Peneliti: Galang Lufityanto, S.Psi., M.Psi.
Abstrak
Seiring dengan perkembangan jaman, konsumen kini semakin terdidik dan tak jarang menuntut banyak hal dari pihak perusahaan pemberi jasa. Malangnya, tidak semua perusahaan siap menghadapinya. Untuk mengatasinya, beberapa perusahaan berinisiatif untuk memberikan berbagai macam pelatihan pelayanan prima terhadap karyawannya, namun tetap tidak membuahkan hasil. Kegagalan tersebut umumnya disebabkan karena perusahaan yang bersangkutan tidak menerapkan pemberian umpan balik secara berkala pasca pelatihan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas coaching dengan metode pemberian umpan balik dalam membudayakan prinsip pelayanan prima pada suatu instansi pelayanan medis di Yogyakarta. Umpan balik diberikan dengan acuan Key Performance Indicators yang diukur setiap minggunya. Penelitian ini melibatkan dua puluh orang perawat sebagai subjek penelitian, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Coaching dengan metode umpan balik dilakukan selama lima kali pertemuan, dua minggu sekali, dengan durasi masing-masing pertemuan 120 menit.
Abstrak
Seiring dengan perkembangan jaman, konsumen kini semakin terdidik dan tak jarang menuntut banyak hal dari pihak perusahaan pemberi jasa. Malangnya, tidak semua perusahaan siap menghadapinya. Untuk mengatasinya, beberapa perusahaan berinisiatif untuk memberikan berbagai macam pelatihan pelayanan prima terhadap karyawannya, namun tetap tidak membuahkan hasil. Kegagalan tersebut umumnya disebabkan karena perusahaan yang bersangkutan tidak menerapkan pemberian umpan balik secara berkala pasca pelatihan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas coaching dengan metode pemberian umpan balik dalam membudayakan prinsip pelayanan prima pada suatu instansi pelayanan medis di Yogyakarta. Umpan balik diberikan dengan acuan Key Performance Indicators yang diukur setiap minggunya. Penelitian ini melibatkan dua puluh orang perawat sebagai subjek penelitian, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Coaching dengan metode umpan balik dilakukan selama lima kali pertemuan, dua minggu sekali, dengan durasi masing-masing pertemuan 120 menit.
Kata kunci : pelayanan prima, coaching, umpan balik.