Workshop Pendekatan Modifikasi Prilaku dalam menangani Anak Autis

”Awalnya saya tidak menyadari kalau anak saya mempunyai special needs. Saya baru menyadari setelah anak saya yang ke dua lahir……” Kalimat ini diungkapkan oleh Eliza Konda Landowero, SF, Apt yang merupakan orang tua dari anak autis dalam workshop Pendekatan Modifikasi Perilaku dalam Menangani Anak Autis.

Selain Eliza Konda, ada beberapa narasumber lain yaitu Lusi Nuryanti, S.Psi Psi, psikolog yang telah banyak mempelajari dan meneliti autisme, dua orang guru SLB Dian Amanah (sekolah untuk anak – anak autis) yaitu Ririn Saptorini, A.Md.OT SKM dan Umi Zahrowati, S.Pd serta Dian, orang tua anak autis. Hadir juga Rafa, anak autis yang berusia 3 tahun.

Workshop ini mengungkap dari tiga perspektif agar peserta lebih memahami tentang autis. Psikolog menjelaskan sebab – sebab autis, cara penanganan dan penelitian – penelitian yang telah dilakukan, guru menjelaskan tentang kurikulum pendidikan anak autis dan praktek penanganan anak autis di sekolah, sedangkan orang tua berbagi tentang pengalaman mendidik dan merawat anak autis di lingkungan rumah. Sebelum diadakan diskusi dengan para narasumber, peserta diputarkan Video Penanganan Dini Autisme 1, Panduan Praktis Terapi Perilaku yang dirilis oleh Mpati, Masyarakat Peduli Autis Indonesia.

Workshop ini diadakan sebagai bagian dari kuliah Modifikasi Perilaku yang pada semester genap tahun 2005/2006 ini diampu oleh Dra. Muhana Sofiati Utami, MSi dan Dra. Neila Ramdhani, MSi, MEd.

Selain workshop, mata kuliah Modifikasi Perilaku membuka kesempatan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini untuk mengikuti kuliah dalam bentuk diskusi online atau lebih sering disebut chat yang dipandu oleh dosen pengampu.
Seluruh rangkaian acara perkuliahan pada semester ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di UGM dan merupakan bagian implementasi Inno Sinno Grant yang didukung oleh PPKB, Due-Like UGM.