Dari agenda ini, diharapkan akan terwujud sebuah proses bimbingan karier dari alumni, khususnya kepada mahasiswa yang akan lulus, tentang bagaimana metode yang tepat untuk mencari dan memilih pekerjaan. Bimbingan dari alumni secara khusus akan diberikan setelah para mahasiswa selesai KKN. Dengan program ini diharapkan alumni Fakultas Psikologi tidak akan menunggu lama untuk dapat masuk ke dunia kerja setelah selesai menempuh pendidikan di UGM. “Waktu tunggu bagi mahasiswa yang sudah lulus dengan bimbingan alumni diharapkan tidak lama untuk bisa segera mencari kerja,” ujar Drs. Helly Prajitno Soetjipto, MA.
Alumni angkatan 85 Fakultas Psikologi UGM yang menjadi pembicara dalam seminar tersebut adalah:
Bp. Charles A. Lim (HR Regional Director Procter & Gamble)
Bp. Drs. Awaldi MM (Senior Vice President HR CIMB Niaga)
Bp. Ekoesli Gustiandi (Senior HR Corporate Strategy PT Astra Internasional)
Moderator pada seminar tersebut adalah Bapak Iqbal.
Seminar ini dibuka oleh Dekan Fakultas Psikologi UGM Prof. Dr. Faturochman, MA . Seminar dimulai dengan pertanyaan dari moderator kepada pembicara mengenai makna dari kompetitif itu sendiri. Sebagai pembicara pertama, Charles A. Lim memberikan kata kunci untuk kompetitif yaitu Berbeda (different). Lantas beliau melanjutkan dengan pentingnya kemampuan atau skill selain ilmu psikologi. Salah satunya adalah kemampuan bahasa Inggris. Hal tersebut diperkuat oleh pendapat dari pembicara kedua yaitu Alwadi. Bahwa kemampuan bahasa Inggris juga turut mempengaruhi proses rekruitmen. Selain itu, Ekoesli Gustiandi menambahkan pentingnya cita-cita dalam upaya meningkatkan nilai kompetitif untuk mahasiswa.
Seminar berlangsung dengan menarik dan atraktif. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan antusiasme peserta untuk mengajukan pertanyaan kepada ketiga pembicara. Diskusi yang atraktif, pertanyaan dan jawaban yang berkualitas, serta moderator yang mampu menghidupkan suasana menambah menariknya jalannya seminar ini.
Dari berbagai materi yang disampaikan dalam seminar tersebut dapat disimpulkan:
Pertama, Nilai kompetitif merupakan usaha yang berkelanjutan untuk membuat perbedaan / unik yang tidak dimiliki kompetitor lain. Usaha ini harus berkesinambungan agar menjadi kebiasaan dan melekat pada diri kita. Setelah melekat maka itu akan menjadi karakter. Kedua, Untuk membangun nilai kompetitif dapat dimulai dari 2 sisi yaitu diri sendiri dan fakultas. Dari diri sendiri artinya harus ada kesadaran dari individu yang bersangkutan untuk membangun nilai tersebut lalu dibantu dengan usaha-usaha dari fakultas dengan mengadakan acara-acara seperti ini. Ketiga, pesan dari moderator yang berupa kata sakti “Jangan lengah atau kompetitor Anda dapat menyusul Anda.” Acara ditutup oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan , alumni, dan kerjasma , Drs. Helly Prajitno Soetjipto, MA.