[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Dalam Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini, mahasiswa dibekali pemahaman meluas tentang perilaku konsumen. Mahasiswa diajak memahami konsep konsumen, berbagai kebutuhan dan keinginan konsumen, proses pembuatan keputusan konsumen dan faktor-faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen. Selanjutnya, mahasiswa akan diperkenalkan pada strategi persuasi atau strategi marketing yang tepat untuk berbagai jenis konsumen. Mata kuliah ini bersifat: 1) Deskriptif – memberikan pemahaman teoritis terkait topik-topik yang disajikan, dan 2) Aplikasi – memberikan pengalaman praktis dalam merancang dan mengimplementasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan jenis perilaku konsumen.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (SN10) |
CPL2.2 | Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai). (PP2) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU1) |
CPL3.3 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi). (KU3) |
CPL1.5 | Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab). (KK5) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan definisi, objektif dan cakupan ilmu perilaku konsumen serta keterkaitannya dengan ilmu dan bidang Marketing. [CPL2.1]
- Mampu menafsirkan peran dimensi personal, sosio-kultutal dan lingkungan dalam perilaku konsumen. [CPL2.1, CPL3.1]
- Mampu menguraikan proses berpikir (though-process) konsumen, dari proses mempertimbangkan berbagai alternatif produk atau jasa, keputusan pembelian, hingga evaluasi pasca pembelian (post-purchase evluation). [CPL2.1]
- Dapat mengevaluasi dan mendesain strategi marketing yang tepat berdasarkan analisis perilaku konsumen, baik untuk kepentingan perusahaan atau kewirausahaan. [CPL1.10, CPL3.1, CPL3.3]
- Dapat menyampaikan dan menjual sebuah ide secara persuasif menggunakan berbagai evidence-based persuasion. [CPL1.10, CPL3.1, CPL3.3, CPL3.4]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
Schiffman, L.G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. 12th Edition. Boston: Pearson.
Tambahan:
Norton, M., Rucker, D., & Lamberton, C. (Eds.). (2015). The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (Cambridge Handbooks in Psychology). Cambridge: Cambridge University Press.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Video Youtube : Introduction to Consumer Behavior https://youtu.be/3y03kkctplo Zafira Rahmania
- Video Youtube : Segmentation, targeting, and positioning https://youtu.be/xrfYF2ixqfQ
- Video Pembelajaran Youtube : Consumer Perception https://youtu.be/KUXD66yTPk0
METODE PENILAIAN
Aktivitas Partisipatif | : 20% |
Hasil Project | : 35% |
UTS | : 20% |
UAS | : 25% |
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Pengantar: Topik Mingguan, Rules of the Game, Sistem Kuliah, Penugasan | Pengantar dan diskusi (sinkronus via Zoom) |
|
2 | Consumers, Marketers, Technology | Rekaman materi asinkron (di upload di YT) |
|
3 | Segmentation, Targeting, and Positioning |
| |
4 | Consumer Motivation and Personality |
| |
5 | Consumer Motivation and Personality |
| |
6 | From Print & Broadcast Advertising to Social and Mobile Media |
| |
7 | From Print & Broadcast Advertising to Social and Mobile Media |
| |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Consumer Perception | Rekaman materi asinkron (di-upload di Youtube) |
|
9 | Consumer Perception |
| |
10 | Consumer Learning |
| |
11 | Consumer Attitude Formation and Change |
| |
12 | Persuading Consumers | Rekaman materi asinkron (di upload di YT) |
|
13 | Persuading Consumers | Guest lecture – 2 consumer insight specialist |
|
14 | Persuading Consumers | Presentasi proyek |
|
Ujian Akhir Semester |