Dr.Ratna Wulan,S.U., menduduki Doktor UGM ke-1049

Senin, 23 Maret 2009 Fakultas Psikologi UGM menambah jumlah Doktor dalam bidang psikologi. Dr. Ratna Wulan,S.U.,berhasil mempertahankan hasil risetnya yang berjudul ‘Peranan Pelatihan Membaca dengan Model Kognitif-Behavioral terhadap Kemampuan Membaca pada Anak’.

Dalam risetnya Dr. Ratna Wulan,S.U.,menemukan fakta bahwa kemampuan membaca anak-anak tingkat SD dan SMP di Indonesia masih rendah, bahkan tertinggal jauh di bawah negara-negara lain. Hingga saat ini, masih dijumpai anak lulusan SD belum bisa membaca.

"Karena itu, perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan membaca anak-anak Indonesia. Program pelatihan membaca dengan model kognitif-behavioral yang diikuti murid-murid kelas 4 sekolah dasar sebanyak 8x pertemuan dalam jangka waktu empat minggu, berperan terhadap kemampuan membaca melalui peningkatan penguasaan kosakata, dan sikap terhadap membaca. Berdasarkan anakova dengan inteligensi sebagai kovariabel, sumbangan pelatihan membaca terhadap peningkatan skor kemampuan membaca sebesar 6,3%. Peningkatan kemampuan membaca tidak akan maksimal tanpa disertai aktifitas membaca atau berlatih membaca secara terprogram", terang ibu 2 anak ini lebih lanjut, dalam promosi ujian doktor di Auditorium Fakultas Psikologi UGM.

Ujian yang berlangsung sekitar satu jam dengan didampingi Promotor Prof. Dr. Masrun, MA., Ko-Promotor Prof. Dr. Sri Mulyani Martaniah, MA., dan dihadiri segenap civitas akademika fakultas psikologi serta kalangan terkait ini membawa hasil ‘Memuaskan’ bagi doktor ke-1049 dari UGM tersebut.