[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Asesmen Kepribadian Proyektif membahas tentang asesmen kepribadian yang dilakukan dengan menggunakan teknik proyektif. Teknik Proyektif mengacu pada teori/pendekatan Psikoanalisa, utamanya mengenai konsep “proyeksi”. Manusia membela dirinya terhadap desakan-desakan yang tidak menyenangkan dengan menyangkal keberadaan desakan-desakan tersebut di dalam diri mereka sendiri dan sekaligus menunjukkannya ke orang lain. Teknik proyektif dalam asesmen kepribadian bersifat idiografik, yaitu mengungkap aspek kepribadian individu berdasarkan sudut pandang, latar belakang pengalaman dan minat yang dimiliki, serta dinamika yang bersifat subjektif lainnya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL2.4 | Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4) |
CPL3.2 | Mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengetahui tentang asesmen kepribadian dengan teknik proyektif berdasarkan perspektif teori yang terkait (Psikoanalisa) (analyzing) [CPL1.9, CPL2.1]
- Melaksanakan administrasi, skoring, dan dasar-dasar interpretasi berdasarkan ketentuan prosedur alat tes (analyzing) [CPL1.9, CPL3.2, CPL4.1]
- Menerapkan prosedur pengetesan yang mengacu pada kode etik (antara lain: melakukan building rapport, menyampaikan informed consent, menjaga kerahasiaan data, dll) (applying) [CPL2.1,CPL2.4, CPL4.1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Anastasi, A. (2000). Psychological testing. New York : Macmillan Publishing Co.Inc.
- Aiken , L.R. (1997). Psychological testing and assessment. Boston : Allyn and Bacon.
- Aranow, E., Reznikoff, M., & Moreland, K. (1994). The Rorschach technique: Perceptual basics, content interpretation, and application. Massachusetts: Allyn & Bacon Inc.
- Bellak, L. (1997). The TAT, CAT, SAT in Clinical Use. Boston : Allyn and Bacon.
- Gregory, R.J. (1992). Psychological testing: History, principles and applications. Boston : Allyn and Bacon.
- Gilbert, J. (1978). Interpreting psychological test data volume 1. New York: Litton Educational Publishing
- Kinget, M.W. (1952). Drawing completion test
- Klopfer, B., & Davidson, H.H. (1962). The Rorschach technique: An introductory manual. New York : Harcourt, Brace & World, Inc
- Koch, C. (1952). The Tree Test: The tree-drawing test as an aid in psychodiagnosis. New York: Grune & Stratton Inc.
- Ogdon, D.P (1977). Psychodiagnostics and personality assessment: A handbook 2nd edition. USA: Western Psychological Services
- Machover, K. (1949). DAP
- Murray, H.A. (1971). TAT manual. Printed in US
- Subandi & Wulan, R. (2013). Tes Rorschach. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM
- Weiner, I.B & Greene, R.L (2008). Handbook of personality assessment. New Jersey: John Wiley & Sons.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Diskusi kasus di kelas : 20%
Tugas individu & kelompok : 30%
Kuis : 10%
UTS : 20%
UAS : 20%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Overview, Pengantar Tes Kepribadian menggunakan Teknik Proyektif Dasar Psikometris Asesmen Kepribadian Proyektif | Ceramah Aktivitas: mencoba membuat kartu dengan bercak tinta dan melakukan roleplay dengan teman sekelas |
|
2 | Tes Rorschach: Pengantar dan Sejarah Tes Rorschach, Administrasi Tes Rorschach | Ceramah Aktivitas: diskusi kasus buta 🡪 dibentuk kelompok-kelompok diskusi membahas 1 kasus untuk latihan skoring |
|
3 | Tes Rorschach: 1) Skoring (Lokasi, Determinant, Content, Popular/Original) | Ceramah, Aktivitas: diskusi kasus buta 🡪 dibentuk kelompok-kelompok diskusi membahas 1 kasus untuk latihan skoring |
|
4 | Tes Rorschach: 2) Skoring Form Level Rating, 3) Tabulas | Aktivitas: diskusi kasus buta 🡪 dibentuk kelompok-kelompok diskusi membahas 1 kasus untuk latihan skoring |
|
5 | Tes Rorschach: Latihan Kasus (tugas kelompok) | Wrap up materi tes Rorschach oleh dosen |
|
6 | TAT: Dasar teori, sejarah dan administrasi tes | Ceramah, Diskusi, Aktivitas: membuat mindmap dasar teori dan sejarah TAT |
|
7 | TAT: latihan skoring (berkelompok) | Aktivitas: berlatih melakukan skoring melalui pengisian blanksheet |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Pendahuluan: Penjelasan mengenai Elemen Grafis | Ceramah: penyampaian materi oleh dosen melalui video Diskusi tanya-jawab materi Role-play Tes Grafis |
|
9 | Tes Baum | Ceramah: penyampaian materi oleh dosen Diskusi tanya-jawab materi Aktivitas: diskusi kasus buta |
|
10 | Tes HTP | Aktivitas: diskusi kasus –finalisasi untuk pengerjaan tugas kelompok |
|
11 | Tes Wartegg | Ceramah: penyampaian materi oleh dosen Diskusi tanya-jawab materi Aktivitas: diskusi kasus buta |
|
12 | Tes Wartegg | Presentasi kelompok mengenai komponen penting dalam skoring tes Wartegg |
|
13 |
| ||
14 |
|
|
|
Ujian Akhir Semester |