besar

 

2

Sejarah Perkembangan Psikologi Klinis di dunia dan Indonesia

Kelas paralel, kuis

 

3

Metode riset dan riset-riset Psikologi Klinis

Kelas paralel

 

4

Pengantar Asesmen: Wawancara dan Observasi Klinis

Kuliah umum

 

5

Pengantar Asesmen: Psikotes (Tes Inteligensi, Tes Neuropsikologi

Kelas paralel, kuis

 

6

Desain, keputusan, komunikasi, dan etika

Kelas paralel

 

7

Karir dan Isu Profesional di bidang Psikologi Klinis

Kelas besar

 

Ujian Tengah Semester

8

Pengantar Intervensi Klinis

Kelas Besar

 

9

Intervensi Anak dan Remaja

Kelas Paralel

 

10

Intervensi Dewasa

Kelas Paralel

 

11

Intervensi Usia Lanjut

Kelas Paralel

 

12

Psikologi Kesehatan, Neuropsikologi, dan Psikofarmakologi

Kelas Paralel

 

13

Psikologi Forensik

Dosen tamu

 

14

Isu-isu terkini Psikologi Klinis

Kelas Umum, diskusi, class-wrap-up

 

Ujian Akhir Semester