Seminar dan Lokakarya Nasional Pendidikan Anak Usia Dini “Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik” (2)

Seminar Pendidikan Anak Usia Dini yang berlangsung di Auditorium Magister Manajemen, UGM tanggal 14 November yang lalu dihadiri oleh 500 peserta dari berbagai kalangan yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini.

Materi yang disampaikan dalam seminar ini bersumber dari berbagai sektor yang kompeten di bidangnya, misal dari segi pendidikan nasional disampaikan oleh para ahli dari Depdiknas, dari segi kesehatan disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM, dari segi psikologis oleh Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, dari segi gizi oleh Guru Besar IPB, dll. Contoh materi yang disampaikan misalnya, Peranan dan Manfaat PAUD Secara Holistik oleh Prof. Dr. Retno Sunarminingsih, M.Sc, UNESCO Perspective on Early Childhood Care and Education/ Comparative Study oleh Ms. Soo-Hyang Choi (Chief Section for Early Childhood and Inclusive Education, Education Sector, UNESCO Paris), Rencana Pembangunan PAUD dalam Kerangka Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang oleh Dra. Nina Sarjunani, MA ( Staf Ahli Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bidang SDM).

Seminar yang dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional diwakili oleh Ace Suryadi, Ph.D ( Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah) ini berlangsung sejak pukul 09.00 – 18.00. Untuk memeriahkan acara, ditampilkan pertunjukan anak – anak, juga diadakan pameran foto tentang anak – anak koleksi UNESCO dan UFO, UGM di depan Ruang Seminar.
Sedangkan Lokakarya yang berlangsung keesokan harinya, diikuti oleh sekitar 70 orang undangan yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang masing – masing membahas Perumusan Konsep Kebijakan Pemerintah Dalam Mendukung Pelayanan PAUD yang Holistik (Terintegrasi dengan Pengasuhan, Perawatan, Kesehatan dan Gizi), Perumusan Konsep Kebijakan Pemerintah dalam Perluasan Akses dan Peningkatan Mutu PAUD dan Perumusan Konsep Pengembangan Program Studi PAUD Pada Perguruan Tinggi/LPTK. Pembahasan ini dilanjutkan oleh Tim Perumus pada Rabu, 16 November 2005.