(7/11) Peran ilmu psikologi dalam dunia teknologi saat ini menajdi semakin luas, diantaranya dalam tech industry atau umumnya lebih dikenal dengan dunia start up. Tech industry sendiri merupakan bidang bisnis yang memanfaatkan teknologi dan informasi yang menghasilkan produk digital hingga digital services. Berangkat pada fenomena ini, Pengen Ngobol Episode 6 kali ini mengangkat topik A Human Centered-Approach in Tech Industry.
Acara yang merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Dies Natalis Fakultas Psikologi UGM ke-56 ini dihadiri oleh 60 partisipan, diantaranya para calon wisudawan periode November 2020. Fuad Hamsyah, S.Psi., M.Sc., selaku Sekertaris Prodi S1 Fakultas Psikologi UGM membuka acara dengan sambutan singkat yang kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh narasumber.
Nur Zidny Ilmanafia, alumni Fakultas Psikologi UGM angkatan 2014 berkesempatan menjadi pembicara pada kesempatan ini. Zidny yang saat bekerja di bidang tech-industry sebagai UX Researcher di Jabar Digital Services menyampaikan, “Proses design itu sangat human centric, sehingga akan sangat menjadi nilai plus jika researcher memahami sudut pandang psikologi”. Psikologi memiliki kesempatan besar untuk berkontribusi pada bidang ini, khususnya proses mendesain produk digital.
Disamping itu, narasumber kedua Mohammad Rieza Rakhman, Consumer Engagement Associate Manager di Gojek yang juga merupakan alumni Fakultas Psikologi UGM turut membagikan pengalamannya selama bekerja di dunia start-up. Ilmu psikologi pun memiliki peran dalam dunia marketing yang ia tekuni saat ini, “Dulu memetakan consumer hanya berdasakan pendapatan, namun sekarang banyak dipetakan berdasarkan psikografik, needsnya bagaimana, pola perilakunya bagaimana” tambah Rieza.
Melalui acara ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh perspektif baru mengenai karir di dunia tech-industry.