Education Post Disaster

“Education Post Disaster”

International Curriculum Development

A Bilateral Collaboration Indiana University Purdue University Indianapolis (IUPUI) & Gadjah Mada University

 

Bencana beruntun yang melanda Indonesia belakangan ini mengguratkan duka mendalam. Akan tetapi, berdiam dalam duka saja tidak akan menyelesaikan masalah. Bagaimana mengkaji dan menggali pembelajaran dari bencana inilah yang menjadi tugas bagi para akademisi. Dengan semangat itulah, maka pada hari Kamis, 20 Juli 2006, Fakultas Psikologi UGM mengadakan Kolokium untuk dosen berjudul “Education Post Disaster: International Curriculum Development.”

Kolokium ini merupakan salah satu dari serangkaian alur kegiatan Program Hibah Kompetisi (PHK) A3 Fakultas Psikologi UGM. Pengembangan kurikulum internasional yang dibidik merupakan pengejawantahan dari kelompok kegiatan dalam PHK A3, yaitu penyusunan modul tematik global. Sekaligus dikolaborasikan dengan kegiatan kolokium rutin untuk para dosen.

Untuk kelompok kegiatan yang sama, sebelumnya, Fakultas Psikologi telah berhasil menjalin kerjasama dengan Indiana University Purdue University Indianapolis (IUPUI) pada bulan Maret kemarin. Bertempat di Ruang Sidang A-203, fakultas Psikologi UGM, kolokium ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah berhasil dirintis tersebut.

Menghadirkan  Prof. Dr. William E. Plater dari IUPUI, kolokium ini berusaha menggagas bentuk kurikulum internasional yang dapat dikembangkan terkait dengan pembelajaran pasca bencana. Kurikulum internasional dirasa penting mengingat bencana adalah wacana global yang perlu mendapat perhatian bersama. Harapannya, kurikulum ini dapat sangat membantu kerjasama-kerjasama internasional yang akan dilakukan dalam hal penanganan bencana. Selain itu, juga memperjelas kontribusi psikologi dalam penanganan pasca bencana.