Persiapan Menghadapi Dunia Kerja, Career Center Fakultas Psikologi UGM Adakan Career Preparation Starter Pack

Career Center Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan Career Preparation Starter Pack yang bertujuan agar calon pekerja dapat mengetahui tips-tips keren tentang pembuatan curriculum vitae (CV), cara menghadapi wawancara, dan strategi perencanaan karir sejak dini, Rabu (10/07). Acara yang dinarasumberi oleh Koordinator Projek Internasional Bright Internships, Yemima Priambodo, dilakukan secara daring melalui zoom meeting. 

Yemima mengingatkan pentingnya memiliki perencanaan jenjang karir sejak dini, “Jenjang karir adalah rencana karir jangka panjang yang dilengkapi dengan langkah-langkah yang harus diambil untuk mendapatkan karir yang diinginkan di masa depan. Membuat jenjang karir dapat dimulai dari mendefinisikan target karir, mengetahui potensi dan kemampuan diri, banyak melakukan riset lapangan terkait karir yang diinginkan, dan berani memulai perjalanan karir”. 

Tidak cukup disitu, Yemima juga menjelaskan lebih detail perjalanan seseorang untuk mendapatkan karir, “Petualangan dimulai dari mengetahui passion dan target karir, memulai perencanaan, mempersiapkan CV, belajar wawancara, memiliki personal branding, follow up terkait apa yang sudah direncanakan, memperluas pergaulan, meningkatkan kemampuan, dan akhirnya mendapatkan pekerjaan atau posisi yang diinginkan”.

Yemima menekankan pentingnya CV dalam upaya pencarian karir karena hal ini menunjukkan kualitas dan kemampuan unggul yang dimiliki individu, “CV sangat membantu HRD untuk melihat potensi yang dimiliki para kandidat kemudian memilih orang-orang yang pantas mendapatkan kesempatan wawancara pada ronde pertama”. 

Selanjutnya Yemima memberikan tips pembuatan CV, “CV sebaiknya dibuat di rentang 1-2 halaman, memakai kata kerja, tersedia dalam beberapa bahasa, dan memiliki desain yang menarik. Isi CV dapat memuat informasi personal, pendidikan, pekerjaan, pengalaman penelitian, publikasi, kualifikasi profesional, penghargaan, aktivitas, kemampuan, dan ketertarikan”.

Wawancara menjadi tahap selanjutnya yang akan dilalui calon pekerja setelah lolos berkas administrasi. Yemima memberikan beberapa tips agar calon calon pekerja dapat melalui wawancara dengan baik, “Persiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan muncul, berlatihlah di depan kerja dengan memperhatikan bahasa tubuh dan mimik wajah, persiapkan busana formal yang bagus, dan terakhir tampil dengan penuh antusias dan percaya diri”.

Penulis : Relung Fajar Sukmawati