Dalam presentasinya, Prof. Osgood menjelaskan tentang sejarah dan dinamika perkembangan pendidikan inklusi di Amerika Serikat. Isu tersebut dirasa semakin santer dan panas karena sangat berdekatan dengan isu diskriminasi dan ras. Beliau juga memaparkan tentang perbedaan paradigma pendidikan inklusi dan pendidikan umum. Pendidikan umum menekankan bahwa seorang anak berkebutuhan khusus harus menyesuaikan dengan kurikulum sekolah. Sementara pendidikan inklusi mementingkan bagaimana kurikulum dan sekolah didesain agar memungkinkan anak berkebutuhan khusus dapat bersekolah dengan anak lainnya.
Diskusi semakin menarik dengan pertanyaan-pertanyaan cerdas dari para peserta kuliah. Hadirnya Prof. Osgood di Fakultas Psikologi UGM telah memberi inspirasi bagi para civitas akademika di fakultas ini untuk lebih meningkatkan karya guna bermanfaat bagi sesama. Dikaitkan dengan bencana Merapi, apa yang telah beliau sampaikan dapat dipraktekan untuk memperlakukan anak-anak korban bencana yang menjadi difabel.